Bicara tentang kota Jogja, sepertinya semua orang pasti setuju jika kota ini hampir tidak pernah kehabisan cerita tentang seluk beluk yang ada di dalamnya. Termasuk dengan salah satunya adalah banyaknya spot makan menarik dan wajib dikunjungi oleh para pecinta kuliner tanah air. Seperti halnya dengan beberapa tempat makan berikut ini yang benar-benar dibangun dengan konsep klasik guna memberikan kenyamanan sembari menikmati menu kuliner khas yang semuanya serba nagih.

Kuliner Tradisional

Kuliner Tradisional [ image source ]

Pokoknya suasanya tempat makan klasik berikut ini pas banget dijadikan tempat tujuan kuliner sembari menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Buat kamu yang penasaran tempat yang dimaksud, langsung saja yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Waroeng Belik

WAroeng Belik

Waroeng Belik [ image source ]

Tempat makan pertama yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati suasanya klasik di Jogja adalah Waroeng Belik. Waroeng Belik lokasinya berada di Jl. Kaliurang km 9,5, Jl. S. Hartono, gandok, Tambakan, Ngaglik Sleman, yang buka mulai dari jam 09.00 hingga 23.00. Selain bisa menikmati suasanya khas pedesaan dengan adanya sawah, danau buatan hingga saung yang pas untuk kumpul keluarga, kamu juga bisa mencicipi menu andalan ayam jawa belik yang disajikan dengan nasi merah, serta wedang jahe belik yang bakal menambah kehangatan suasana keharmonisan bersama keluargamu. Soal harga nggak perlu khawatir, karena menu yang ada di Waroeng Belik dibandrol dengan harga mulai Rp. 2K hingga Rp. 15K saja.

2. Pawon Sulung Resto

Pawon Sulung Resto

Pawon Sulung Resto [ image source ]

Pawon Sulung Resto berada di Jl. Selokan Mataram No.8 Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Tempat makan ini mulai beroperasi dari jam 09.00 pagi hingga jam 22.00 malam. Di tempat makan ini kamu nggak hanya akan merasakan sensai nuansa tempatnya yang begitu nyaman serba klasik, tapi juga dapat menikmati menu makanan tempo dulu seperti olahan oseng kembang turi, oseng kembang gandoel, lele mangut hingga oseng pakis. Ada juga loh menulainnya yang disajikan secara prasmanan dengan peralatan makan yang dibuat dari bambu. Harganya pun juga nggak bikin kantong bolong, karena harganya dibandrol dari harga Rp. 15K hingga Rp. 35K.

3. Kedai Rakjat Djelata

Kedai Rakjat Jelata

Kedai Rakjat Djelata [ image source ]

Sesuai dengan konsep namanya, Kedai Rakjat Jelata memang sengaja dibuat dengan mengusung tema kesederhanaan dengan penuh kenyamanan untuk para pengunjungnya. Spot kuliner bergaya tradisonal ini dijamin bakal mampu menghadirkan sensasi nostalgia dalam menikmati suasana nyaman sambil menikmati menu kuliner enak bersama keluargamu. Salah satu yang harus kamu cicipi di Kedai Rakjat Djelata adalah djengkol mbarek, gedang selebor, endog kriuk, dan sop londho. Di Kedai Rakjat Jelata kamu juga bebas tambah nasi dan sayur sepuasnya hanya dengan membayar Rp. 12K saja. Kedai Rakjat Jelata berada di Jl. Doktor Sutomo No. 54, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta dan buka dari jam 11.00 hingga 22.30.

4. Warung Bakmi Jowo Mbah Gito

Warung Bakmi Jowo Mbah Gito

Warung Bakmi Jowo Mbah Gito [ image source ]

Jika kamu ingin menikmati sensai makan di tempat unik dan klasik sambil menikmati menu makanan berupa bakmi Jawa enak, kamu bisa datang ke Warung Bakmi Jowo Mbah Gito yang berada di Jl. Nyi Ageng Nis, No.9, Rejowinangun, Kota Gede, Yogyakarta. Salah satu kenapa tempat kuliner ini disebut unik adalah konon katanya dulu tempat yang dibuat untuk jualan sekarang adalah merupakan bekas kandang sapi yang kemudian direvonasi dengan gaya inetrior kayu klasik, unik dan menarik. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati menu andalannya berupa nadi goreng, bakmi goreng dan godhog yang dimasak dengan daging ayam jawa, telor bebek dan kaldu yang gurih dengan harga Rp 24K.

5. Waroeng Pohon

Waroeng Pohon

Waroeng Pohon [ image source ]

Nah buat kamu yang ingin mencicipi ayam ingkung dengan tekstur empuk yang disajikan dengan sego sarang alias nasi gurih diatas anyaman daun kelapa, kamu bisa datang langsung ke Waroeng Pohon yang berada di Jl. Parangtritis Km. 6 No. 217, Panggung Harjo Sewon, Bantul, Yogyakarta yang buka mulai jam 10.00 pagi hingga jam 22.00 malam. Nuansa konsep klasik dan keunikan tempatnya yang khas juga bakal menambah sensai kenikmatan tersendiri saat menyantap berbagai menu makanan yang disajikan di Waroeng Pohon. Seporsi sego ingkung di dipatok dengan harga mulai Rp. 29K dengan pilihan tiga jenis sambal yang bisa dipilih antara lain sambal bawang, sambal gepeng, atau sambal kacang.

No more articles