4 Jenis Mata Uang Indonesia Yang Dicap Sebagai Uang Kuno Paling Termahal Nilai Jualnya

Uang mungkin adalah salah satu benda yang dari sejak di ciptakan tidak pernah mati keberadaannya, meskipun pada faktanya uang kerap sekali mengalami perubahan dari bentuk dan desainnya. Ngomongin soal perbuhan uang dari masa ke masa, ternyata uang kuno yang kini tampak tidak berarti justru memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan nilai jualnya bisa melebihi harga dari emas dan perhiasan tergantung dari seberapa kuno uang tersebut. Salah satu faktor penyebabnya adalah keberadaan uang kuno yang kini semakin langka dan tidak banyak orang memilikinya.

uang kuno
uang kuno [ image source ]

Bagi para kolektor pecinta uang kuno, menemukan uang kuno adalah merupakan salah satu hal yang membanggakan. Sejatinya menurut para kolektor, semakin kuno uang yang di temukan maka bagi mereka itu adalah merupakan harta karun yang nilainya sangat tinggi. Bahkan beberapa dari uang kuno kini keberadaannya sangat di cari karena memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Dan inilah uang kuno dari mata uang Indonesia yang memiliki harga jual tinggi.

1. Uang 5000 Keluaran Tahun 1958

uang 5000 keluaran 1958
uang 5000 keluaran 1958 [ image source ]

Salah satu dari uang kuno yang banyak di incar para kolektor uang kuno adalah dari jenis uang lima ribu yang keluaran tahun 1958. Uang lima ribuan ini kini banyak di incar karena sudah termasuk ke dalam kategori uang yang langka keberadaannya. Menurut para kolektor, dari diantara 20 penjual uang kuno belum tentu dari ke 20 penjual itu memilikinya, karena memang jenis uang ini sangat langka keberadaannya. Oleh sebab kelangkaannya tersebut, uang lima ribuan tahun 1958 ini bisa laku hingga Rp. 10 juta keatas tergantung dari kondisi fisiknya. Semakin fisiknya uang lima ribu tahun 1958 ini sempurna maka semakin mahal pula harganya.

2. Uang 500 Gulden

uang kuno 500 gulden
uang kuno 500 gulden [ image source ]

Uang kuno yang juga memiliki nilai jual tinggi berikutnya adalah uang dari jenis uang 500 gulden yang terbit pada masa penjajahan Belanda. Pada zamannya, uang ini menjadi uang resmi keluaran VOC untuk di jadikan alat pembayaran di Indonesia. kebanyakan dulu yang sering menggunakan uang ini adalah dari golongan kaum bangsawan. Kini di zaman modern seperti sekarang, uang 500 gulden ini ternyata masuk dalam kategori uang yang mulai langka keberadaannya, dan menjadi uang yang juga banyak di buru para kolektor uang kuno. Salah satu alasannya adalah, karena uang 500 gulden ini bisa laku di jual hingga Rp. 20 juta keatas.

3. Uang 1000 Gulden

Uang 1000 Gulden
Uang 1000 Gulden [ image source ]

Uang kuno berikutnya masih sama dengan yang sebelumnya, yaitu uang 1000 gulden yang di terbitkan pada zaman VOC atau pada saat penjajahan Belanda. Tidak berbeda dengan uang gulden yang bernominal 500 gulden, uang 1000 gulden ini adalah mata uang yang sah digunakan untuk jual beli yang kebanyakan juga di miliki oleh para petinggi VOC dan para konglomerat. Meskipun sama-sama gulden, ternyata nominal 1000 gulden lebih tinggi harga jualnya ketimbang dengan yang bernominal 500 gulden karena uang kuno ini lebih langka keberadaannya. menurut kabar yang beredar di kalangan para kolektor, harga jual 1000 gulden bisa mencapai Rp. 50 juta hingga Rp. 100 juta lebih.

4. Uang 100 Rupiah Tahun 1948

Uang 100 Rupiah Tahun 1948
Uang 100 Rupiah Tahun 1948 [ image source ]

Untuk kategori uang kuno bangsa Indonesia terakhir yang banyak di incar dari para kalangan kolektor uang kuno adalah dari jenis uang dengan nominal 100 rupiah keluaran tahun 1948. Dari ketiga uang kuno sebelumnya, maka uang 100 rupiah keluaran tahun 1948 inilah yang menjadi salah satu uang kuno termahal karena nilai jualnya sangat tinggi. Uang 100 rupiah keluaran tahun 1948 ini laku di jual Rp.100 juta ke atas melebihi harga dari 1000 gulden. Pasalnya uang yang bergambar Ir. Soekarno ini kini keberadaannya sangat sulit di temukan, oleh sebab itulah hanya kolektor-kolektor uang kuno kelas wahidlah yang memilikinya. Bahkan nilai nominal dari harga jualnya akan semakin melambung jika kondisi uang benar-benar masih sangat istimewa.

Nah sahabat iyakan.com, itulah tadi beberapa nominal mata uang kuno yang pernah di gunakan Indonesia dengan harga jual yang sangat tinggi. Pada dasarnya, tingginya harga tersebut di latarbelakangi oleh keberadaannya yang semakin langka di temui. Bagi para kolektor tentunya uang kuno tersebut adalah merupakan benda yang sangat berharga. Selain karena nilai jualnya yang tinggi, mengkoleksi uang langka tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri karena orang lain jarang yang memilikinya. Jika kamu memiliki salah satu dari ke empat uang kuno tersebut, sebaiknya simpanlah baik-baik jangan sampai hilang karena semakin lama nilai jualnya akan semakin sangat melambung tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *