Ini Lho 4 Wisata Kuliner Solo Paling Top Yang Wajib Kamu Coba

Tempat Makan Enak Di Solo

Solo merupakan sebuah wilayah otonom yang berada di bawah propinsi jawa tengah. Hampir sama dengan Yogyakarta, Solo ini juga punya kerajaan lho. Oleh karena itu nuansa budaya Jawa masih kental di Solo ini. nama lain dari Solo ini adalah Surakarta. Sura berarti keberanian sedangkan karta berarti makmur. Bisa di kira kira sendiri kan harapan apa yang ingin dicapai oleh para pendiri kota surakarta pada jaman dahulu. Ya mereka ingin agar penduduk kota solo ini berani dan makmur makmur semua.Karena kentalnya nuansa budaya Jawa tersebut solo juga menjadi salah satu magnet pariwisata di Indonesia. wisatawan wisatawan berdatangan menuju kota solo untuk merasakan syahdunya berwisata di kota ini. solo biasanya sudah sepaket dengan wisata Jogja. Artinya orang yang traveling ke Jogja biasanya akan mampir juga ke Solo. Sebaliknya, orang yang piknik ke Solo akan merasa kurang lengkap jika tidak mampir ke Jogja.

Ini Lho 4 Wisata Kuliner Solo Paling Top Yang Wajib Kamu Coba
Ini Lho 4 Wisata Kuliner Solo Paling Top Yang Wajib Kamu Coba. image [source]

Selain ada wisata budaya berlokasi di keraton Surakarta dan pura Mangkunegaran, Solo juga punya wisata alam di Tawangmangu, Grojokan Sewu, hingga berbagai macam candi yang ada di sana. Ada juga yang berkunjung ke Solo Cuma untuk menikmati suasana di pasar tradisional yaitu pasar Klewer. Di pasar Klewer ini kamu bisa belanja batik khas solo sampai puas. Habis jalan jalan mengunjungi berbagai tempat wisata di solo tentu kamu akan lapar dong. Kebetulan di Solo juga banyak tempat makan yang enak enak. Di solo ada kuliner dalam bentuk pecel, soto, Tengkleng, sate dan yang paling terkenal adalah serabi. Agar puas mencicip berbagai jenis wisata kuliner Solo tersebut, tentu kamu tidak boleh makan di sembarang warung makan dong. Wisata makan makan di Solo kan tidak kamu lakukan setiap hari, oleh karena itu kamu harus mencari tempat yang spesial. Nah kali ini Iyakan akan memberi bocoran tempat makan yang mantap untuk kamu coba ketika traveling ke Solo. Mana saja wisata kuliner di Solo yang ajib banget tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Wisata Kuliner Warung Pecel Solo “Omah Ndeso”.

Kata ndeso mamang sering di pakai oleh Tukul Arwana sebagai olok olok saat membawakan sebuah acara di televisi. Namun di bidang kuliner kata ndeso berkonotasi sebaliknya. Ndeso di dunia kuliner seringkali dikaitkan dengan makanan makanan yang “ngangeni” atau membuat kangen. Makanan makanan ndeso ini biasanya di buat dari bahan bahan yang alamai. Bumbu bumbu yang di pakai juga berasal dari kearifan lokal, hasil dari kumpulan pengetahuan yang diwariskan dari orang tua ke anak anaknya. Resep masakan warisan nenek kepada cucu cucunya. Kerinduan akan masakan masakan ndeso juga bisa disebabkan karena mereka rindu saat saat disuapi oleh ibu dengan pulukan tangan ketika dulu mereka masih kecil. Atau bisa juga kerinduan akan makanan ndeso tersebut muncul semata mata karena orang sukses yang tinggal di kota kota itu dulunya juga berasal dari desa.

Wisata Kuliner Warung Pecel Solo “Omah Ndeso”.
Wisata Kuliner Warung Pecel Solo “Omah Ndeso”. image [source]

Kerinduan akan menu masakan ndeso itu akan langsung terobati saat wisatawan mampir ke tempat wisata kuliner solo yang satu ini. berbagai jenis masakan tradisional khas solo siap untuk dinikmati di warung pecel Omah Ndeso ini. jenis masakan Ndeso yang tersedia antara lain: pecel solo, pecel ndeso, garang asem, nasi liwet dan menu menu masakan lainnya. Tak hanya bumbu dan bahan bahannya lho yang bernuansa ndeso, cara penyajiannya pun ndeso banget. Bayangkan saja, piringnya terbuat dari anyaman bambu yang dilapisi dengan daun pisang. Jika kamu gemar dengan masakan pedas, pecel ndeso tersebut juga bisa kamu nikmati dengan sambal khas, yaitu sambal wijen. Sambal wijen di wisata kuliner solo omah ndeso ini dijamin terasa lebih gurih dari sambal botolan manapun. Masih kurang pedasnya? Kamu bisa menambah makanan pecel mu tersebut dengan sambel tumpang yang bahan dasarnya dari tempe semangit. Itu lho tempe berbungkus daun yang dibiarkan selama beberapa hari sehingga ada nuansa busuk busuknya gitu. Sambel tumpang ini akan terasa semriwing di mulut mirip ketika kamu makan permen mint. Bedanya sambel tumpang ini terasa gurih. Kalau kurang kenyang setelah makan 3 porsi pecel, kamu masih bisa makan tempe tahu bacem, telur ceplok mata sapi, lele goreng, wader dan empal. Masih lapar juga? Tenang, ada gembrot yang terbuat dari daun sembukan yang dipepes bersama kelapa yang telah diparut. Untuk minuman pencuci mulutnya, kamu bisa menikmati es beras kencur. Komplit kan kelezatan kuliner di warung pecel solo ini. kalau belum kenyang juga, segera temui dukun terdekat ya. Kemungkinan kamu kesurupan.

2. Wisata Kuliner Solo Serabi Notokusuman.

Siapa sih yang tidak kenal dengan serabi Notokusuman? Kalau kamu belum pernah ke Solo, minimal pernah kan di oleh-olehi serabi oleh kerabat, teman atau saudara yang habis dari Solo? Rasa serabi Notokusuman ini sangat khas. Manis, legit, lembut dan harum aroma pandan menjadi satu begitu masuk mulut. Baik serabi yang polosan, maupun yang ditaburi dengan coklat, semuanya terasa enak. Serabi Notokusuman ini kemasanya pun menarik. Di kemas dalam dus dus cantik dan tidak memalukan untuk di pakai sebagai oleh oleh. Mau dari golongan rakyat bawah, hingga pejabat kelas atas, jika di hadiahi serabi Notokusuman mereka tidak akan menolak. Oleh karena itu serabi Notokusuman merupakan salah satu wisata kuliner solo yang wajib kamu nomor satukan. Atau minimal nomor 2 seperti di artikel ini.

Wisata Kuliner Solo Serabi Notokusuman.
Wisata Kuliner Solo Serabi Notokusuman. image [source]

Nama Notokusuman sendiri aslinya diambil dari nama jalan tempat warung ini pertama kali berdiri. Dulu jalan yang kini bernama M. Yamin ini memang bernama jalan Notokusuman. Perintis dari kuliner khas solo yang satu ini adalah pasangan suami istri keturunan Cina yang bernama Hoo Geng Hok dan Tan Giok Lan. Awalnya pasangan suami istri ini hanya dimintai tolong untuk membuatkan apem oleh salah satu tetangganya. Karena enak, para tetangga yang lain pun ramai ramai pesan. Pasangan suami istri tersebut pun kemudian merintis usaha serabi Notokusuman ini. karena laku keras, serabi Notokusuman pun di teruskan oleh anak, cucu hingga buyut buyut. Hingga sekarang serabi Notokusuman ini sudah dikelola oleh generasi ke 4. Wow lama banget ya. Tapi jangan khawatir, meskipun sudah beralih pengelola ke 4 generasi yang berbeda, cita rasa serabi Notokusuman masih sama seperti tempo doloe kok. Penyebabnya, bahan bahan yang digunakan tetap diusahakan sama. Serabi Notokusuman diolah secara alami tanpa bahan pengawet. Oleh karena itu serabi ini maksimal hanya tahan selama 1 hari. Tak hanya bahannya saja yang dipertahankan seperti tempo dulu, macam rasanya pun masih sama. Serabi Notokusuman hanya menyediakan 2 macam rasa yaitu coklat dan polos. Ke khasan yang telah terjaga selama berpuluh puluh tahun tetap dijaga keasliannya. Hebat kan?

3. Wisata Kuliner Solo Soto Gading.

Ada ungkapan bijak dalam bahasa jawa yang berbunyi “ ono rego, ono rupo”. Maksud dari ungkapan tersebut adalah, biasanya jika ingin mendapatkan barang dengan kualitas yang bagus, maka duit yang harus di keluarkan juga sepadan banyaknya. Sebagian besar orang akan setuju dengan pendapat ini. Begitu juga untuk masalah soto. Harga menu makanan sejuta umat yang dinamakan soto ini juga bervariasi. Mulai dari 6 ribuan hingga mendekati 30 puluh ribuan di restoran restoran papan atas. Namun khusus untuk kuliner soto ini sepertinya ungkapan “ono rego ono rupo” kurang tepat untuk di terapkan. Pasalnya, untuk mencicipi cita rasa soto yang enak, kita tidak harus bayar mahal lho. Yang perlu kamu lakukan hanyalah pandai pandai memilih tempat makan yang tepat. Wisata kuliner di Solo yang menyajikan menu soto ayam ini sangatlah banyak. namun orang orang yang pernah berwisata kesana rata rata akan merekomendasikan soto gading sebagai pilihan utamanya.
Soto gading ini memang cukup terkenal di solo. Bagaimana tidak, mantan presiden kita SBY pun selalu menyempatkan mampir kesini ketika belau mengadakan kunjungan ke solo.

Wisata Kuliner Solo Soto Gading.
Wisata Kuliner Solo Soto Gading. image [source]

Keunggulan soto gading ini salah satunya, meskipun menjadi pilihan para pejabat, namun harganya tetap melarat. Harganya tidak mencekik. Seporsi soto ayam super lezat saja Cuma dihargai dengan 8 ribu rupiah. jika kamu lagi lagi masih lapar kamu juga bisa menambah menu makan dengan: tempe, tahu, empal, sate uritan, brutu, perkedel, sate kerang, galantin serta jeroan. Harga masing masing item lauk terseput Cuma seribuan. Cita rasa yang disuguhkan oleh soto gading ini sangat nikmat. Kuah sotonya dilengkapi dengan kaldu ayam yang kental. Meskipun kental dan gurih, warna kuahnya tetap bening. Tampa tambahan kecap dan jeruk nipis pun, kuah soto gading ini sudah terasa nikmat. Selain soto dan aneka lauk, tersedia juga berbagai macam minuman pelepas dahaga. Yang paling disukai banyak pengunjung adalah teh panasnya yang disajikan dengan cara sederhana. Wisata kuliner solo soto gading ini dapat kamu temui di jalan Brigjen Sudiarto No 75, Gading solo. Selamat mencoba.

4. Wisata Kuliner Solo Tengkleng Bu Edi.

Jika istri atau pacarmu selalu cemberut, Di telpon di SMS tidak mau membalas, dikirimi bunga juga langsung dicampakkan ke tempat sampah, mungkin sudah waktunya kamu mengajaknya belanja. Salah satu tempat belanja hemat di Solo adalah pasar klewer. Cukup bawa saja istri atau pacarmu tersebut ke pasar klewer. Biarkan sejenak mata mata liarnya melirik ke kanan dan ke kiri, terkesima dengan pesona batik lokal khas solo yang tehampar sejauh mata memandang. Kamu cukup duduk diam di posisi strategis sehingga bisa mengawasi pasanganmu tersebut ketika ia berpindah dari lapak satu ke lapak yang lain. ketika dia lelah, letih, lapar dan dahaga, ia pasti akan datang ke padamu untuk mengajak makan. Saat ketika pasanganmu sudah lapar, adalah saat yang tepat bagimu untuk mengajaknya mencicipi salah satu wisata kuliner solo paling terkenal yaitu tengkleng Bu Edi.

Wisata Kuliner Solo Tengkleng Bu Edi.
Wisata Kuliner Solo Tengkleng Bu Edi. image [source]

Tak perlu berpindah lokasi, tak perlu memindah lokasi parkir dari mobil atau motormu tersebut. Untuk menuju warung tengkleng Bu Edi ini, kamu hanya perlu berjalan. Kuliner tengkleng Bu Edi ini terletak di bawah gapura pasar Klewer. Warung tengkleng yang satu ini selalu ramai. Jangan heran ya kalau setibanya kamu disana ternyata meja meja sudah penuh. Tak perlu juga kamu kemudian terus urung mencicipi kuliner enak disitu. Tetap saja pesan dua porsi tengkleng di warung Bu Edi ini. soal bagaimana makannya, kamu bisa melakukan sambil berdiri, jongkok atau duduk di trotoar. Menghisap, menjilat dan menggerogoti daging kambing yang menempel di tulang sambil jongkok di pinggir jalan? Siapa takut. Warung tengkleng Bu Edi ini selain cita rasanya sudah terbukti juga punya ciri khas lain. nasi serta tengklengnya tidak disajikan dalam piring, namun dalam pincuk pincuk daun pisang. Aroma daun pisang yang setengah layu akibat terkena panas, tentu saja akan memberi aroma dan cita rasa tersendiri. Sesuatu yang tidak bisa kamu dapatkan di restoran restoran bintang lima yang biasa kamu kunjungi. Perut kenyang, istrimu pun senang.

4 tempat wisata kuliner yang sudah kami sajikan di atas, hanyalah sebagian kecil dari kuliner so9lo yang sangat kaya dan beraneka ragam. Buruan coba dan penulis yakin, kamu akan ketagihan untuk menjelajah kuliner solo lebih dalam lagi. Tidak percaya? Coba saja rasakan sendiri ya kelezatanya. Jelajahi jalan demi jalan. Masuki gang demi gang. Dan temukan sendiri tempat wisata kuliner di solo yang cocok dengan lidah dan kantongmu. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *