Sedang memuat 5 Tips Sederhana Supaya Bisa Bertahan Tinggal Ngontrak Serumah Dengan Orang Lain

5 Tips Sederhana Supaya Bisa Bertahan Tinggal Ngontrak Serumah Dengan Orang Lain

Bersakit Sakit Dahulu, Bahagia Kemudian

Tak ada tempat senyaman di rumah. Pernyataan tersebut memang benar. Penyebabnya karena, di rumah sendiri kita bebas mau ngapa-ngapain. Mandi berendam seharian, memutar musik keras , keras, hingga loncat loncatan seharian pun bisa kamu lalukan tanpa ada orang yang protes. Apalagi jika di rumah sendiri itu ada orang tua. Mau makan sudah dimasakkan, baju sudah dicucikan dan mau pergi uang tinggal minta. Itu semua menjadi sempurna ketika kamu adalah anak tunggal yang bakal mewarisi semua kekayaan yang sudah dicari oleh orang tuamu.

5 Tips Supaya Bisa Bertahan Tinggal Ngontrak Serumah Dengan Orang Lain
5 Tips Supaya Bisa Bertahan Tinggal Ngontrak Serumah Dengan Orang Lain image [source]

Tapi hidup tidak selalu memberi apa yang kita inginkan. Meskipun tinggal di rumah itu nyaman, untuk menggapai sukses, kamu harus keluar dari zona aman tersebut dan tinggal di luar rumah. Rata rata, orang yang umurnya 18 keatas harus tinggal di luar rumah. Entah itu untuk bekerja dikota lain atau pun untuk alasan belajar. ketika pilihan yang tersisa adalah tinggal di kota lain, mereka bisa menyewa kamar kos atau patungan ngontrak rumah bersama orang orang lain yang membutuhkan. Tinggal bersama dengan orang lain di 1 rumah kontrakan ini memang banyak dilakukan oleh orang. tak jarang karena beberapa orang berbeda kumpul jadi satu, masalah pun muncul. Jika tidak di tangani, tentu masalah masalah yang dialami orang serumah itu bisa memicu pertengkaran. Nah agar tidak terjadi perang dunia ketika tinggal serumah dengan orang asing, berikut ini ada tips sederhana yang patut kamu coba.

1. Berbagi Bahan Makanan Tertentu Yang Sering Di Pakai Sehari Hari

Ketika ngontrak bareng dengan beberapa orang lain, maka pasti kulkas, dapur serta penyimpanan bahan makanan akan di pakai bersama. Kulkas satu di pakai oleh 5 sampai 6 orang tentu tidak ada cukup tempat jika masing masing orang mau menyimpan susu sendiri sendiri. oleh karena itu sebaiknya bahan bahan makanan yang dibutuhkan semua orang di pakai secara bersama sama. Beberapa barang yang dibutuhkan oleh semua orang antara lain: minuman, beras, mie instan, susu serta bahan bahan lain.

Berbagi Bahan Makanan Tertentu Yang Sering Di Pakai Sehari Hari
Berbagi Bahan Makanan Tertentu Yang Sering Di Pakai Sehari Hari image [source]

Agar tidak memakan tempat, sebaiknya barang barang ini dibeli secara bersama. Patungan dan di pakai bersama. Dengan cara seperti ini maka tiap orang tidak perlu punya tempat sendiri sendiri untuk menyimpan bahan makanan yang dibutuhkan oleh umum tersebut. kulkas tak perlu sesak oleh 5 kotak susu milik lima orang. cukup 1 kotak susu yang di pakai 5 orang. tapi tentu pemakaiannya harus sesuai kesepakatan. Jangan sampai ada satu orang yang rakus dan menghabiskan jatah makanan lebih banyak dari orang lain.

2. Bagi Bagi Jadwal Buat Bersih Bersih Tempat Yang Di Pakai Umum.

Ngontrak rumah bersama, berarti ada beberapa ruang yang di pakai bersama. Ruang ruang tersebut antara lain: dapur, kamar mandi, ruang makan dan ruang keluarga. Kalau kamar yang dihuni masing masing pasti kebersihannya sudah menjadi tanggung jawab penghuni. Namun kebersihan kamar kamar yang di pakai bersama kadang kurang di perhatikan.

 Bagi Bagi Jadwal Buat Bersih Bersih Tempat Yang Di Pakai Umum.
Bagi Bagi Jadwal Buat Bersih Bersih Tempat Yang Di Pakai Umum. image [source]

Masing masing orang enggan membersihkan karena dalam pandangannya bukan dia sendiri saja yang memakai ruang tersebut. kalau pun ada yang rajin bersih bersih, ketika melihat teman yang lain malas dan tak pernah membersihkan, ia pun akan ikut ikutan jadi malas. Bisa juga terjadi pertengkaran karena masalah bersih bersih di fasilitas umum ini. akibat akhirnya ruangan ruangan tersebut menjadi kotor. Sesuatu yang kotor tentu membahayakan kesehatan. Nah agar masalah kebersihan ruang yang di pakai bersama ini tidak memicu masalah, maka perlu dibuat jadwal rutin siapa dan hari apa yang bertugas membersihkan ruangan tersebut. dengan jadwal yang kelas tersebut akan tampak siapa saja yang bertanggung jawab membersihkan ruangan umum di waktu dan jam terntentu. Jika ditemui ruang tersebut tidak bersih, maka tinggal tegur saja orang yang kebagian bersih bersih di jam itu.

3. Menghabiskan Waktu Bersama

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini nampaknya cocok juga untuk diterapkan pada mereka mereka yang ngontrak serumah dengan orang lain. ketika mereka belum saling mengenal, mungkin berbedaan perbedaan kecil bisa memicu pertengkaran. Misalnya saja, kebiasaan satu orang yang minum langsung dari dispenser tanpa gelas. Demikian juga jika ada yang suka menaruh barang sembarangan sehingga terkesan tidak rapi. Orang baru yang belum kenal pasti akan bermasalah dengan perilaku perilaku sepele tersebut.

Menghabiskan Waktu Bersama
Menghabiskan Waktu Bersama. image [source]

Jika sering menghabiskan waktu bersama, maka satu sama lain akan sedikit demi sedikit mengenal. Ketika banyak menghabiskan waktu bersama, empati akan timbul. Hubungan persahabatan akan mulai menguat. Ketika itu terjadi, perbedaan perbedaan kecil tidak akan memicu pertengkaran yang hebat. Ketika saling mengenal, masing masing akan memahami kekurangan dan kelebihan yang ada pada teman ngontraknya. Mereka akan berusaha untuk saling menghargai.

4. Saling Berkomunikasi.

Ketika sudah memutuskan untuk ngontrak serumah, berarti tiap orang sudah tidak bisa lagi saling berlepas dan pura pura menjadi orang asing. mereka harus mulai berkomunikasi dan berkordinasi. Komunikasi ini perlu dilakukan baik ketika semuanya sedang bersama sama di rumah maupun ketika semuanya terpisah di tempat aktivitas masing masing. Zaman sekarang ini, tentu pilihan media komunikasi yang di pakai sangat beragam. Antara sesama penghuni rumah tersebut bisa berkomunikasi lewat Wa, BBM, SMS, maupun mesenger lainnya.

Saling Berkomunikasi.
Saling Berkomunikasi. image [source]

Komunikasi tersebut penting terutama jika di rumah ada masalah masalah darurat yang penyelesaiannya perlu persetujuan banyak orang. atau komunikasi juga bisa menghindarkan dari modus modus kejahatan tertentu yang sekarang ini marak menimpa siapa saja. Misalnya saja, ada orang tak di kenal yang tiba tiba datang dan mengaku sebagai teman salah satu penghuni kontrakan. Ia berkata sudah janjian dan diminta untuk mengambil kan barang barang tertentu. Setelah dipersilahkan ternyata ia maling dan orang yang diakui sebagai teman tersebut ternyata tidak kenal. Dengan komunikasi yang baik, modus kejahatan seperti ini dapat segera di konfirmasi kebenarannya sehingga tidak memakan korban salah satu penghuni kontrakan.

5. Menentukan Batasan Kapan Akhirnya Harus Bertengkar Dengan Seseorang.

Ketika tinggal bersama orang asing, perbedaan bisa memicu masalah. Namun jika masalah tersebut bisa dikomunikasikan dengan baik, maka masalah masalah tersebut akan selesai tanpa perlu ribut ribut. Diantara orang orang yang menyebalkan pasti ada orang yang paling menyebalkan. Keberadaan mereka, semua tingkah laku mereka akan sangat menganggumu. Kamu mungkin saja sudah bersabar dengan tingkah lakunya, namun batas batas kesabaranmu telah terlewati. Salah satu perilaku menyebalkan yang sering di temui orang yang ngontrak bareng antara lain: cadanga makanan hilang, barang arang di pinjam dan kembali setelah rusak, perilaku berisik dan masih banyak laki.

Menentukan Batasan Kapan Akhirnya Harus Bertengkar Dengan Seseorang.
Menentukan Batasan Kapan Akhirnya Harus Bertengkar Dengan Seseorang. image [source]

Ketika kebiasaan dan perilaku buruk temanmu itu sudah membuatmu tidak bisa istirahat, maka itu tandanya kamu perlu marah. Apalagi ketika kamu sudah berkali kali mengajukan keberatan dan dia tidak merubah sikap. Perilaku temanmu yang memakan cadangan makanan sehingga membuat pengeluaranmu boros juga harus di tangani dengan segera. Kalau perlu marah segeralah marah biar dia menyadari kesalahannya. Segeralah marah agar temanmu itu tahu bahwa kamu bukanlah orang yang bisa disepelekan. marah dan pertengkaran memang bukan sesuatu yang tabu dalam sebuah hubungan pertemanan. Asal dengan pertengkaran tersebut terjadi komunikasi yang efektif, maka pertengkaran justru akan menyelesaikan masalah dan membuat persahabatan menjadi lebih erat. Dengan begitu kamu terhindar dari kebiasaan memendam emosi yang tidak baik bagi kesehatan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *