Sedang memuat 4 Wisata Bersejarah Yogyakarta Yang Membuatmu Menerawang Ke Masa Lalu

4 Wisata Bersejarah Yogyakarta Yang Membuatmu Menerawang Ke Masa Lalu

Yogyakarta adalah daerah istimewa. Predikat tersebut tentunya tak tersemat begitu saja. Ada alasan di balik penyebutan tersebut. Bukan hanya istimewa dalam hal kotanya saja, tapi juga sejarahnya yang panjang membuat Yogyakarta begitu mempesona untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Beberapa kawasan di Yogyakarta berikut ini contohnya. Karena sudah ada sejak zaman dahulu, kawasan tersebut menyimpan cerita dan kenangan tentang masa lalu yang akan membuat kita teringat kembali bahwa negeri ini sudah melalui banyak peristiwa. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Keraton Yogyakarta

Meski Indonesia saat ini berbentuk Republik tapi di dalamnya masih ada beberapa kerajaan yang masih eksis menjalankan tradisi turun-temurun. Salah satunya yang paling terkenal adalah Kesultanan Yogyakarta. Hingga saat ini kerajaan yang punya sejarah panjang itu masih dipimpin oleh seorang Sultan yang tinggal di istananya. Ya istana itu dikenal dengan sebutan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta [image source]

Keraton tersebut sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I hanya beberapa bulan setelah peresmian perjanjian gianti yang memecah kerajaan Mataram Islam. Bangunan keraton sendiri terdiri dari banyak bangunan dan kamar. Bagi wisatawan yang ingin mengenang kejayaan masa lalu lewat keraton ini tak perlu khawatir karena istana yang dibangun tahun 1755 ini dibuka untuk umum. Di dalamnya pengunjung bisa melihat Museum Keraton yang menyimpan berbagai macam koleksi lukisan dan peninggalan dari raja-raja terdahulu.

2. Benteng Vredeburg

Mungkin saat ini yang Anda saksikan ketika mengunjungi Benteng vredeburg adalah museum dengan koleksi diorama tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan. Tapi ratusan tahun sebelumnya, benteng tersebut ramai diisi oleh tentara Belanda yang katanya ingin menjaga keamanan keraton, tapi sebenarnya ingin mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam keraton.

Benteng vredeburg
Benteng vredeburg [image source]

Benteng itu mulai dibangun tahun 1767 dan selesai tahun 1787 dan didesain oleh  Ir. Frans Haak. Berbentuk bujur sangkar dengan menara pengintai di setiap sudutnya. Benteng Vredeburg awalnya bernama Rustenburg dan hingga saat ini masih tetap berdiri dan bisa dinikmati keindahannya. Untuk masuk ke dalam benteng Anda diharuskan untuk membayar tiket masuk beberapa ribu rupiah saja.

3. Taman Sari

Salah satu simbol kejayaan Keraton Yogyakarta di Masa lalu bisa dilihat dari komplek Taman Sari. Sesuai namanya, komplek tersebut dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan layaknya sebuah vila untuk Sultan dan keluarganya. Dulu ketika masih digunakan tahun 1765-1812, luas Taman Sari membentang hingga 10 hektar.

Taman Sari
Taman Sari [image source]

Terdiri dari beberapa bagian Mulai dari bangunan hingga danau buatan. Di tengah-tengah danau buatan itu dulunya terdapat sebuah bangunan utama. selain itu ada juga tempat pemandian dan lorong bawah air. Saat ini danau buatan telah beralih fungsi menjadi pemukiman. Dan hanya sedikit bangunan bekas Taman Sari yang tersisa.

4. Gedung Agung

Di jantung kota Yogyakarta terdapat bangunan peninggalan belanda yang dulu dikenal sebagai Loji Kebon. Bangunan tersebut saat ini digunakan sebagai Istana Kepresidenan Indonesia dan disebut Gedung Agung. Mulanya Gedung Agung mulai dibangun bulan Mei tahun 18824 atas saran dari  Residen Yogyakarta ke-18 yaitu Anthony Hendriks Smissaerat.

Gedung Agung
Gedung Agung [image source]

Dipilihlah A Payen sebagi arsitek untuk membangun Gedung Agung. Setelah Indonesia Merdeka Gedung Agung sempat dijadikan Istana Presiden ketika Yogyakarta menjadi ibu kota negara. Ketika ibu kota negara kembali ke Jakarta, Gedung Agung tetap difungsikan sebagai salah satu istana Kepresidenan hingga saat ini.

Itulah beberapa tempat wisata sejarah di Yogyakarta. Selain itu masih ada beberapa tempat bersejarah lainnya yang yang wajib Anda kunjungi. Mulai dari Stasiun Tugu, Pabrik Gula Madukismo, hingga Masjid Gedhe Kauman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *