Jengkol sering kali dipandang sebagai bahan pangan yang dihindari oleh banyak orang karena efek bau yang dihasilkan setelah mengkonsumsinya. Padahal jika diolah secara baik dan benar, jengkol akan menjadi makanan yang sangat nikmat dan lezat. Namun meski stigma jengkol dianggap sebagai makanan kampung, jengkol ternyata jsutru digemari oleh sebagian orang dari mancanegara karena berbagai macam khasiatnya. Bahkan beberapa orang justru menjadikan jengkol sebagai bahan untuk menciptakan kerasi kuliner unik. Nah berikut ini adalah 5 ide gila kreasi kuliner jengkol unik yang bisa kamu coba bikin dirumah.

1. Jengkol Bulgogi

Jengkol Bulgogi

Jengkol Bulgogi [ image source ]

Jika kamu penggemar masakan Korea, kamu juga bisa loh cobain jengkol bulgogi yang kelezatannya nggak kalah nikmatnya dengan dagingnya. Ketika mempresto daging, jangan lupa tambahkan jengkol yang sudah dicampur dan rendam bersamaan dengan bumbu bulgogi. Setelah itu lalu dipanggang bersama bawang putih dan nikmatilah sensasi jengkol bulgogi ciptaanmu.

2. Steak Jengkol

Steak Jengkol

Steak Jengkol [ image source ]

Nah buat kamu yang sedang ingin makan steak tapi lagi diet daging, nggak ada salahnya juga loh kamu membuat steak anti gemuk berbahan dasar jengkol dirumah. Kamu bisa menggunakan 100 persen jengkol atau hanya menjadikan jengkol sebagai bahan campurannya. Yang jelas steak jengkol sangat aman dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet daging.

3. Burger Jengkol

Burger Jengkol

Burger Jengkol [ image source ]

Nggak hanya bisa dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat steak, tapi juga dapat juga diaplikasikan untuk bahan pembuatan patty pada burger. Cara pembuatannya pun tidaklah berbeda jauh dari pembuatan steak jengkol. Yaitu bisa mengaplikasikan jengkol sebagai bahan murni atau untuk bahan campuran dalam adonan patty burger saja.

4. Pasta Jengkol

Pasta Jengkol

Pasta Jengkol [ image source ]

Dari sekian menu olahan lainnya, menu pasta jengkol termasuk sebagai makanan yang paling mudah untuk dibuat. Caranya pun cukup mudah dibuat karena jengkol hanya diaplikasikan kedalam saos pasta yang akan dimasak. Pokoknya dijamin, perpaduan jengkol dengan saos pasta akan memberikan sensasi kenikmatan tersendiri yang nendang di lidah.

5. Nugget Jengkol

Nugget Jengkol

Nugget Jengkol [ image source ]

Jika kamu sudah terbiasa makan nugget yang terbuat dari daging ayam atau sapi, coba deh buat nugget berbahan dasar campuran jengkol atau murni dari jengkol. Membuatnya pun tidaklah sulit, cukup haluskan jengkol yang sudah direbus dan masukkan kedalam adonan nugget. Cetak nugget dan lumpuri dengan tepung panir lalu goreng hingga kuning kecoklatan.

No more articles