Susah buang air besar atau sering juga disebut dengan sembelit adalah kasus umum yang paling sering dialami oleh orang yang sedang berpuasa di bulan ramadhan. Secara pasti, tentu ada banyak sekali penyebabnya yang beberapa diantaranya adalah karena pola makan yang buruk, kehamilan, menunda buang air besar, pengaruh obat-obatan atau karena mengalami masalah kondisi kesehatan tertentu.

Cara Mengatasi Sembelit

Cara Mengatasi Sembelit [ image source ]

Memang tidak ada patokan baku mengenai berapa kali jumlah normal seseorang harus mengalami buang air besar. Namun yang jelas ketika mengalami penurunan aktivitas BAB kurang dari biasanya bisa jadi itu adalah merupakan tanda dimana seseorang sendang mengalami sembelit. Pada bulan ramadhan, kasus semacam ini adalah merupakan kasus yang lumrah dialami oleh banyak orang. nah buat kamu yang juga mengalami sembelit pasa saat puasa, berikut ini adalah beberapa cara yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi masalah susah buang air besar.

1. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Konsumsi Makanan Berserat Tinggi [ image source ]

Salah satu penyebab yang memungkinkan terjadinya sembelit adalah karena makanan yang dikonsumsi kurang adanya kandungan serat. Nah untuk itulah orang yang sedang berpuasa sangat dianjurkan memilih makanan yang kaya akan kandungan seratnya pada saat sahur maupun berbuka puasa.

2. Minum Teh Daun Jati

Minum Teh Daun Jati

Minum Teh Daun Jati [ image source ]

Cara alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah sembelit adalah dengan meminum teh daun jati di waktu setelah berbuka puasa. Teh daun jati mengandung sennosida dan bersifat laksatif alami yang dapat memperlancar pembuangan kotoran. Salah satu alasan mengapa harus diminum setelah berbuka adalah untuk menghindari hal seperti nyeri dan mual.

3. Rutin Melakukan Olahraga

Rutin Melakukan Olahraga

Rutin Melakukan Olahraga [ image source ]

Rutin melakukan olahraga ternyata tidak hanya dapat menyehatkan tubuh seperti tulang dan otot, tapi juga dapat menyehatkan organ pencernaan. Dengan begitu melakukan kegiatan berolahraga ternyata sangat baik untuk mengatasi masalah organ pencernaan seperti susah buang air besar atau yang juga sering disebut degnan sembelit.

4. Jangan Menunda Buang Air Besar

Jangan Menunda Buang Air Besar

Jangan Menunda Buang Air Besar [ image source ]

Terkadang banyak orang lebih memilih menahan atau menunda untuk tidak menyegerakan buang air besar karena sedang ada alasan tertentu. Namun tahukah kamu bahwa sering menunda buang air besar ternyata dapat menjadi pemicu susah buang air besar. Nah oleh sebab itulah, ketika sudah merasa mau BAB kamu harus sebisanya menyegerakan hajat tersebut ya.

5. Menggunakan Obat Laktasif

Menggunakan Obat Laktasif

Menggunakan Obat Laktasif [ image source ]

Jika beberapa hal diatas memang sudah dihindari tapi masih juga susah buang air besar, hal terakhir yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan bantuan obat laktasif atau obat pencahar. Namun untuk menggunakan obat pencahar, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar tidak terjadi salah penggunaan obat yang dapat beresiko bagi kesehatan.

No more articles