Sedang memuat 5 Makanan Asli Indonesia Ini Sepertinya Nggak Bakal Diklaim Dan Diaku Negara Lain

5 Makanan Asli Indonesia Ini Sepertinya Nggak Bakal Diklaim Dan Diaku Negara Lain

Setuju kan kalau negara Indonesia itu memiliki banyak sekali kekayaan alamnya yang tidak terbatas, termasuk juga dengan budayanya. Mungkin hal tersebutlah yang kerap membuat negara lain menjadi iri lantas mengklaim sebagian apa yang sejatinya adalah milik Indonesia. Seperti contoh dimana batik, keris, tarian adat, dan masih banyak lagi lainnya pernah diklaim oleh negara tetangga sebagai salah satu warisan budaya mereka lantaran hanya ingin terlihat kaya dimata dunia. Seperti nggak punya etika, tapi memang seperti itu kenyataannya bahwa sejatinya banyak yang iri dengan apa yang dimiliki oleh Indonesia. Segala sesuatu miliki Indonesia yang telah diklaim oleh negara lain mungkin banyak jumlahnya, tapi sepertinya tidak untuk beberapa makanan khas Indonesia ini yang nggak mungkin bakal di klaim oleh negara lain. Penasaran apa saja jenis makanan tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Rawon

rawon
rawon [ image source ]

Jenis makanan yang memiliki kuah butek alias berwarna coklat kehitaman ini ternyata merupakan jenis makanan yang banyak di sukai orang hampir diseluruh daerah di Indonesia. Alasan mengapa rawon termasuk kedalam salah satu makanan yang nggak bakal di klaim oleh negara lain adalah karena bumbu utama dari pembuatan rawon yang terkenal dengan nama kluwek ini hanya dapat ditemukan di Indonesia. Misalpun ada orang yang memasak rawon di luar Indonesia, itupun pasti bahan-bahannya berasal dari Indonesia. Nah bagaimana mau klaim itu makanan negara lain jika mereka saja ngga punya bumbu utamanya tersebut.

2. Rendang

rendang
rendang [ image source ]

Bukan merupakan isapan jempol belaka jika makanan yang bernama rendang ini ternyata telah mendunia kelezatannya. Meskipun bahan bakunya adalah menggunakan daging yang bisa di dapat di seluruh negara di dunia, namun untuk mengklaim rendang sebagai salah satu makanan khas negara lain sepertinya sulit dilakukan. Semua itu karena rendang harus dibuat dengan komposisi bumbu yang sangat rumit, termasuk dengan cara masaknya pun nggak bisa sembarangan. Jika ada orang asing yang bisa memasak rendang pun itu pasti karena telah berguru sama orang Indonesia. Jadi sangat mustahil jikalau negara lain akan mengklaim rendang sebagai salah satu makanan khas negara mereka.

3. Gado-Gado

Gado-Gado
Gado-Gado [ image source ]

Perpaduan antara bumbu kacang dan sayur serta lontong atau kupat pada gado-gado memang menjadikan makanan yang satu ini terlihat sangat istimewa keleszatannya. Nggak hanya terkenal sebagai salah satu makanan terlezat di Indonesia, melainkan kelezatannya sudah dikenal oleh banyak negara lain sekalipun sering dianggap sebagai salah satu satu menu yang terlihat aneh untuk di hidangkan. Oleh sebab itulah alasan mengapa gado-gado sepertinya bakal mustahil di klaim oleh negara lain lantaran cara penyajiannya yang nggak sepadan dengan gaya hidup penyajian makanan di negara lain.

4. Jenang Dodol

jenang dodol
jenang dodol [ image source ]

Jenang dodol mungkin adalah salah satu jenis makanan jadul, tapi keberadaannya keberadaannya hingga kini masih banyak digemari. Bahkan dodol yang dulu hanya tersedia satu varian rasa, kini sudah banyak jenis dodol dengan beraneka macam rasa dari mulai durian, keju, coklat, strawberi dan yang lainnya. Bentuknya memang tidak begitu istimewa, namun semua itu harus dibuat dengan penuh perjuangan yang dimana pembuat harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengaduk adonan saat membuat dodol. Inilah alasan mengapa sepertinya dodol mustahil diklaim oleh negara lain lantaran proses pembuatannya yang begitu rumit untuk ukuran makanan di negeri lain.

5. Gudeg

gudeg
gudeg [ image source ]

Meski jenis makanan ini sudah ada sejak sebelum zaman penjajahan dulu, namun gudeg tetap menjadi makanan yang banyak difavoritkan oleh para pecintanya. Perpaduan rasa antara manis, gurih, dan pedasnya memang menjadikannya terlihat istimewa bagi orang Indonesia maupun orang mancanegara. Salah satu alasan mengapa gudeg nggak mungkin bakal di klaim menjadi salah satu makanan khas negara lain adalah karena gudeg harus dibuat dengan nangka muda. Dan hanya orang Indonesialah satu-satunya orang dimuka bumi yang mau mengolah nangka muda menjadi makanan selezat gudeg. Lagian jika ada yang mengklaim sepertinya itu hanya kurang kerjaan, karena makanan ini sudah terkenal di mata dunia sejak dulu menjadi salah satu makanan Indonesia yang melegenda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *