Mengalami kondisi tubuh lemas saat berpuasa mungkin adalah salah satu keluhan yang umum dialami oleh banyak orang. Penyebabnya tentu tidak lain adalah karena saat berpuasa tubuh tidak mendapatkan sumber asupan nutrisi untuk diolah menjadi sumber energi. Oleh sebab itulah, melakukan santap sahur bagi orang berpuasa sangatlah dianjurkan untuk memberi cadangan tenaga saat sedang berpuasa.

Lemas Saat Berpuasa

Lemas Saat Berpuasa [ image source ]

Membahas tentang lemas saat berpuasa mungkin setiap orang akan mengalami tingkat kondisi lemas yang berbeda-beda. Bahkan sebagian orang yang ikut berpuasa mungkin tidak mengalaminya kondisi tersebut. Namun bagi kamu yang mengalami kondisi lemas saat berpuasa padahal sudah melakukan sahur, mungkin kamu harus perhatikan juga 5 Hal Salah Saat Sahur Yang Dapat Menjadi Penyebab Tubuh Menjadi Lemas Saat Sedang Berpuasa ini.

1. Menyepelekan Sahur

Menyepelekan Makan Sahur

Menyepelekan Makan Sahur [ image source ]

Meski makan sahur boleh tidak dilakukan oleh orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa, namun bukan berarti kamu boleh serta merta mengabaikannya. Selain karena terdapat keberkahan di dalamnya, makan sahur juga menjadi salah satu pemasukan sumber energi bagi tubuh untuk bekal berpuasa. Nah buat kalian yang sering menyepelekan sahur hanya dengan memilih untuk minum saja tanpa harus makan atau bahkan tidak sama sekali sahur. Maka jangan kaget ya jika saat berpuasa kamu akan lebih merasakan lemas ketimbang orang-orang yang sahur dengan makan dan minum.

2. Kebanyakan Makan

Kebanyakan Makan

Kebanyakan Makan [ image source ]

Makan sahur adalah merupakan bekal sumber energi bagi orang yang akan melakukan ibadah berpuasa. Oleh sebab itulah, meski tidak dilarang untuk tidak dilakukan orang yang akan berpuasa harus sahur jika tidak ingin mengalami kondisi lemas saat berpuasa. Namun tahukah kamu bahwa terlalu banyak atau berlebihan saat makan saat sahur ternyata justru juga menjadi salah satu penyebab yang dapat membuat tubuh menjadi lemas. Salah satu alasannya adalah karena terlalu banyak makan saat sahur akan membebani kerja dari organ pencernaan sehingga tubuh harus mengeluarkan banyak energi untuk mengolah asupan yang masuk kedalam tubuh.

3. Langsung Tidur Saat Setelah Sahur

Langsung Tidur Saat Setelah Sahur

Langsung Tidur Saat Setelah Sahur [ image source ]

Tidur sendiri dipercaya sebagai salah satu bekal untuk merecovery energi tubuh yang terbuang dari aktivitas-aktivitas sebelumnya. Namun bagi kamu yang tidak susah bangun untuk melakukan sahur, cobalah untuk tidak langsung melanjutkan kembali aktivitas tidurmu setelahnya. Pasalnya melanjutkan aktivitas tidur setelah makan sahur ternyata dapat memicu produksi asam lambung secara berlebih yang tentu nanti kedepannya akan berpengaruh besar saat sedang menjalankan puasa. Jika memang ingin melanjutkan tidur, waktu yang ideal adalah 2 jam setelah kamu sahur.

4. Terlalu Banyak Minum Teh

Terlalu Banyak Minum Teh

Terlalu Banyak Minum Teh [ image source ]

Memang tidak ada larangan untuk mengkonsumsi teh saat menjalankan aktivitas sahur. Namun terlalu banyak meminum teh ternyata tidak kurang baik bagi orang-orang yang menjalankan ibadah puasa. Salah satu penyebabnya adalah karena teh mengandung kafein yang bersifat diuretik atau kafdein yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil orang yang meminumnya. Jika sudah mengalami hal semacam itu, maka otomatis sumber cadangan cairan dalam tubuh akan berkurang dan otomatis tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas.

5. Terlalu Banyak Minun Air Putih

Terlalu Banyak Minun Air Putih

Terlalu Banyak Minun Air Putih [ image source ]

Hal yang paling sering dilakukan orang saat mendekati waktu imsak adalah mencoba meminum banyak air putih agar saat berpuasa nanti tidak merasa kehausan. Secara faktanya minum memang merupakan hal yang dapat mencukupi kebutuhan sumber cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tahukah kamu bahwa banyak minum air putih menjelang waktu imsak ternyata justru dapat membuat masalah bagi orang yang akan berpuasa. Hampir tidak berbeda dengan efek yang ditimbulkan dari kebanyakan makan saat sahur, banyak minum air putih juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

No more articles