Stroke adalah salah satu jenis momok penyakit yang keberadaannya sangat ditakuti oleh banyak orang. Salah satu alasannya adalah karena selain stroke dapat menyebabkan penderitanya menjadi lumpuh, stroke juga dianggap sebagai penyakit yang suka menyerang secara mendadak tanpa kompromi dengan tidak mengenal golongan usia. Bicara mengenai penyakit ini, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya yaitu faktor genetik, faktor umur, serta karena faktor memiliki riwayat penyakit penunjang terjadinya stroke seperti darah tinggi, diabetes, obesitas dan yang lainnya.

Gejala Stroke Ringan

Gejala Stroke Ringan [ image source ]

Nah, meski stroke sering datang dan menyerang secara tiba-tiba, gejala datangnya penyakit stroke ternyata dapat ditdeteksi sejak awal oleh para penderitanya loh. Seperti halnya berikut ini yang disebut-sebut sebagai tanda awal dari gejala stroke yang jangan sampai kamu abaikan begitu saja. Buat kamu yang penasaran apa saja gejalanya, langsung saja yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Sering Merasa Lemah Dan Kesemutan Pada Beberapa Bagian Tubuh

Sering Merasa Kesemutan

Sering Merasa Kesemutan [ image source ]

Jika beberapa bagian tubuhmu seperti kaki, tangan, hingga wajah mulai sering merasa lemah, mati rasa atau kesemutan tanpa adanya sebab akibat. Bisa jadi itu adalah merupakan awal dari tanda-tanda atau gejala stroke sudah mulai menyerang tubuh. Semua itu biasanya disebabkan karena aliran peredaran darah sedang terhambat.

2. Penglihatan Mendadak Menjadi Sering Kabur

Penglihatan Mendadak Kabur

Penglihatan Mendadak Kabur [ image source ]

Ada banyak hal yang dapat menyebakan mata menjadi kabur atau buram. Salah satu diantaranya adalah saat karena gejala awal penyakit stroke yang sudah mulai menyerang tubuh. Menurunnya kerja sensor motorik yang menjadi tanda dari gejala stroke ini tidak selalu terjadi pada kedua mata, tapi juga bisa terjadi pada satu bagian mata saja.

3. Mulai Sulit Untuk Berbicara Atau Menjadi Cadel

Mulai Sulit Untuk Berbicara Atau Menjadi Cadel

Mulai Sulit Untuk Berbicara Atau Menjadi Cadel [ image source ]

Tanda lainnya selain pandangan mata yang mendadak menjadi kabur atau rabun adalah kemampuan berkomunikasi mulai menurun. Biasanya gejala ini ditunjukkan saat seseorang mulai sulit untuk mengucapkan kata secara jelas atau menjadi cadel saat sedang berbicara. Nah biasanya orang yang sudah seperti ini akan sering kehilangan fokus, atau tidak nyambung saat sedang berkomunikasi.

4. Bagian Kepala Mendadak Sakit Yang Tak Tertahankan

Bagian Kepala Mendadak Sakit Yang tak Tertahankan

Bagian Kepala Mendadak Sakit Yang tak Tertahankan [ image source ]

Nah buat yang sering banget sakit kepala mulai harus waspada karena sakit kepala juga bisa menjadi salah satu tanda dari gejala stroke yang mulai menyerang. Peningkatan tekanan pada bagian otak akan menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan. Efeknya akan berimbas menyebabkan kelumpuhan otak dan menyebabkan stroke secara mendadak.

5. Mulai Sering Kehilangan Kesadaran dan Keseimbangan

Mulai Sering Kehilangan Kesadaran dan Keseimbangan

Mulai Sering Kehilangan Kesadaran dan Keseimbangan [ image source ]

Tanda terakhir yang juga sering diindikasikan sebagai gejala dari penyakit stroke adalah ketika kamu sering mengalami kehilangan kesadaran dan keseimbangan tubuh. Gejala ini bisa diakibatkan karena bagian otak sudah mulai terganggu kinerjanya. Biasanya kalau sudah mengalami tanda ini, orang akan jadi gampang bingung bahkan sering jatuh tanpa ada penyebabnya.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa gejala dari tanda gejala stroke yang jangan kamu sepelekan. Nah buat kamu yang mulai sering mengalami tanda gejala tersebut, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan di waktu yang akan datang.

No more articles