Sedang memuat Wow Keren, Ternyata 6 Binatang Laut Ini Asli Dari Indonesia

Wow Keren, Ternyata 6 Binatang Laut Ini Asli Dari Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal di kancah dunia karena memiliki banyak kekayaan alam dan panoramanya yang sangat indah, untuk itulah kini Indonesia banyak di pilih para wisatawan asing sebagai salah satu tujuan destinasi wisata dalam menghabiskan masa liburannya. Salah satu yang banyak di tuju oleh para wisatawan adalah dari lingkup wisata bawah airnya yang menyajikan keindahan dari pemandangan terumbu karang.

binatang laut asli indonesia
binatang laut asli indonesia [ image source ]

Di Indonesia, kini banyak sekali bermunculan tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan dari pemandangan terumbu karang. Pasalnya Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, dan di setiap wilayah lautnya terkadung kekayaan alam yang juga meliputi keindahan terumbu karangnya. Ngomongin soal negara yang banyak sekali di kelilingi lautan, tentunya Indonesia tidak hanya terkenal dari terumbu karangnya, melainkan juga terkenal karena keberadaan dari beberapa binatang lautnya, dan berikut ini adalah binatang laut yang merupakan binatang laut asli dari Indonesia.

1. Penyu Hijau

Penyu Hijau
Penyu Hijau [ image source ]

Penyu hijau memiliki nama latin Chenolia mydas, merupakan jenis penyu laut besar yang merupakan binatang endemik asli dari negara Indonesia. Penyu hijau termasuk kedalam kelompok keluarga Cheloniidae yang menjadi satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia yang kebanyakan tinggal di lautan tropis maupun sub tropis terutama pada samudera Atlantik dan Pasifik. Salah satu yang membuatnya di sebut dengan julukan penyu hijau adalah karena warna hijau pada kandungan lemak yang berada di bawah cangkang penyu ini. Kini penyu hijau di kategorikan sebagai binatang laut yang habitatnya mulai punah akibat perburuan liar manusia. penyu ini banyak di buru untuk di ambil cangkangnya yang akan dijadikan sebuah hiasan, sedangkan telurnya di buru karena mengandung protein yang tinggi.

2. Penyu Sisik

Penyu Sisik
Penyu Sisik [ image source ]

Penyu sisik memiliki nama latin Eretmochelys Imbricata, dan keberadaannya kini termasuk kedalam kelompok penyu yang populasinya hampir punah. Penyu sisik adalah penyu yang tergolong dalam keluarga Cheloniidae dan merupakan satu-satunya spesies penyu dalam genusnya. Salah satu yang membedakan penyu sisik dengan penyu lainnya adalah dapat dilihat dari bagian bibir atasnya yang melengkung dan menonjol serta bagian tepi cangkangnya memiliki bentuk seperti gergaji. Salah satu yang unik dari penyu lainnya adalah, cangkangnya dapat berubah warna tergantung dengan kondisi temperatur air dimana penyu ini berada. Penyu sisik adalah merupakan penyu yang paruh waktu dalam hidupnya hanya di habiskan untuk hidup di samudera terbuka seperti samudera Atlantik dan Pasifik.

3. Penyu Belimbing

Penyu Belimbing
Penyu Belimbing [ image source ]

Penyu belimbing memiliki nama latin Dermochelys coriacea yang termasuk kedalam jenis penyu raksasa dari suku Dermochelys yang masih bertahan hidup hingga sekarang. Penyu ini adalah merupakan spesies penyu terbesar di dunia, bahkan penyu ini termasuk kedalam reptil terbesar ke empat setelah sebelumnya berada di bawah urutan tiga jenis buaya terbesar. Tubuhnya mampu tumbuh hingga mencapai berat 700 Kg yang panjangnya bisa mencapai 3 m. Penyu belimbing ini secara fisiknya memiliki tempurung berbentuk menyerupai buah belimbing, dengan corak warna hitam putih kecoklatan. Anehnya tempurung yang di miliki oleh penyu belimbing ini ternyata tidak sama seperti penyu lainnya yang dilapisi tulang, tempurung penyu belimbing ini hanya di lapisi kulit dan daing berlemak. Perbedaan dari penyu belimbing betina dan jantan adalah postur tubuh betina lebih menggelembung ketimbang tubuh jantan yang lebih pipih.

4. Banggai Cardinal Fish

Banggai Cardinal Fish
Banggai Cardinal Fish [ image source ]

Ikan Cardinal Fish atau sering di sebut dengan Pterapogon kauderni adalah merupakan ikan laut yang termasuk dalam keluarga Apogonidae dan merupakan satu-satunya ikan dari genus Pterapogon. Salah satu yang menarik dari ikan ini adalah sangat populer di kalangan pecinta aquarium laut. Meskipun spesies ini sudah dapat di tangkarkan, pada faktanya di alam liar ikan ini banyak di buru sehingga habitatnya di alam liar kini semakin terancam punah. Banggai cardinal fish ini dapat tumbuh mencapai ukuran hingga 8 cm, dengan warna hitam abu-abu yang di sertai corak bintik-bintik putih. Perbedaan antara jantan dan betina adalah terletak pada betina bagian mulutnya yang lebih terlihat mencolok dan membesar ketimbang mulut sang jantan.

5. Hiu Berjalan

Hiu Berjalan
Hiu Berjalan [ image source ]

Dilaut mungkin memang banyak sekali keberadaan dari jenis hiu yang sangat beragam, dan salah satunya adalah hiu berjalan yang asli merupakan endemik Indonesia. Hiu berjalan memiliki nama latin Hemyscyllium Halmahera yang dimana merupakan dari spesies hiu bambu yang di temukan di wilayah dekat dengan pulau Halmahera, Maluku. Secara bentuk fisiknya, hiu ini hampir sama dengan hiu Hemyscilliun Galei yang banyak di temukan di laut Papua Barat. Salah satu yang menyebabkan hiu ini dinamakan dengan hiu berjalan adalah karena, memang sejatinya hiu ini bergerak di dasar laut dengan menggunakan sirip depan dan belakangnya. Umumnya hiu berjalan ini ditemukan dengan corak kulit berwarna coklat dengan bintik putih.

6. Ikan Raja Laut

Ikan Raja Laut
Ikan Raja Laut [ image source ]

Ikan raja laut atau Cloelacanth indonesia ini memiliki nama latin Latimeria Menadoensis yang termasuk kedalam ikan laut purba. Ikan raja laut ini memiliki warna tubuh dengan sisik berwarna coklat , dan menjadi salah satu ikan yang di kategorikan kedalam ikan langka lantaran spesies lainnya dari ikan ini sudah punah sejak zaman purbakala. Tidak hanya menyabet gelar langka, ikan raja laut ini juga menjadi salah satu ikan yang habitatnya terancam mengalami kepunahan. Ikan raja laut ini hanya bisa di temukan di perairan laut Sulawesi dan utamanya pada sekitaran Pulau Manado. Ikan raja laut ini mampu hidup di laut pedalaman hingga kedalaman 180 meter lebih dengan suhu maksimal 18 derajat celcius. Setidaknya Indonesia telah mengawetkan jenis ikan ini untuk di simpan di museum pada peti sebuah kaca. Jika kamu lagi berkunjung ke sea world atau museum biologi LIPI Cibinong, maka pastikan jangan sampai kelewatan melihat ikan purba dari ikan raja laut yang telah di awetkan.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa jenis binatang laut yang merupakan binatang endemik Indonesia. Terlebih dari status mereka yang semakin langka, yuk jangan lupa kita selalu menjaga kelestariannya agar dapat di lihat langsung juga oleh anak cucu kita nantinya, Stop penangkapan dan perburuan liar atas mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *