Menjaga kesehatan tubuh adalah menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh semua orang. Pasalnya dengan kondisi tubuh yang sehat, menjalankan berbagai macam aktivitas pun tidak akan ada banyak kendala. Untuk bisa menjaga kesehatan tubuh pun tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, yaitu menjaga asupan nutrisi dengan baik hingga rutin melakukan olahraga serta menjaga kebersihan lingkungan. Namun dibalik itu semua, kebiasaan menjaga kesehatan seperti ini ternyata malah justru bisa berdampak buruk bagi ksehatan seseorang. Nah berikut ini adalah kebiasaan yang trenyata bisa memperburuk kesehatan tubuh.

1. Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer

Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer

Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer [ image source ]

Hand sanitizer adalah merupakan cairan pencuci tangan praktis yang dapat digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri pada bagian tangan. Namun tahukah kamu bahwa menggunakan handsantizer terlalu sering ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Salah satunya adalah kandungan senyawa yang ada pada hand sanitizer dapat beresiko meningkatkan resistensi bakteri, mempengaruhi hormon, serta membuat kulit menjadi kering.

2. Terlalu Sering Pakai Pembersih Kewanitaan

Terlalu Sering Pakai Pembersih Kewanitaan

Terlalu Sering Pakai Pembersih Kewanitaan [ image source ]

Merawat dan menjaga kebersihan bagian dari organ kewanitaan adalah mutlak hukumnya bagi kaum perempuan. Namun yang perlu kamu ketahui, membersihkan bagian kewanitaan terlalu sering menggunakan produk pembersih kewanitaan kimia ternyata tidaklah baik untuk organ tersebut. Pasalnya saat menggunakan sabun kewanitaan, zat kimi yang terkandung dapat mengganggu keseimbangan PH dan membunuh koloni bakteri baik yang ada di dalamnya.

3. Langsung Sikat Gigi Setelah Makan

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan [ image source ]

Gigi juga merupakan bagian dari tubuh yang tidak pernah luput dibersihkan setiap harinya. Namun perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan langsung menggosok gigi setelah makan ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya ketika makanan masuk kedalam mulut dan terlumat bercampur dengan air liur akan menghasilkan asam yang dapat menguatkan email gigi. dampak buruknya jika langsung dibersihkan akan membuat gigi jadi mudah sensitif.

4. Bersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Bersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Bersihkan Telinga Dengan Cotton Bud [ image source ]

Membersikan telinga juga sudah menjadi kebiasaan yang sepertinya sulit untuk dihindarkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. namun perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan tersebut ternyata adalah hal yang keliru karena saat membersihkan telinga dengan cotton bud ternyata justru dapat beresiko mendorong kembali kotoran masuk kedalam. Semakin banyak kotoran yang terdorong kedalam, maka semakin berpeluang besar menyumbat lubang telinga bagian dalam.

5. Berendam Dengan Air Panas Terlalu Lama

Berendam Dengan Air Panas Terlalu Lama

Berendam Dengan Air Panas Terlalu Lama [ image source ]

Mandi menggunakan air hangat memang dapat melemaskan seluruh otot tubuh yang mengalami tegang akibat capek. Namun terlalu lama mandi dengan air panas juga tidak baik karena dapat merontokkan minyak alami ada di permukaan kulit. Efek terburuknya adalah kulit akan menjadi kering dan rentan mengalami iritasi. Nah tips cara mandi dengan air panas yang benar adalah pada suhu 41-42 derajat celcius selama-lamanya adalah 10 menit.

No more articles