Sedang memuat Ini Rahasia Umur Panjang Dari Bebagai Belahan Dunia.

Ini Rahasia Umur Panjang Dari Bebagai Belahan Dunia.

Ternyata Ini Rahasia Umur Panjang

Setiap orang pasti ingin berumur panjang. Buktinya setiap ulang tahun, kita menyanyikan lagu yang dalam liriknya ada kata kata: “panjang umurnya, panjang umurnya,panjang umurnya serta mulia”. Namun ternyata tidak semua orang dikaruniai umur yang panjang ini. bahkan manusia yang tinggal di wilayah yang berbeda mempunyai angka harapan hidup yang berbeda beda pula. Orang orang yang hidup di suatu negara memiliki umur yang lebih panjang di bandingkan orang- orang yang hidup dinegara lain.

Ini Rahasia Umur Panjang Dari Bebagai Belahan Dunia.
Ini Rahasia Umur Panjang Dari Bebagai Belahan Dunia. image [source]

Beberapa negara yang rata rata uur hidupnya paling panjang adalah Andora, Jepang, Perancis, Spanyol, Singapura, Guam, Yunani dan Yordania. Apa ya rahasia orang-orang di negara tersebut bisa berumur lebih panjang dibanding orang di negara negara lain. beberapa penelitian telah dilakukan oleh banyak pihak untuk mengetahui penyebab beberapa orang mampu hidup lebih lama dibandingkan orang lain ini. dan rahasia umur panjang dari berbagai belahan dunia tersebut terangkum dalam tulisan di bawah ini. penasaran apa saja yang menjadi penyebab beberapa orang berumur panjang tersebut? Berikut ini infonya.

1. Keturunan Berpengaruh Terhadap Panjang Pendeknya Umur Seseorang.

Keturunan ternyata berpengaruh juga terhadap rahasia panjang umur seseorang. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Okinawa Jepang. Di wilayah tersebut ada banyak orang yang umurnya mencapai 100 tahun atau lebih. Ketika dilakukan survei, ternyata orang-orang yang umurnya mencapai 100 tahun lebih tersebut dulunya mempunyai orang tua yang meninggal pada umur lebih dari 100 tahun juga.

Keturunan Berpengaruh Terhadap Panjang Pendeknya Umur Seseorang.
Keturunan Berpengaruh Terhadap Panjang Pendeknya Umur Seseorang. image [source]

Jadi jika kamu mempunyai orang tua yang berumur panjang maka kamu mempunyai peluang berumur oanjang juga tiga kali lebih banyak dari pada orang lain yang umur orang tuanya normal. Namun tentu saja faktor keturunan bukanlah satu satunya penentu panjang pendeknya umur seseorang. Jadi bagi kamu kamu yang nenek atau kakeknya berumur tidak panjang, tidak usah berkecil hati. Masih ada kok peluang kamu berumur panjang asal faktor faktor lain mendukung.

2. Pendidikan ternyata salah satu faktor yang menjadi rahasia umur panjang.

Pendidikan ternyata berpengaruh terhadap panjang atau pendeknya umur seseorang. Minimal inilah yang disampaikan dalam paper penelitian yang dimuat dalam jurnal ilmiah BMC Public Health yang terbit pada tahun 2014. Dalam paper tersebut diteliti hubungan antara banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bersekolah dengan panjang umur seseorang. Hasilnya orang yang pernah mengenyam pendidikan di bangku kuliah atau lebih tinggi mempunyai tambahan umur 8 sampai 16 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengenyam kuliah.

Pendidikan ternyata salah satu faktor yang menjadi rahasia umur panjang.
Pendidikan ternyata salah satu faktor yang menjadi rahasia umur panjang. image [source]

Bagaimana ya pendidikan bisa berpengaruh pada umur panjang? Ternyata mereka mereka yang mengenyam pendidikan lebih tinggi mampu menunda kesenangan hidup. Artinya mereka hidup dengan memikirkan masa depan. Mereka hidup bukan hanya untuk sekedar bersenang senang dimasa sekarang. Orang yang tingkat pendidikannya rendah cenderung hidup bersenang senang tanpa memikirkan masa depan. Mereka merokok, minum minuman keras dan memakan makanan yang kurang sehat. Kebiasaan kebiasaan buruk inilah rupanya yang membuat seseorang berumur pendek. Meskipun penelitian ini dilakukan pada mereka yang mengenyam bangku kuliah, kamu kamu yang tidak kuliah tak perlu berkecil hati lo. Pendidikan yang dimaksud dalam penelitian ini ternyata tidak harus pendidikan formal. Seorang ahli karate di Okinawa jepang yang terus menerus belajar karate hingga tua juga mempunyai umur panjang. Jadi selama otak kita aktif belajar maka peluang umur panjang kita pun semakin besar. Maka itu, jangan pernah berhenti belajar ya.

3. Sikap Hidup Berpengaruh Terhadap Umur Panjang Seseorang.

Di dunia ini ada dua tipe orang yaitu si optimis dan mereka mereka yang pesimis. Si pesimis akan menanggapi negatif setiap hal yang terjadi dalam hidup mereka. Orang-orang ini mengeluh secara rutin dari masalah sepele hingga rumit menjadi bahan keluhan. Mereka berpikir seolah-olah seluruh dunia ada untuk memberi mereka masalah. Si optimis berkebalikan dengan si orang pertama. Di dalam pandangan para optimis ini di dalam setiap masalah yang mereka temui pasti ada solusi. Mereka melihat peluang di setiap kesulitan. Dan semua kejadian yang menimpa dalam hidup mereka, di tanggapi dengan positif.

Sikap Hidup Berpengaruh Terhadap Umur Panjang Seseorang.
Sikap Hidup Berpengaruh Terhadap Umur Panjang Seseorang. image [source]

Dasi hasil penelitian yang dilakukan dan dimuat dalam jurnal personality and social Psychology, orang orang optimis mempunyai umur lebih lama dari orang pesimis. Orang orang optimis ini rata rata memiliki tambahan umur selama 7.5 tahun. Yang paling menentukan dalam panjang atau pendeknya umur mereka ini adalah sikap mereka tentang menjadi tua. Jika seseorang menganggap masa tua adalah sesuatu yang negatif, penuh dengan penderitaan, tidak bisa apa apa dan hanya menjadi beban, maka umur mereka kemungkinan pendek. Namun jika seseorang memandang masa tua sebagai sesuatu yang positif, tetap beraktivitas, dan tetap termotivasi maka umur seseorang kemungkinan lebih panjang.

4. Tradisi Mempengaruhi Umur Panjang Seseorang.

Tidak selamanya kemajuan zaman itu berpengaruh positif. Buktinya orang orang yang berumur panjang rata-rata adalah mereka yang tinggal di tempat yang belum tersapu oleh globalisasi. Di Okinawa misalnya orang orang disini kebanyakan aktifitasnya dilakukan dengan cara duduk di lantai. Dalam sehari mereka jongkok dan berdiri dalam intensitas yang cukup sering. Ini sama saja dengan berolah raga sit-up sebanyak 90 kali setiap harinya. Tak heran meskipun usia penduduk di Okinawa ini sudah tua tua, mereka masih segar bugar.

Tradisi Mempengaruhi Umur Panjang Seseorang.
Tradisi Mempengaruhi Umur Panjang Seseorang. image [source]

Di berbagai daerah terpencil, kebanyakan masyarakatnya juga masih berjalan kaki untuk bepergian kemana-mana. Dalam setiap harinya mereka melakukan aktivitas fisik yang lumayan banyak. ternyata aktivitas fisik yang rutin dilakukan setiap hari inilah yang membuat mereka berumur panjang. Coba saja kita bandingkan dengan aktivitas sehari hari orang di jaman modern. Rata-rata mereka menghabiskan waktu dengan duduk di depan layar komputer atau layar televisi. Ketika pergi ke suatu tempat mereka lebih banyak mengandalkan kendaraan bermotor. Otot jarang di pakai untuk beraktivitas. Begitu juga dengan otak yang paling pol dipakai untuk membuat status baru di medsos. Karena aktivitas fisik yang minim inilah para penduduk hidup jauh dari tradisi berumur lebih pendek dari mereka mereka yang masih memegang teguh tradisi nenek moyang mereka.

Dari berbagai informasi tentang rahasia umur panjang di atas, kamu bisa lho memulai untuk memperpanjang umurmu dari sekarang. Caranya adalah dengan meninggalkan kebiasaan kebiasaan buruk. Merokok, minum minuman beralkohol, makan makanan cepat saji yang kurang sehat adalah hal hal yang perlu untuk segera di tinggalkan. Selain itu kamu juga harus merubah sikap hidupmu menjadi orang yang optimis. Yakinlah bahwa akan selalu ada harapan di masa depan dan masa tua bukanlah sesuatu yang menakutkan. Dan terakhir, jika ingin terus sehat, perbanyak aktivitas fisik, jangan pernah mengistirahatkan otak. Otak kita tak akan pernah habis meskipun sering di pakai. Malah ada kemungkinan besar akan terus berkembang seiring dengan seringnya di pakai. Meskipun umur itu berada di tangan tuhan, minimal kita bisa menjalani gaya hidup sehat sebagai pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *