Sedang memuat 5 Tradisi Seru Asli Indonesia Dalam Menyambut Datangnya Hari Lebaran.

5 Tradisi Seru Asli Indonesia Dalam Menyambut Datangnya Hari Lebaran.

Pernah Melihat Tradisi Unik Seperti Ini Belum?

Puasa sebulan tentu saja suatu yang cukup berat. Tidak boleh makan minum, ngomongin keburukan, marah marah serta gemes gemesan sama pacar. Setelah cobaan berat itu terlewati tentu kita merasa menang dan senang. Menang dari semua godaan setan dan senang karena kita kembali suci lagi.

5 Tradisi Seru Asli Indonesia Dalam Menyambut Datangnya Hari Lebaran.
5 Tradisi Seru Asli Indonesia Dalam Menyambut Datangnya Hari Lebaran. image [source]

Sebagai bentuk ungkapan kebahagiaan datangnya hari lebaran ini beberapa daerah di indonesia punya tradisi seru. Saking serunya berbagai tradisi dalam rangka menyambut lebaran ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang dan menyaksikan. Di yogyakarta misalnya ada gerebeg syawal, di bengkulu ada bakar gunung, di pontianal ada festival meriam karbit serta masih banyak lagi. Mau tau bagaimana serunya berbagai tradisi dalam rangka menyambut datangnya hari lebaran ini? lihat foto fotonya di bawah ini.

1. Tradisi Seru Gerebek Syawal Di Yogyakarta.

Tradisi Seru Gerebek Syawal Di Yogyakarta.
Tradisi Seru Gerebek Syawal Di Yogyakarta. image [source]

Gerebeg syawal ini di gelar di alun alun utara kraton Yogyakarta. tradisi ini di gelar sehabis shalat ied selesai dilakukan. Tujuannya sebagai bentuk rasa syukur dan kedermawanan raja yigyakarta kepada rakyaknya. Yang membuat tradisi ini heboh dan seru, ribuan orang berebut berbagai jenis hasil bumi yang ada di gunungan lanang. Mulai dari salak, lombok, jagung kacang panjang serta berbagai jenis barang remeh lainnya. konon kalau berhasil mendapatkan barang dari gunungan tersebut, selama setahun orang tersebut akan mendapat berkah.

2. Tradisi Seru Bakar Gunung Api Di Masyarakat Suku Serawai Bengkulu.

Tradisi Seru Bakar Gunung Api Di Masyarakat Suku Serawai Bengkulu.
Tradisi Seru Bakar Gunung Api Di Masyarakat Suku Serawai Bengkulu. image [source]

Batok kelapa di tumpuk rumpuk hingga menjulang kemudian di bakar dari puncaknya habis isya. Kegiatan ini serentak dilakukan oleh masyarakat suku serawai pada malam takbiran menjelang lebaran. Tradisi yang dilakukan sejak ratusan tahun ini tentu saja seru untuk dilakukan baik oleh orang dewasa maupun anak anak.

3. Tradisi Seru Festifal Tumbilotohe Pada Masyarakat Gorontalo

Tradisi Seru Festifal Tumbilotohe Pada Masyarakat Gorontalo
Tradisi Seru Festifal Tumbilotohe Pada Masyarakat Gorontalo image [source]

Festifal Tumbilotohe ini dilakukan 3 malam menjelang hari lebaran tiba. Lampu lampu minyak disusun secara rapi memenuhi hampir semua ruang di gorontalo. Malam yang biasanya gelap pun langsung terang benderang oleh lampu minyak. Belum lagi kalau ada lomba antar kampung. Lampu lampu yang menghiasi malam di gorontalo pun makin seru untuk di nikmati.

4. Tradisi Seru Festifal Meriam Karbit Di Pontianak.

Tradisi Seru Festifal Meriam Karbit Di Pontianak.
Tradisi Seru Festifal Meriam Karbit Di Pontianak. image [source]

Kalau kamu dulu tumbuh besar di desa, pasti kenal dengan yang namanya meriam karbit. Orang dewasa bisa jadi kaget karena suara ledakannya, tapi bagi anak anak, meriam karbit ini merupakan permainan yang seru. Di pontianak meriam karbit ini bukan hanya dimainkan oleh anak anak saja. meriam karbit bahkan di buat festifalnya. Dilakukan malam menjelang lebaran. Konon dahulu tradisi ini dimulai dari raja pontiana pertama sultan syarif abdurrahman alkadrie yang berusaha mengusir kuntilanak. Sempat terhenti karena dilarang di jaman orde baru, sekarang kamu bisa lihat festifal meriam karbit ini di sepanjang sungai kapuas.

5. Tradisi Seru Pukul Menyapu Di Masyarakat Mamala Maluku Tengah

Tradisi Seru Pukul Menyapu Di Masyarakat Mamala Maluku Tengah
Tradisi Seru Pukul Menyapu Di Masyarakat Mamala Maluku Tengah image [source]

Berawal dari 3 orang tokoh mamala yang sedang membangun masjid. Kayu yang akan digunakan sebagai tiang ternyata patah. Mereka bingung karena tiang diharuskan kayu utuh yang tidak boleh disambung. Mereka pun berdoa meminta petuah dari tuhan. Akhirnya satu orang mendapat petunjuk. Minyak dari biji jarak di boakan terlebih dahulu dan kemudian diusapkan ke kayu yang patah. Ternyata kayu jadi utuh lagi. Kalau minyak tersebut bisa membuat kayu patah jadi utuh tentu bagus juga untuk tubuh manusia. Mereka pun kemudian memerintahkan para pengikutkan untuk saling pukul bergantian dengan sapu lidi. Setelah luka, minyak kemudian dioleskan merata. Secara ajaib luka pun sembuh. Kepercayaan ini kemudian diteruskan turun temurun dari generasi ke generasi. Sehingga lahirlah tradisi pukul menyapu yang menjadi daya tarik wisata.

Tuh seru seru kan tradisi menyambut lebaran asli indonesia ini. di nusa tenggara ada juga tradisi unik perang tobat. Aktivitasnya saling lempar lemparan ketupat. Kalau di daerahmu keseruan menyambut labaran apa saja aktivitasnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *