Uniknya 7 Mitos Jawa Yang Ternyata Banyak Mengandung Arti Dan Makna Khusus

Di dalam keseharian Orang Indonesia, sepertinya hampir semua kehidupan masyarakatnya tidak pernah jauh dengan keberadaan mitos. Terlebih kebanyakan orang-orang yang tinggal di daerah Pulau Jawa yang identik sangat kental dengan budaya leluhur. Bahkan keyakinan terhadap mitos tergolong sangat tinggi meskipun mitos-mitos yang ada tidak bisa di logika dengan akal sehat.

mitos jawa

Meskipun begitu, mitos mungkin memang adalah salah satu bagian yang sejatinya susah di lepaskan dari tengah-tengah orang Jawa. Jika di telisik secara langsung, mungkin keberadaan mitos terkadang sulit di jabarkan oleh nalar manusia. Namun sejatinya di balik beberapa mitos yang susah di nalar dengan akal pikiran, ternyata mitos mengandung sebuah makna yang justru memiliki pesan moral yang baik. Berikut ini adalah beberapa mitos orang Jawa yang ternyata memiliki arti dan makna yang sangat besar.

1. Mitos Menelan Biji Buah Dapat Membuat Biji Tersebut Tumbuh di Kepala

dilarang makan biji buah-buahan
dilarang makan biji buah-buahan [ image source ]

Mitos Jawa yang satu ini mungkin sangat populer di berikan untuk para anak-anak, yaitu dilarang memakan buah beserta dengan bijinya. Namun di balik mitos yang sepertinya nggak masuk di akal ini, ternyata memiliki pesan moral yang sangat baik. Salah satunya adalah kita di ajarkan untuk dapat melestarikan lingkungan dengan memberikan kesempatan biji buah-buahan dapat tumbuh menjadi pohon di alam. Selain itu, dilarang menelan biji agar tidak menjadi penyakit nantinya di dalam perut yang dapat mengakibatkan sakit seperti usus buntu dan yang lainnya.

2. Mitos Menyapu Itu Harus Benar-benar Bersih, Kalau Tidak Jodohnya Nanti Brewokan

mitos menyapu
mitos menyapu [ image source ]

Perempuan Jawa zaman dahulu sangat cenderung tidak menyukai para pria yang memiliki brewok. Salah satu alasannya adalah karena pria yang memiliki brewok atau jambang sering dianggap sebagai laki-laki yang tidak suka menjaga kebersihan. Untuk itulah mengapa mitos ini dibuat yang salah satu tujuannya adalah untuk mengajarkan disiplin dan tanggung jawab agar bekerja dengan benar, dalam arti jika menyapu harus benar-benar bersih. Jangan salah kira ya mitos ini hanya untuk kaum wanita tapi juga untuk pria. Ngeri banget kan kalau pria dapet jodoh kok ada brewoknya.

3. Mitos Dilarang Keruar Rumah Saat Maghrib, Nanti Bisa Diculik Wewe

mitos dilarang keluar maghrib
mitos dilarang keluar maghrib [ image source ]

Mitos ini mungkin adalah salah satu mitos yang paling manjur di gunakan untuk menakuti anak-anak pada zaman dahulu. Pasalnya anak-anak zaman dahulu itu sangat takut dengan keberadaan makhluk halus sejenis wewe yang memiliki reputasi sebagai setan penculik anak-anak. Mungkin salah satu tujuan dari mitos dilarang keluar pada saat menjelang waktu maghrib adalah bagi yang umat Muslim agar dapat menunaikan sholat tepat waktu karena waktu maghrib hanya sebentar. Sedangkan maksud tujuan lainnya adalah agar anak-anak bisa menggunakan waktu menjelang malamnya untuk kegiatan belajar ketimbang untuk bermain.

4. Mitos Jika Duduk di Depan Pintu Akan Sulit Mendapatkan Jodoh

mitos duduk di depan pintu
mitos duduk di depan pintu [ image source ]

Mitos yang satu ini dulunya adalah salah satu mitos yang paling di takutkan oleh khususnya para anak perempuan, namun juga tidak sedikit para kaum pria yang ikut percaya dengan mitos ini. Salah tujuannya adalah untuk mengajarkan etika dan sopan santun, karena bagi orang Jawa duduk di depan pintu merupakan sikap yang tidak sopan karena dapat mengganggu aktifitas keluar ataupun masuknya seseorang. Untuk sebab itulah mitos ini dibuat dan di takuti oleh sebagian besar kaum perempuan meskipun sebenarnya jodoh itu adalah merupakan bagian dari ketetapan takdir yang diberikan oleh TUHAN.

5. Mitos Kalau Makan Harus Dihabiskan, Kalau Tidak Ayamnya Bisa Mati

mitos makan harus dihabiskan
mitos makan harus dihabiskan [ image source ]

Jika di lihat memang mitos ini sepertinya tidak nyambung dengan pemikiran logika sewajarnya manusia. Mana mungkin jika makanan yang tidak di habiskan akan membuat ayam mati, padahal sejatinya makanan yang tidak habis menyambung nyawa ayam jika di berikan kepada ayam. Namun meskipun begitu, Mitos ini ternyata tetap menjadi mitos ampuh yang di percaya banyak anak-anak, namun sejatinya memiliki pesan moral yaitu mengajarkan anak untuk bersyukur dengan tidak menyia-nyiakan makanan mengingat masih banyak orang yang mati karena kelaparan.

6. Mitos Duduk Diatas Bantal Bisa Mengakibatkan Bisulan

mitos duduk di atas bantal
mitos duduk di atas bantal [ image source ]

Orang Jawa memiliki kebiasaan selalu duduk di lantai atau sering di sebut lesehan karena terbilang lebih leluasa untuk duduk. Namun kebiasaan tersebut ternyata justru membuat anak-anak sering menggunakan bantal sebagai alas agar lebih empuk ketimbang duduk tanpa alas. Mungkin mitos tentang duduk di atas bantal akan mengakibatkan bisulan ini di buat agar para anak-anak menjadi takut untuk menggunakan bantal sebagai alas. Salah satu alasannya adalah agar anak-anak lebih memahami fungsi dari bantal itu untuk kepala bukan untuk di duduki.

7. Mitos Memakan Brutu Atau Pantat Ayam Akan Membuat Cepat Pikun

mitos memakan brutu
mitos memakan brutu [ image source ]

Bagi sebagian orang jawa, pantat ayam atau yang sering di sebut brutu adalah salah satu bagian dari tubuh ayam yang paling enak. Namun meskipun begitu, justru ternyata di jawa ada mitos tentang larangan memakan brutu karena dapat membuat seseorang akan lebih cepat pikun. Jika di nalar secara logika mungkin nggak masuk si akal karena enak kok di larang, namun jika di telisik lebih dalam ternyata brutu memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Jadi Salah satu tujuan dari mitos ini adalah agar tidak memakan brutu biar jauh dari penyakit kolestrol. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa mitos ini ada agar para orang tua dapat menikmati brutu yang lezat tanpa di ganggu oleh sang anak.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan mengenai mitos unik di Jawa yang ternyata mengandung unsur penanaman moral pada manusia. Mungkin masih banyak mitos-mitos yang sejatinya memiliki makna dan arti yang lebih mendalam untuk mengajarkan sesuatu ke hal yang lebih baik. Menurutmu mitos mana yang pernah kamu percayai dari keberadaan mito-mitos di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *