Bagi para pecinta petai dan jengkol, rasanya yang lezat tidak mengurangi citarasa dari pandangan negatif tentang petai dan jengkol. Pasalnya sebagian orang Indonesia banyak yang tidak suka dengan petai dan jengkol karena dianggap dapat memberikan efek bau yang kurang sedap bagi mulut, keringat hingga air kencing. Namun tahukah kamu bahwa ternyata dibelahan dunia lain ada beberapa jenis makanan yang ternyata baunya lebih menyengat dari petai dan jengkol tapi justru disukai oleh banyak orang.

Makanan Yang Bikin Mual

Makanan Yang Bikin Mual [ image source ]

Nah berikut ini adalah beberapa kumpulan tentang makanan yang disebut paling bau di dunia tapi justru menjadi makanan favorit bagi banyak orang di luar sana. Seperti apa bentuk dan apa makanan tersebut, langung saja yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Stinky Tofu

Stinky Tofu

Stinky Tofu [ image source ]

Stinky Tofu adalah merupakan jenis makanan yang sangat populer di negeri Hongkong dan Taiwan. Makan ini dibuat dari bahan tahu segar yang kemudian direndam di larutan bumbu berisi susu frementasi, cacahan daging, sayuran dan garam. Menurut pengakuan beberapa orang yang pernah mencicipinya, bau dari Stinky Tofu mirip seperti sampah organik. Namun yang jelas semakin bau aroma Stinky Tofu, maka semakin pula makanan ini disukai.

2. Surstromming

Surstroming

Surstromming [ image source ]

Secara tampilan Surstromming mirip dengan menu olahan makanan sarden pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah baunya yang begitu menyengat bahkan bisa tercium hinga radius puluhan meter. Meskipun baunya begitu menyengat, Surstromming justru sangat digemai oleh masyarakat di kawasan Nordik. Secara garis besar, rasa dari fermentasi ikan herring ini seperti ada aroma campuran telur busuk, cuka, dan mentega tengik.

3. Rakfisk

Rakfisk

Rakfisk [ image source ]

Rakfisk adalah makanan sejenis dengan bau menyengat mirip seperti Surstroming. Yang beda hanyalah tampilan Rakfisk yang lebih sedikit terlihat menarik hampir menyerupai sashimi khas Jepang. Rakfisk dibuat dari ikan segar yang difermentasikan selama kurang lebih dua hingga tiga bulan. Pada proses fermentasi inilah daging ikan akan mengeluarkan cairan yang baunya busuk. Meski berbau tidak sedap, rakfisk adalah menu paling favorit bagi masyarakat Norwegia.

4. Hakari

Hakari

Hakari [ image source ]

Makanan yang sangat bau berikutnya adalah Hakari yang merupakan jenis makanan yang lezat kesukaan masyarakat Irlandia. Kabarnya pembuatan Hakari ini dipicu lantaran susahnya mencari daging ikan hiu bagi masyarakat Irlandia. Oleh sebab itulah, sekali mendapatkan ikan hiu, masyarakat Irlandia lebih memilih untuk mengawetkannya. Keunikan yang ada pada Hakari ini adalah dagingnya yang baunya sangat pesing.

5. Epoisses de Bourgogne

Epoisses de Bourgogne

Epoisses de Bourgogne [ image source ]

Keju adalah merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang. jenis keju pun ada banyak sekali macamnya. Seperti halnya dengan keju yang disebut sebagai keju paling bau di dunia ini yaitu keju Epoisses De Bourgogne. Meski terbilang keju paling bau, Epoisses De Bourgogne ternyata dinobatkan sebagai rajanya keju. Meski keju ini dapat membuat orang yang belum pernah mencicipinya menjadi pusing, mual dan muntah. Di Perancis keju ini sangat difavoritkan oleh banyak orang.

No more articles