Sedang memuat Bagi Orang Orang Indonesia, Ini Lho Yang Membuat Suasana Ramadhan Sangat Berkesan.

Bagi Orang Orang Indonesia, Ini Lho Yang Membuat Suasana Ramadhan Sangat Berkesan.

Kesan Yang Susah Dilupakan

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar. Tidak mengherankan jika banyak tradisi dengan nuansa islami terawat dengan baik di negara kita. salah satunya adalah tradisi di bulan ramadhan. Di sadari atau tidak banyak aktivitas aktivitas yang hanya dilakukan di bulan ramadhan.

Bagi orang orang indonesia, Ini lho yang membuat suasana ramadhan sangat berkesan.
Bagi orang orang indonesia, Ini lho yang membuat suasana ramadhan sangat berkesan. image [source]

Karena sudah turun temurun dilakukan, beberapa aktivtas itu identik dengan bulan ramadhan. Aktivitas aktivitas tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari bulan ramadhan, memberi warna dan kesan pada bulan ramadhan yang muncul setiap tahun. Aktivitas apa saja sih yang membuat suasana ramadhan itu terasa kental dan berkesan? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Sholat Tarawih Berjamaah Di Masjid.

Sholat Tarawih Berjamaah Di Masjid.
Sholat Tarawih Berjamaah Di Masjid. image [source]

Masih ingatkah kamu ketika pertama kali diajak untuk sholat tarawih pertama kalinya waktu kecil dulu. Kalau dimalam malam biasa kamu kesepian di rumah, tiba tiba di masjid kamu bertemu dengan orang banyak. tiba tiba dimasjid bertemu dengan teman teman sebaya, lalu asyik main kejar kejaran. Kesan menyenangkan saat diajak sholat tarawih untuk pertama kali tersebut mungkin terikat kuat di pikiran. Mungkin itu pulalah yang membuat kamu selalu merasa senang setiap kali ramadhan tiba. Bisa berkumpul dengan orang banyak dimasjid untuk sholat tarawih bersama sama. Di bulan bulan lain, biasanya masjid sepi.

2. Pawai Keliling Kampung Untuk Membangunkan Orang Sahur.

Keliling Membangunkan Orang Sahur-aktivitas Ramadhan
Pawai Keliling Kampung Untuk Membangunkan Orang Sahur. image [source]

Kumpul bersama teman teman sekampung kemudian keliling melewati rumah kerumah sambil membawa tetabuhan. Anak kecil mana yang tidak bahagia dengan aktivitas tersebut. kumpul dengan teman teman saja sudah sudah senang, apalagi boleh bebas pukul pukul ember, panci serta drumb keliling kampung. Dapat pahala pula. Tak heran banyak orang dewasa pun masih menikmati aktitas pawai keliling kampung membangunkan orang sahur ini. jika dilakukan pada bukan bulan lain, bisa di lempar panci oleh para tetangga.

3. Ngabuburit Dengan Aktivitas Aktivitas Yang Menyenangkan.

Camping Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa Tiba
Ngabuburit Dengan Aktivitas Aktivitas Yang Menyenangkan. image [source]

Tidak boleh makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, wajarkan jika rasa lapar menghampiri orang yang sedang puasa. Puncak rasa lapar ini basanya mulai menyerang pada pukul 3 sampai 5 sore. Satu satunya cara bertahan dari godaan rasa lapar ini ya dengan cara membuat pikiran kita lupa. Caranya dengan melakukan aktivitas aktivitas menyenangkan. Bisa nongkrong bersama teman, jalan jalan ataupun main game. Aktivitas menunggu waktu berbuka puasa tersebutlah yang lazim disebut denga ngabuburit. Bulan bulan lain mana ada aktivitas ngabuburit ini.

4. Adanya Pasar Tiban.

Pasar Tiban Yang Ada Saat Bulan Ramadhan
Pasar Tiban Yang Ada Saat Bulan Ramadhan. image [source]

Bulan puasa rasanya tak akan sama tanpa pasar tiban. Di pinggir pinggir jalan mendadak banyak orang menjajakan snack, serta berbagai minuman segar untuk membatalkan puasa. Mereka biasanya mulai berjualan pada sore hari. Orang yang sudah seharian menahan lapar pun tentu saja langsung kalap memilih makanan makanan kecil yang disajikan dengan menarik di pinggir jalan tersebut. hanya di bulan puasalah kita bisa menemui pasar tiban yang riuh di kerubuti orang seperti ini.

5. Petasan Serta Kembang Api.

Bermain Kembang Api dan Petasan Saat Ramadhan
Petasan Serta Kembang Api. image [source]

Anak anak dan remaja tentu sangat menikmati bermain dengan petasan ini. buktinya masih dilarang pun petasan ini tetap saja ada setiap ramadhan tiba. Sehabis subuh, biasanya anak anak sd, smp hingga sma akan jalan jalan. Sambil jalan jalan pagi itu mereka akan membawa petasan dengan berbagai macam ukuran. Ketika sampai di spot yang jauh dari pemukiman penduduk, petasan petasan tersebut akan di ledakkan. Semakin keras bunyi ledakan petasan tersebut, anak anak semakin senang. Apalagi kalau ada orang yang kebetulan lewat dan kaget. Kalau membunyikan petasan di luar bulan puasa mungkin meneraka sudah kena damprat banyak orang.

Dari berbagai aktivitas di bulan ramadhan tersebut, mana yang pernah kamu lakukan? Ketika kamu nanti hidup merantau dan tidak bisa melakukan aktivitas aktivitas menyenangkan tersebut di bulan ramadhan, kamu akan merasa rindu. Mungkin itu jugalah yang membuat banyak orang tiba-tiba rindu kampung halaman ketika bulan ramadhan tiba. Jadi pengen buru buru mudik nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *