Sedang memuat Tips Menolak Ajakan Bukber Tanpa Menyakiti Hati

Tips Menolak Ajakan Bukber Tanpa Menyakiti Hati

Bulan Ramadhan adalah bulan sejuta berkah sekaligus sejuta undangan buka puasa bersama atau biasa dikenal bukber. Baik bukber bersama teman dari SD sampai kuliah, kenalan, pacar atau komunitas yang lainnya. Yang menjadi masalah adalah tidak semua undangan bukber bisa kita penuh dan hadiri. Tapi seringkali juga demi memenuhi undangan di luar, kita kehilangan keakraban dan makan bersama dengan keluarga inti.

Lalu bagaimana cara menolak undangan bukber tanpa menyakiti hati yang mengundangnya? Kamu juga tentu tidak mau dong menyakiti hati orang-orang yang mengajakmu buka puasa bersama. Berikut ini cara menolak ajakan bukber tanpa taku menyakiti hati, lets check it out..

1. Pastikan Mereka adalah Teman yang Santai

teman yang santai [image source]
teman yang santai [image source]

Memastikan bahwa teman-teman yang akan kamu tolak undangan bukbernya adalah teman-teman yang santai dan tidak baper adalah yang paling utama. Kamu berhak untuk memilih mana yang akan kamu datangi dan mana yang kamu tidak hadiri. Jika yang mengajakmu adalah teman-teman SD yang sudah lama tidak ketemu dan kontak, maka kehadiranmu mungkin juga tidak terlalu terikat secara emosi. Namun berbeda lagi jika kamu adalah tokoh utama dan kehadirannya sangat dinanti-nanti.

2. Pertimbangkan dan Jangan Langsung Menolak

pertimbangkan [image source]
pertimbangkan [image source]

Jika kamu ingin menolaknya, maka kamu bisa mengatakan kepada mereka bahwa kamu sedang sibuk bekerja atau sedang sibuk aktifitas di kampus. Jangan lupa untuk katakana kepada mereka bahwa akan mempertimbangkannya lagi dan jika tidak ada aral melintang akan hadir dalam undangan bukber tersebut.

3. Maaf … Mungkin akan menjadi kata andalan

maaf [image source]
maaf [image source]

Kata maaf harus menjadi senjata utama yang muncul saat kamu menolak ajakan temanmu untuk bukber. Kata maaf bisa sedikit meredam kekecewaan yang teman-teman mu rasakan. Kata maaf juga dianggap menghargai ajakan mereka sekalipun kamu tidak datang. Jangan menghilang saat kamu benar-benar tidak bisa menghadiri acara tersebut.

4. Menolak dengan Sopan

menolak dengan sopan [image source]
menolak dengan sopan [image source]

Selain kata maaf, pemilihan kata dalam kalimat yang akan kamu gunakan untuk menolak juga harus kamu pertimbangkan. Jangan sekali-kali menolak melalui teks atau chat. Kamu harus ingat bahwa chat atau teks tidak bernada dan akan membuat salah paham apalagi didukung dengan kondisi teman-temanmu yang kecewa karena ketidakhadiranmu. Kamu bisa memberi penjelasan kepada mereka dengan menelpon atau voice note.

5. Jelaskan Alasanmu dan Berikan Alasan yang Masuk Akal

jelaskan alasanmu [image source]
jelaskan alasanmu [image source]

Jujurlah jika kamu sedang sibuk atau sudah ada janji dengan temanmu yang lain. Jangan sesekali untuk membohongi mereka. Dan jangan mentang-mentang kamu harus memberikan alasan yang jujur namun alasanmu tidak masuk akal sama sekali. Misalnya saja kamu bilang sibuk bekerja padahal mereka mengajak bubernya hari minggu. Alasanmu juga jangan berubah-ubah karena mereka akan berpikir jika kamu tidak ingin kamu menghadiri undangan mereka.

6. Re-Schedule

reschedule [image source]
reschedule [image source]

Berikan mereka solusi untuk ketemu dan buka bersama di lain hari. Hal ini akan membuat mereka merasa kamu tidak meninggalkan mereka. Dengan begini, teman-temanmu akan sedikit memaklumi kesibukanmu. Selain itu juga jika sudah di rencanakan jauh-jauh hari kamu bisa membereskan pekerjaan untuk kamu bisa santai di hari yang sudah kamu janjikan dengan teman-temanmu.

Jangan memaksakan diri untuk hadir karena tidak bisa menolak ajakan teman-temanmu karena akan membuatmu tidak nyaman. Kalau memang tidak bisa katakanlah tidak bisa, jika memang bisa datanglah. Tidak ada salahnya untuk menyambung terus tali silaturahmu kan. Kamu juga bisa mendapat banyak cerita dan pahala.

Well itu tadi beberapa tips menolak ajakan buka puasa agar tidak menyakiti hati orang yang mengundangmu. Sudah berapa teman yang mengajakmu bukber? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *