Sedang memuat Awas, Virus-Virus Misterius Ini Masih Berkeliaran Dan Siap Mengancam Nyawa Manusia

Awas, Virus-Virus Misterius Ini Masih Berkeliaran Dan Siap Mengancam Nyawa Manusia

Virus Misterius Ini Bisa Menjadi Ancaman Dimasa Depan

Virus merupakan peralihan antara benda mati dan makhluk hidup. Virus tidak dapat hidup sendiri. Mereka perlu inang supaya bisa menjadi makhluk hidup dan memperbanyak diri. ketika berada di luar tubuh mangsanya virus ini akan mengeras membentuk seperti kristal. Kristal virus tahan panas, tahan tekanan dan tahan dengan kondisi kekurangan air.

Inveksi Virus Misterius
Inveksi Virus Misterius. image [source]

Ketiga masuk ke tubuh inang, virus tersebut akan menyuntikkan materi genetiknya yang berupa DNA atau RNA. Setelah DNA milik virus masuk, DNA milik inang akan dirusak dan kendali sel diambil alih oleh DNA virus. Sel inang kemudian diperbudak untuk memproduksi protein-protein serta lemak yang akan digunakan untuk merakit virus-virus baru. Karena bentuk inti virus sangat sederhana, mereka sangat cepat berubah. Perubahan dari virus yang satu menjadi virus yang berbeda ini disebut mutasi. Dengan adanya mutasi ini virus-virus baru akan terbentuk. Mutasi juga membuat virus-virus yang awalnya tidak berbahaya bagi manusia menjadi sangat ganas. Baru baru ini ditemukan virus baru yang perilaku mereka belum sepenuhnya dimengerti oleh manusia. Salah satu birus tersebut mampu memproduksi racun yang sama seperti yang dipunyai oleh laba-laba paling mematikan-Black widow. Tidak menutup kemungkinan di masa depan, akan ditemukan juga virus virus lain yang punya efek lebih mematikan. Berikut ini beberapa virus misterius yang ditemukan oleh ilmuwan dan apa kemampuan mereka.

1. Virus Yang Mampu Membuat Racun Milik Laba-Laba Blackwidow.

Tahu kan laba-laba Black widow. Ya laba-laba ini di kenal ganas dan menyebabkan angka kematian yang tinggi bagi korbannya. Dikatakan racun dari laba-laba ini lebih ganas dari racun ular derik. jika sampai digigit oleh laba-laba black widow, dalam hitungan jam kita bisa mati jika tidak segera mendapatkan pertolongan. Ukuran laba-laba Black widow ini kecil sehingga sulit dilihat keberadaanya.

Virus Yang Mampu Membuat Racun Milik Laba-Laba Blackwidow.
Virus Yang Mampu Membuat Racun Milik Laba-Laba Blackwidow.image [source]

Menghindari laba-laba Black widow yang yang bisa dilihat dengan mata saja susah bagaimana ya cara kita menghindari virus yang punya racun mematikan seperti Black widow? Jawabannya adalah kita tidak akan bisa menghindar. Alasannya ukuran virus ini sangat kecil. Saking kecilnya mikroskop pun tidak bisa dipakai untuk melihat virus. Berita buruknya ilmuwan menemukan virus yang mempunyai racun seganas laba-laba Black widow. Virus yang mampu memproduksi racun Black widow tersebut bernama Virus WO. Untuk saat ini baru diketahui bahwa virus ini mengincar Wolbachia, sejenis bakteri yang menempel di kaki Arthropoda. Virus ini mampu menghasilkan senyawa Latrotoksin, senyawa yang juga menjadi komponen utama dari racun laba-laba Black widow. Ketika racun ini masuk ke sel tubuh, Latrotoksin akan menghancurkan membran sel. Setelah membran sel hancur, sel yang diserang akan mati. Dengan adanya Latrotoksin ini virus dapat dengan mudah memasuki inti sel mangsa, dan mengambil alih kendali sel. Ilmuwan sampai saat ini masih bingung, bagaimana mungkin ada virus yang mampu membuat racun black widow. Ada kemungkinan mereka mengambil materi genetik dari laba-laba blackwidow ketika virus tersebut menginveksi bakteri parasit yang menempel pada blackwidow. Kemungkinan lain laba-laba blackwidow lah yang mendapatkan kemampuan memproduksi latrotoksin dari virus ini di masa lalu. Untungnya virus WO ini tidak mengincar manusia sebagai targetnya. Atau minimal belum.

2. Virus Yang Menyebabkan Kemandulan Pada Wanita.

Kesuburan sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu spesies termasuk manusia. Jika kesuburan ini hilang, maka suatu spesies tidak akan mampu menghasilkan keturunan lagi dan mereka akan punah dari muka bumi. Para ilmuwan lagi-lagi menemukan virus yang menjadi penyebab dari kemandulan wanita di bawah umur 44 tahun. virus tersebut diberi nama HHV-6A. Satu dari 77 wanita saat ini mengalami kemandulan. Para peneliti dari italia menemukan bahwa yang menjadi biang kerok tingginya angka kemandulan wanita di bawah umur 44 tahun. Virus tersebut berasal dari keluarga virus Herpes. Virus ini memanipulasi rahim wanita subur tersebut sehingga janin tidak bisa menempel.

Virus Yang Menyebabkan Kemandulan Pada Wanita
Virus Yang Menyebabkan Kemandulan Pada Wanita. image [source]

Setelah di teliti lebih lanjut. Virus HHV-6A menghasilkan senyawa estradiol yang akan membuat rahim wanita meluruh memasuki masa menstruasi dan bersiap-siap masuk masa pembuahan lagi. Jadi pada rahim wanita yang terinfeksi virus ini, pembuahan dapat terjadi namun janin tidak pernah bisa menempel di rahim. Maka itu kehamilan tidak pernah terjadi. Untuk mengatasi kemandulan akibat aksi virus ini, pengobatan tertentu harus dilakukan. Namun membunuh virus tentu saja lebih susah daripada membunuh bakteri.

3. Virus Super Yang Tahan Panas, Tahan Asam Dan Tahan Radiasi.

Pada umumnya virus mudah dirusak dengan panas yang tinggi, zat kimia seperti alkohol atau asam, serta radiasi. Namun ada satu virus yang tahan semua senjata andalan penghancur virus yang dimiliki manusia tersebut. Virus itu menginfeksi bakteri Sulfolobus Islandicus. Ilmuwan menamainya dengan SIRV2. Virus ini menyerang bakteri yang hidup di sumber air panas yang mengandung belerang. Suhu sumber air panas tersebut mencapai 89 derajat celsius. Selain tahan panas dan asam, ketika di uji di laboratorium virus ini juga tahan radiasi ultraviolet.

Virus Super Yang Tahan Panas, Tahan Asam Dan Tahan Radiasi.
Virus Super Yang Tahan Panas, Tahan Asam Dan Tahan Radiasi. image [source]

Ternyata untuk bertahan dari panas, asam serta radiasi tersebut virus menyimpan DNA serta RNA nya dalam struktur khusus.struktur khusus ini mirip spora yang dipunyai oleh bakteri antrak. Sama seperti spora antrak, ketika ada di dalam struktur khusus tersebut, materi genetik milik virus aman dari kondisi luar yang ekstrem tadi. Berkat penemuan ini para ilmuwan mengembangkan struktur yang sama untuk pengobatan terapi genetik pada manusia. Gen-gen yang akan digunakan untuk terapi pengobatan tersebut dibungkus dalam struktur yang sama sehingga tidak rusak sampai tiba di bagian tubuh tertentu. Untuk saja ya virus dengan daya tahan tubuh super ini tidak mengincar manusia. Tapi ingat virus lain visa dengan mudah meniru teknik milik virus super ini. Maka dari itu para ilmuwan hati-hati ya jangan sampai virus super ini tergabung dengan virus berbahaya lain.

4. Virus Yang Menyusup Ke Dalam DNA Manusia Dan Di Wariskan Secara Turun Temurun.

Cara termudah bertahan hidup bagi makhluk makhluk lemah adalah dengan menempel pada mahkluk paling kuat. Rupanya itu pula prinsip yang diterapkan oleh virus. Tanpa sadar sebetulnya 8 persen dari DNA dab RNA dalam tubuh kita merupakan tempelan dari DNA dan RNA virus-Virus yang menginfeksi umat manusia sejak jaman dahulu. Virus yang mampu menyusup ke dalam DNA manusia tersebut disebut retrovirus. Cara kerja mereka adalah, setelah menempel ke sel manusia, retrovirus akan menyuntikan RNA nya, memotong DNA inang menyisipkan milik mereka dan megambil alih mesin perbanyakan DNA di dalam sel kita. DNA yang susah disisipi tersebutlah yang diperbanyak oleh virus dan bukan DNA asli milik kita. Oh ya virus tersebut mengincar sel sperma dan sel telur manusia. Ketika sel sperma atau sel telur tersebut kemudian berhasil menjadi bayi maka seterusnya mereka akan diwariskan dari generasi ke generasi.

Virus Yang Menyusup Ke Dalam DNA Manusia Dan Di Wariskan Secara Turun Temurun.
Virus Yang Menyusup Ke Dalam DNA Manusia Dan Di Wariskan Turun Temurun. image [source]

Virus yang mampu menumpang pada DNA manusia dan sudah berumur jutaan tahun tersebut Bernama HERV-K virus. virus virus ini ada yang sampai sekarang masih bertahan di dalam tubuh manusia dan ikut diwariskan ketika kita punya keturunan. Entah sampai kapan mereka akan terus menempel di dalam DNA kita, dan kapan juga mereka akan kembali aktif, ilmuwan tidak ada yang tahu. Bisa jadi munculnya penyakit-penyakit baru adalah akibat dari kerja virus-virus yang menempel dalam DNA tubuh kita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *