Sedang memuat Tradisi Unik Yang Dilakukan Orang Dari Seluruh Dunia Dalam Menyambut Bulan Ramadhan.

Tradisi Unik Yang Dilakukan Orang Dari Seluruh Dunia Dalam Menyambut Bulan Ramadhan.

Umat Muslim Seluruh Dunia Ternyata Punya Kesamaan

Ramadhan memang sebuah bulan yang spesial bagi umat muslim. Mereka menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan aktibitas aktivitas khusus yang dilakukan dari generasi kegenerasi. Kebiasaan menyambut datangnya bulan Ramadhan ini ternyata tidak hanya ada di indonesia saja lho. Orang orang islam dari berbagai penjuru dunia ternyata juga mempunyai cara sendiri sendiri dalam menyambut datangnya bukan Ramadhan ini.

Anak Anak Dalam Ttradisi Menyambut datangnya Bulan Ramadhon
Anak Anak Dalam Ttradisi Menyambut datangnya Bulan Ramadhon. image [source]

Masyarakat muslom di arab, iraq, turqi, mesir bahkan di perancis yang nyata nyata wilayah eropa pun punya tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadhan ini. mau tau tradisi unik apa saja sih yang dilakukan orang muslim dari berbagai negara dalam menyambut Ramadhan? Berikut ini indo lengkapnya.

1. Menembakkan Meriam Sebagai Pertanda Ramadhan Dimulai.

Tradisi Menembakkan Meriam Sebagai Pertanda Waktu Buka Puasa Telah Tiba
Tradisi Menembakkan Meriam Sebagai Pertanda Waktu Buka Puasa Telah Tiba. image [source]

Di tempat kita waktu berbuka puasa di tandai dengan adanya adzan magrib. arab saudi serta negara negara disekitarnya memiliki cara yang berbeda dalam menandai waktu berbuka puasa ini. mereka menggunakan meriam. Itu karena jaman dulu pengeras suara serta jam dinding belum ada. sehingga untuk memberitahu orang orang bahwa puasa telah berakhir mereka menembakkan meriam dari puncak puncak bukit. Tradisi sejak jaman lama tersebut rupanya masih di lestarikan hingga kini.

2. Tradisi Padusan Di Indonesia.

Tradisi Padusan Di Indonesia.
Tradisi Padusan Di Indonesia. image [source]

Padusan merupakan tradisi unik dari indonesia untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Sebelum melakukan ibadah puasa, mereka sore gari sebelumnya akan mandi di kolam kolam umum atau tempat yang ramai orang. aktivitas ini dimaksudkan agar dosa dosa selama setahun yang telah terlewati ikut terbasuh, hilang bersama air. Sehingga ketika memulai ibadah puasa, keadaan mereka sudah suci.

3. Membagi Bagikan Makanan Gratis Untuk Berbuka Puasa.

Membagi Bagikan Makanan Gratis Untuk Berbuka Puasa.
Membagi Bagikan Makanan Gratis Untuk Berbuka Puasa. image [source]
Melihat aneka jajanan yang di jual di pinggir pinggir jalan di bulan Ramadhan tentu membuat kita ngiler. Bagaimana jika semua makanan tersebut gratis. Tentu kita makin ngiler lagi kan? Itulah kenyataan indah yang ada di mesir. Orang orang kaya di mesir akan belomba lomba menyajikan makanan buka puasa gratis bagi semua orang. makanan makanan tersebut ada yang di taruh dimasjid, ada pula yang ditaruh di pinggir pinggir jalan. Tak hanya sampai disitu, orang orang kaya pemilik makanan ini pun sampai merayu rayu agar pera pelajar dan mahasiswa mau berbuka dengan makanan yang mereka sajikan. Sajian makanan gratis ini lazim disebut dengan maidah rahman yang artinya hidangan kasih sayang. Di rayu rayu untuk buka puasa dengan makanan gratis? Semua orang juga mau.

4. Menghias Mata Dengan Celak Pada Pria Muslim Di India.

 Menghias Mata Dengan Celak Pada Pria Muslim Di India.
Menghias Mata Dengan Celak Pada Pria Muslim Di India. image [source]

Kalau biasanya yang mengunakan celak itu adalah cewek maka di india justru berkebalikan. Ketika bulan Ramadhan tiba, pria pria muslim di india justru menghiasi mata mereka dengan celak. Di india istilah celak khusus untuk pria ini disebut dengan kohl. Orang india juga punya tradisi bersih bersih rumah menjelang ramadan tiba. Pengen lihat gimana ya penampakan pria pria india ini ketika mereka memakaicelak. Pasti lucu.

5. Tradisi Keliling Mengumpulkan Makanan Dari Warga Yang Dilakukan Anak Anak

Tradisi Keliling Mengumpulkan Makanan Dari Warga Yang Dilakukan Anak Anak
Tradisi Keliling Mengumpulkan Makanan Dari Warga Yang Dilakukan Anak Anak. image [source]

Anak anak di daerah teluk persia mempunyai tradisi unik setiap tanggal 14 Ramadhan tiba. Sehabis buka, mereka akan berdandan dengan pakaian tradisional, kemudian membawa kantong kecil yang sudah dihias. Sambil bernyanyi dan mengetuk ngetukkan 2 batu bersama sama mereka keliling dari rumah ke rumah. Si pemilik rumah yang di datangi anak kecil biasanya akan memberi permen atau kacang. Mirip tradisi haloween di dunia barat ya.

Dari berbagai tradisi menyambut bulan Ramadhan diatas, ternyata umat muslim diseluruh dunia gembira ya. Ternyata Ramadhan bukan hanya milik orang indonesia saja. masing masing memiliki tradisi unik sendiri sendiri. wah asik mungkin ya menikmati suasana Ramadhan di berbagai negara di dunia tersebut. berharap saja semoga suatu saat kita bisa jalan jalan mengunjungi negara saudara sesama muslim tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *