Setiap orang pasti pernah mengalami rasa kantuk dengan berbagai macam alasan. Namun yang paling sering membuat seseorang merasa ngantuk adalah karena tubuh butuh melakukan istirahat setelah lelah beraktivitas. Nah biasanya, kebanyakan orang memilih menggunakan kopi sebagai salah satu sarana penghilang rasa kantuk. Caranya pun cukup terbilang simple yaitu hanya membuatnya menjadi minuman.

Makanan Penghilang Rasa Kantuk

Makanan Penghilang Rasa Kantuk [ image source ]

Fakta meminum kopi sebagai penghilang rasa kantuk memang sudah banyak terbukti dialami oleh banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa nggak hanya kopi saja loh yang hanya dapat digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk. Seperti halnya dengan beberapa makanan berikut ini yang ternyata juga dipercaya dapat membantu mengatasi rasa kantuk. Pokoknya buat yang nggak suka dengan kopi, makanan ini cocok banget kamu konsumsi sebagai pengganti kopi.

1. Kacang Polong Wasabi

Kacang Polong Wasabi

Kacang Polong Wasabi [ image source ]

Kam upasti nggak percaya bahwa cemilan yang rasanya lezat dan juga pedas ini ternyata dapat membantu mengatasi rasa kantuk. Bentuknya memang mirip dengan kacang polong tepung biasa pada umumnya. yang beda hanyalah tepung tersebut adalah wasabi yang memiliki karakter pedas saat dikonsumsi. Perpaduan dari kandungan yang ada di kacang polong yang dapat meminimalisir rasa kantuk serta rasa pedas dari wasabi dijamin dapat membantumu melek kembali saat sudah merasa mengantuk.

2. Daging Asap

Daging Asap

Daging Asap [ image source ]

Mengkonsumsi makanan berat seperti daging, nasi dan yang lainnya disebut dapat membuat seseorang menjadi ngantuk. Pasalnya dalam proses mencerna makana organ pencernaan membutuhkan tenaga ekstra untuk mengolahnya menjadi sumber tenaga. namun berbeda jika kamu mengkonsumsi daging asap yang mengandung asam tyramin tinggi. asam tyramin adalah kandungan yang dapat menghasilkan zat norepenephiren yang mampu membuat kerja otak semakin menigkat.

3. Es Krim

Es Krim

Es Krim [ image source ]

Semua orang pasti kenal dengan makanan dingin yang satu ini. Ya, es krim adalah makanan yang disukai oleh hampir semua kalangan umur baik muda ataupun tua. namun tahukah kamu bahwa selain nikmat disantap saat cuaca terik, es krim juga dapat digunakan sebagai pengganti kopi untuk penghilang rasa kantuk. pasalnya rasa sensasi dingin dan kandungan kafein yang ada di dalam es krim bisa membangkitkan gairah saat sedang merasakan kantuk.

4. Coklat Hitam

Coklat Hitam

Coklat Hitam [ image source ]

Secara teknis perbedaan antara kopi dan coklat hitam mungkin hanya berada di bentuk dan rasanya saja. Namun soal jumlah kandungan kafeinnya, coklat hitam ternyata juga nggak kalah banyak mengandung kafein seperti yang terkandung dalam kopi. Setiap coklat hitam mengandung kandungan kafein yang berbeda beda tentunya. Namun yang jelas, semakin tinggi kadar kakao atau biji coklat dalam pembuatan cokelat hitam. Maka semakin tinggi pula kadar kafein yang ada di dalam cokelat hitam tersebut.

5. Permen Karet

Permen Karet

Permen Karet [ image source ]

Makanan terakhir selain kopi yang dapat membantu menghilangkan rasa kantuk adalah permen karet. Akan tetapi untuk yang satu ini bukan untuk benar-benar dimakan ya! Melainkan hanya untuk dikunyah-kunyah saja. Menurut sebuah penelitian, aktivitas mengunyah permen karet ternyata dapat membantu meminimalisir rasa kantuk yang sedang diderita. Pasalnya, gerakan otot rahang ternyata dapat menstimulasi syaraf-syaraf otak agar bisa kembali berfungsi lebih maksimal.

No more articles