Mungkin telah banyak kamu dengar tentang beberapa larangan mengenai makanan, dan bahkan beberapa mitos dari larangan tersebut membuatmu percaya sepenuhnya akan sesuatu yang di larangnya. Entah berawal dari mana beberapa mitos tentang larangan yang menyangkut hal makanan. Tapi faktanya hingga kini beberapa mitos tersebut masih banyak di yakini oleh sebagian orang karena bisa mengakibatkan keburukan bagi tubuh.

mitos tentang makanan

mitos tentang makanan [ image source ]

Menilai akan sebuah kebenaran dari mitos adalah hak pribadi setiap orang, boleh percaya ataupun juga boleh juga tidak percaya. Namun beberapa diantaranya larangan yang beredar ternyata justru bisa berimbas baik bagi kesehatan. Nah bagi kamu yang percaya dari beberapa mitos yang beredar tentang hal larangan makanan yuk simak ulasan berikut agar kamu bisa berpikir ulang mengenai keyakinanmu bahwa larangan itu tidak sepenuhnya benar.

1. Larangan Memakan Buah Sebelum Makan

Mungkin dari banyaknya mitos yang beredar tentang buah, salah satu yang masih bertahan hingga kini adalah buah sebagai penutup makanan. Maka dari hal itu banyak yang beranggapan bahwa buah itu sangat baik di konsumsi setelah memakan menu-menu berat. Masih banyak juga yang mempercayai bahwa mengkonsumsi buah sebelum makan makanan berat akan membuat timbul masalah dalam pencernaan seseorang, padahal banyak fakta yang menunjukkan mengkonsumsi buah setelah memakan makanan berat juga kadang membuat perut menjadi sakit.

Larangan Memakan Buah Sebelum Makan

Larangan Memakan Buah Sebelum Makan [ image source ]

Faktanya buah adalah makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin yang sangat baik menunjang masalah pencernaan. Buah adalah jenis makanan yang sangat mudah di cerna oleh tubuh, oleh karena itu waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi buah adalah di mana sebelum kamu memakan menu berat. Buah yang lebih dahulu tercerna akan membantu sistem pencernaan dalam mengolah makanan berat, hal ini berbanding terbalik jika kamu mengkonsumsinya setelah menu makanan berat karena buah akan menjadi cepat busuk yang mengakibatkan gas perut meningkat sehingga gampang membuat perut kembung.

2. Salak Menyebabkan Sembelit

Salak adalah buah yang juga kaya akan serat, selain itu buah yang bekulit kasar ini termasuk buah yang juga kaya dengan vitamin. Banyak yang mempercayai bahwa mengkonsumsi buah salak dapat mengakibatkan seseorang menderita masalah pencernaan sembelit atau susah buang air besar. Menurut beberapa ahli gizi mengatakan, salak adalah buah yang mengandung zat alami yang dapat mengobati diare yang di sebut dengan zat tanin, namun bukan berarti zat tersebut dapat membuat seseorang menjadi terkena masalah sembelit.

Salak Menyebabkan Sembelit

Salak Menyebabkan Sembelit [ image source ]

Banyak yang mempercayai bahwa selain kandungan zat tanin, kulit ari dari buah salak juga di percaya sebagai salah satu penyebab yang bakal membuat sembelit. Padahal sejatinya, kulit ari dari buah salak tersebut justru merupakan salah satu bagian yang dikenal sebagai sumber serat dari buah salak. Sudah tahu kan apa manfaat serat bagi pencernaan manusia? nah mulai kini kamu nggak usah khawatir lagi ya untuk memakan salak hanya karena mitos yang beredar katanya bisa mengakibatkan sembelit. Jangan lupa, pokoknya kalau kamu mau makan salak jangan kamu bersihin kulit arinya ya, karena itu adalah serat yang bermanfaat bagi sistem pencernaanmu.

3. Timun Menyebabkan Keputihan

Mentimun adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang sangat banyak seperti dengan buah lainnya seperti semangka atau melon. Selain menyegarkan untuk disantap sebagai lalapan ataupun yang lainnya, timun ternyata termasuk dari buah yang tidak terlepas dikaitkan dengan yang namanya mitos. Nah banyak mitos yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi timun itu dapat mengakibatkan masalah pada kewanitaan yang sering di sebut dengan keputihan.

Timun Menyebabkan Keputihan

Timun Menyebabkan Keputihan [ image source ]

Entah atas dasar apa dulunya mitos timun penyebab keputihan itu bertahan hingga sekarang, padahal sejatinya timun adalah salah satu dari sekian banyak buah yang juga kaya akan vitamin. Kandungan fosfor, kalsium, sapronin, protein, lemak, flavonoid, atau polifenolnya pada timun justru sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai zat anti peradangan. Bahkan timun juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Nah sudah tahu kan sebenarnya timun itu tidak ada hubungannya dengan mitos yang bisa menyebabkan keputihan, jadi kamu nggak usah takut ya untuk makan mentimun.

4. Jeruk Memperparah Penyakit Maag

Mungkin penyakit maag adalah salah satu penyakit yang sudah banyak di rasakan oleh sebagian banyak orang di dunia. Penyakit maag biasanya terjadi akibat kurang tertaturnya pola makan seseorang, atau bisa juga di derita akibat mengkonsumsi makanan yang ekstra pedas. Penyakit maag adalah salah satu penyakit yang memiliki banyak sekali pantangan yang harus di hindari bagi si penderitanya mulai larangan memakan santan, kopi, pedas, dan juga yang lainnya.

Jeruk Memperparah Penyakit Maag

Jeruk Memperparah Penyakit Maag [ image source ]

Tidak sedikit yang mempercayai bahwa ternyata beberapa buah yang mengandung tinggi vitamin C seperti jeruk itu dapat memperparah penyakit maag jika di konsumsi. Banyak yang kurang memahami bahwa jeruk itu sangat baik di konsumsi sekalipun oleh orang yang menderita penyakit maag. Rasa asam yang terkandung dalam jeruk ternyata justru akan merubah menjadi basa ketika berada telah berada di lambung. Bahkan para peneliti menganjurkan untuk mengkonsumsi jeruk lemon bagi penderita maag karena mengandung alkali tinggi yang dapat menetralkan asam lambung akibat penyakit maag yang di derita.

5. Hanya Gula Yang Menyebabkan Diabetes

Penyakit diabetes adalah sebuah penyakit yang bisa menjangkit di semua kalangan umur dari muda hingga usia tua. Penyakit gula ini bersumber karena kandungan gula yang berlebih pada darah sehingga meningkat akibat pola hidup yang kurang sehat. Biasanya penyakit ini banyak di derita oleh orang-orang yang kerjanya hanya diam dan duduk-duduk santai. Memang benar jika penyakit diabetes itu di sebabkan karena pola konsumsi jumlah gula yang banyak di kesehariannya. Namun di balik itu semua ternyata bukan hanya gula saja yang membuat seseorang terkena diabetes.

Hanya Gula Yang Menyebabkan Diabetes

Hanya Gula Yang Menyebabkan Diabetes [ image source ]

Mengkonsumsi makanan seperti nasi ternyata juga dapat menyebabkan seseorang terkena resiko diabetes. Hal itu di dasari karena nasi ternyata memiliki banyak kandungan gula yang tinggi yang sama dengan gula. Selain nasi, kurangnya aktifas gerak di percaya sebagai pemicu yang menyebabkan seseorang terkena diabetes. Untuk itu, bagi kamu yang tidak ingin terkena diabetes maka jangan terfokus untuk mengurangi konsumsi gula, tetapi juga nasi dan makanan manis lainnya. Jangan lupa melakukan rutinitas olah raga dalam keseharianmu agar tubuh bisa mencerna gula menjadi energi sehingga tidak menumpuk di tubuhmu.

Sudah tau kan beberapa mitos yang beredar tentang makanan yang mungkin selama ini membuatmu takut untuk memakannya. Nah sahabat iyakan.com, semoga dengan ulasan di atas kamu bisa mulai berpikir ulang bahwa tidak sepenuhnya mitos yang kamu khawatirkan itu benar adanya. Jangan lupa tetap menerapkan pola hidu yang sehat ya tanpa harus takut dengan mitos di atas.

No more articles