Waspadai Jika 7 Bagian Tubuhmu ini Tiba-Tiba Megeluarkan Darah, Jangan Sampai Telat Berobat

Tubuh manusia itu memang banyak sekali menyimpan misteri yang terkadang membuat seseorang menjadi bingung. Salah satu yang bikin bingung mengkin adalah penyakit yang tidak bisa langsung di deteksi oleh manusia secara langsung. Bahkan banyak sekali dari beberapa orang yang mengaku dirinya sehat ternyata banyak juga yang tiba-tiba mengalami sakit parah bahkan hingga berujung pada kematian.

telinga adalah salah satu bagian tubuh yang bisa mengeluarkan darah
telinga adalah salah satu bagian tubuh yang bisa mengeluarkan darah [ image source ]

Dari beberapa macam penyakit, mungkin ada beberapa yang secara awam bisa langsung di deteksi oleh manusia contoh seperti penyakit flu, diare dan yang lainnya. Namun dari beberapa penyakit lainnya justru tidak mudah di deteksi, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengatahuinya karena sebenarnya pasti ada salah satu indikasi yang terjadi. Salah satunya adalah jika tiba-tiba beberapa bagian tubuh mengeluarkan darah, maka pastikan jika hal ini terjadi segeralah untuk berobat ke dokter agar segera di atasi. Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang kerap mengeluarkan darah dan dari setiap masing-masing bagian tubuh tersebut pastinya memiliki arti kesehatan tersendiri. Dari pada penasaran yuk simak ulasan berikut ini.

1. Bagian Kemaluan Pria

waspadai keluarnya darah dari kemaluan pria
waspadai keluarnya darah dari kemaluan pria [ image source ]

Bagi khususnya para lekaki, keluarnya darah dari kemaluan atau penis jangan lantas dianggap sepela karena sejatinya itu adalah indikasi bahwa bagian tubuh itu sedang mengalami masalah. Beberapa contoh kasusnya adalah sering terjadinya keluar darah bersama dengan keluarnya urin yang di sertai rasa sakit, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kamu sedang mengalami penyakit ginjal atau batu ginjal. Namun jika darah yang keluar bercampur dengan sperma maka bisa jadi kamu sedang mengidap penyakit hematospermia yang artinya adalah sedang terjadi peradangan pada kelenjar prostat. Indikasi lainnya dari keluarnya darah dari penis yang paling parah selain kedua hal tersebut adalah kamu sedang terkena penyakit kanker testis atau kanker prostat.

2. Bagian Kemaluan Wanita

celana dalam wanita
celana dalam wanita [ image source ]

Ternyata darah yang keluar pada kemaluan wanita atau vagina itu tidak hanya terjadi ketika sedang mengalami fase menstruasi saja. Pada dasarnya wanita juga bisa menderita penyakit seperti pada umumnya kaum pria pada bagian kemaluan. Sama seperti dengan pria, jika darah yang keluar dari kemaluan wanita bercampur dengan air urin, maka bisa jadi wanita tersebut juga mengalami masalah pada ginjalnya atau bisa juga kandung kemihnya juga mengalami masalah seperti terluka atau terjadi infeksi karena batu ginjal. Pada masa kehamilannya, 10 persen dari wanita hamil pernah mengalami masalah keluarnya darah dari area vitalnya yang di sebut dengan pendarahan ringan. Namun jika volume darah yang keluar banyak, maka pendarahan tersebut bisa jadi adalah merupakan gejala awal terjadinya keguguran pada ibu hamil.

3. Bagian Rektum

sembelit penyebab rektum berdarah
sembelit penyebab rektum berdarah [ image source ]

Kasus keluarnya darah pada bagian rektum mungkin adalah salah satu yang hampir banyak orang pernah mengalaminya, dan salah satu yang paling umum biasanya di sebabkan karena penyakit ambiyen. Biasanya keluarnya darah pada rektum ini sering di iringi rasa sakit pada kulit anus karena bagian tersebut mengalami luka akibat susah mengeluarkan kotoran yang keras. Selain karena luka, keluarnya darah pada bagian rektum bisa jadi merupakan gejala dari penyakit berikut ini yaitu menjadi salah satu tanda penyakit kanker dubur, kakner usus besar, peradangan di empedu, sakit dinding rektum, atau munculnya kantong kecil di sepanjang saluran pencernaan yang sering di sebut juga dengan diverticulosis. Jika warna darah yang keluar itu berwarna terang, maka kemungkinan ada masalah yang terjadi pada usus besar, namun jika darah berwarna merah gelap kemungkinan masalah tersebut berkaitan dengan bagian anus.

4. Bagian Hidung

hidung mimisan
hidung mimisan [ image source ]

Sering kali darah yang keluar dari bagian hidung kerap sekali di sebut dengan mimisan, dan hampir dari semua kalangan usia bisa mengalami hal ini. Bahkan kasus mimisan adalah kasus keluarnya darah yang sering kali membuat seseorang menjadi panik dan ketakutan. Bagi sebagian orang mungkin mimisan adalah salah satu hal yang wajar, tapi ternyata keluarnya darah dari hidung ini juga harus di waspadai jika sering terjadi dengan volume darah yang keluar sangat banyak karena bisa jadi itu merupakan tanda dari gangguan pembuluh darah yang langka. Ganguna pembuluh darah ini sering di sebut dengan Telangiectasia hermoganik herediter. Biasanya pemicunya adalah karena pembuluh darah di otak yang abnormal yang menyebabkan pendarahan.

5. Bagian Mulut

mulut manusia
mulut manusia [ image source ]

Salah satu penyebab terjadinya keluar darah pada bagian mulut bisa terjadi karena beberapa hal meliputi pecahnya saluran pembuluh darah di bagian gusi. Tidak hanya pada pembuluh darah yang pecah, keluar darah tanpa adanya di sebabkan karena masalah batuk bisa juga merupakan tanda seseorang sedang mengamali muntah darah akibat terjadi masalah pada pencernaan, kanker pankreas, kanker tenggorokan. Kanker darah atau leukimia juga bisa menjadi salah satu penyebab lainnya yang memunculkan pendarahan di gusi yang kemudian mengakibatkan darah sulit untuk membeku menjadikan darah keluar banyak. Dan yang terakhir keluarnya darah pada bagian mulut bisa terjadi akibat mengidap penyakit scurvy atau pembekakan gusi hingga berdarah karena kekurangan vitamin C.

6. Bagian Mata

mata manusia
mata manusia [ image source ]

Bagian mata adalah salah satu bagian organ tubuh yang kerap sekali di gunakan sebagai acuan dokter untuk melihat gejala penyakit seseorang. Namun masalah pada umumnya, keluarnya darah pada bagian mata biasa terjadi karena pembuluh darah yang ada di daerah mata pecah. Selain itu hal tersebut juga bisa terjadi karena infeksi atau kekeringan ekstrim yang hingga menyebabkan bagian kornea luka. Jika luka pada bagian dalam mata ini sering di sebut dengan hyphema dan akan sangat berpengaruh pada penglihatan yang menjadi tidak maksimal. Pembuluh darah pada mata biasanya terjadi akibat dari aktivitas menggosok mata terlalu keras, batuk dan bersin. Selain beberapa hal tersebut, beberapa hal lain yang menyebabkan terjadinya darah keluar dari mata karena di sebabkan penyakit diabetes dan hipertensi pada seseorang.

7. Bagian Telinga

telinga manusia
telinga manusia [ image source ]

Salah satu penyebab terjadinya keluar darah melalui lubang telinga bisa terjadi akibat sebuah infeksi serius dan biasanya hal itu terjadi disertai dengan suara yang mendenging. Jika memang hal seperti itu benar-benar terjadi, maka secepatnya untuk di periksakan ke dokter agar tidak semakin parah. Karena biasanya pendarahan pada telinga sering kali membuat bagian organ telinga lainnya ikut menjadi terkena dampak dari infeksi tersebut dan salah satu hal terburuknya adalah bisa menyebabkan seseorang menjadi tuli atau pendengaran menjadi berkurang.

Nah sahabat iyakan.com, tragedi keluarnya darah pada organ tubuh manusia memang terlihat sangat mengerikan dan mengkhawatirkan. Namun jangan terlalu di buat panik jika mendadak bagian tubuhmu mengeluarkan darah. Hal yang palingpenting harus di lakukan adalah segeralah memeriksanannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut agar bisa di atasi dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *