Menikah adalah merupakan cita-cita yang di inginkan oleh hampir semua pasangan yang ada di dunia. Pasalnya dengan menikah, hubungan yang akan berlangsung lebih diakui oleh banyak orang dengan status yang sah sebagai suami istri. Namun soal menikah, terntu setiap orang memiliki rencananya masing-masing tentang kapan akan melangsungkannya. Seperti halnya orang yang ingin menunda untuk merencanakan menikah karena ingin bisa sukses dibidang karirnya terlebih dahulu, hingga orang yang sudah siap menikah meski sama sekali belum mapan dalam ekonomi dan yang lainnya.

Poin Penting Saat Menikah Muda

Poin Penting Saat Menikah Muda [ image source ]

Menikah itu adalah pilihan yang bebas dipilih oleh semua orang, termasuk dengan menikah pada waktu usia masih muda. Nah membahas tentang menikah di usia muda, berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus diketahui saat kamu memiliki rencana untuk memilih menikah di usia muda.

1. Menikah Itu Indah, Tapi Menjalaninya Nggak Semudah Yang Dibayangkan

Menikah Muda Nggak Seindah Yang Dibayangkan

Menikah Muda Nggak Seindah Yang Dibayangkan [ image source ]

Melihat artis menikah tentu sepertinya sangat indah untuk dijalani, tapi percayalah bahwa menikah itu tidak semudah seperti yang sering kamu lihat di layar televisi. Apalagi saat kamu memilih menikah mudah, kondisi mentalmu yang tergolong belum stabil bisa jadi justru akan memunculkan banyak masalah saat mengarungi kehidupan berumahtangga bersama pasangan. Namun menikah muda bukan berarti akan selalu berujung kepada kehancuran. Yang jelas saat kamu memutuskan untuk menikah muda kamu juga harus siap untuk berusaha saling mengerti karena menjalaninya tidak seindah yang dibayangkan.

2. Secara Ilmiah Orang Yang Memilih Menikah Muda Akan Lebih Merasa Bahagia

Menikah Muda Itu Lebih Bahagia

Menikah Muda Itu Lebih Bahagia [ image source ]

Meski diindikasikan akan menemukan banyak masalah yang akan dihadapi, menikah di waktu muda ternyata akan membuat pelakunya lebih merasakan bahagia ketimbang orang yang memilih untuk menunda pernikahannya. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa orang yang berusia muda sekitar 20 hingga 28 tahun lebih merasa puas dalam menjalani kehidupan bersama pasangannya. Bahkan dalam penelitian yang sama disebutkan, pihak wanita akan lebih merasa bahagia saat diusia mudanya sudah bisa memperoleh status sah menjadi istri dari laki-laki yang dicintainya.

3. Memiliki Waktu Yang Lebih Panjang Untuk Menabung Guna Masa Depan Keluarga

Memiliki Banyak Waktu Dalam Menyusun Masa Depan

Memiliki Banyak Waktu Dalam Menyusun Masa Depan [ image source ]

Bagaimanapun juga dalam menjalani kehidupan berumah tangga pasti juga membutuhkan yang namanya uang. Nah keuntungannya bagi orang-orang yang menikah muda adalah mereka bisa lebih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan segalanya. Seperti halnya mempersiapkan tabungan yang akan digunakan untuk kebutuhan keluarga dimasa depannya. Selain itu, ketika masih muda seseorang juga masih memiliki semangat dan tenaga yang ekstra dalam mencukupi kebutuhan ekonomi. Berbeda dengan orang yang menikah di usia tua, yang secara fisik sendiri mungkin sudah mulai berkurang.

4. Potensi Untuk Belajar Saling Menghargai Dan Bertanggung Jawab Menjadi Lebih Lama

Punya Banyak Waktu Untuk Saling Mengerti

Punya Banyak Waktu Untuk Saling Mengerti [ image source ]

Meski menikah muda disebut-sebut rentan terjadi keributan karena dipandang emosi yang dimiliki belum cukup labil. Namun bagi pasangan yang menikah muda karena saling cinta justru menganggap bahwa menikah muda akan menghadirkan banyak momen berharga yang tidak akan didapat oleh orang yang menikah di usia tua. Intinya dengan memilih menikah muda menjadikan pasangan memiliki banyak waktu untuk berusaha belajar bertanggung jawab terhadap apa yang sudah menjadi kewajibannya. Cepat atau lambat, hal tersebutlah yang justru akan menjadikan pasangan menjadi lebih dewasa dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

5. Sekalipun Gagal, Kamu Lebih Memiliki Banyak Pengalaman Untuk Membenahi Kedepannya

Saat Gagal Kamu Memiliki Banyak Pengalaman

Saat Gagal Kamu Memiliki Banyak Pengalaman [ image source ]

Pastinya semua orang memiliki harapan bahwa hubungan pernikahan yang ia jalani akan berlansung hingga maut menjemput. Namun untuk masalah ini tentu tidak ada yang bisa menebak apakah setiap hubungan bisa bertahan dengan waktu yang lama. Nah keuntungan bagi kamu yang memilih menikah muda adalah sekalipun kamu gagal dalam membina rumah tangga bersama pasanganmu, kamu lebih memiliki banyak peluang mencari pengganti karena usiamu juga masih tergolong muda. Selain itu kamu juga pasti banyak pengalaman untuk memperbaikinya di hubungan yang akan kamu jalin berikutnya.

No more articles