Estonia sendiri mungkin masih terdengar asing dikalangan masyarakat Indonesia. Negara yang luasnya hanya sebesar 45.227 Km persegi dan terletak di tepi laut Baltik, Eropa Utara ini memang kalah tenar jika dibandingkan dengan negara Eropa seperti Jerman, Belanda, Spanyol atau Perancis. Namun meski namanya tidak setenar negara Eropa lainnya, perlu kamu ketahui bahwa negara ini ternyata sukses menjelma menjadi negara modern dan Inovatif. Bahkan saking inovatifnya, negara ini memiliki banyak fasilitas yang memanjakan para traveler dunia. Dan berikut ini adalah 6 fakta unik Estonia yang harus kamu ketahui.

1. Transportasi Publik Gratis

Transportasi Publik Gratis

Transportasi Publik Gratis [ image source ]

Perlu kamu ketahui bahwa Tallin yang menjadi ibukota Estonia menjadi kota pertama di dunia yang benar-benar memberikan transportasi umum gratis untuk semua orang sejak tahun 2013. Cara ini dilakukan pemerintah supaya masyarakat mau beralih dari penggunaan mobil pribadi ke angkutan umum gratis atas dasar untuk mencegah terjadinya kemacetan.

2. Akses Internet Wifi Gratis

Akses Internet Wifi Gratis

Akses Internet Wifi Gratis [ image source ]

Nggak hanya dimanjakan dengan fasilitas transportasi umum gratis, penduduk serta pelancong juga diberikan fasilitas akses internet gratis melalui sambungan Wifi mencakup seluruh kawasan Estonia. Fasilitas ini sudah ada sejak tahun 2006 dan berlaku untuk semua orang ketika berada di tempat umum seperti taman, gang, kafe, restoran, stasiun kereta api, bandara, hingga pantai.

3. Semua Orang Bisa Jadi Penduduk Estonia

Semua Orang Bisa Jadi Penduduk Estonia

Semua Orang Bisa Jadi Penduduk Estonia [ image source ]

Estonia adalah merupakan negara yang sangat terbuka, karena siapun orang bisa menjadi penduduknya tanpa dengan adanya birokrasi yang berbelit-belit. Tujuannya utamanya adalah supaya siapa saja bisa berpeluang besar membukan bisnis tanpa harus mengunjunginya. Intinya segala macam urusan yang terkait dengan bisnis bisa dilakukan secara online.

4. Semuanya Serba Elektronik

Semuanya Serba Elektronik

Semuanya Serba Elektronik [ image source ]

Perlu diketahui bahwa di negara Estonia setidaknya sudah ada 4000 jenis layanan publik yang semuanya bisa diakses secara elektronik. Tujuannya tentu tidak lain adalah supaya orang bisa menghemat waktu karena tidak perlu repot antri untuk mengurus kebutuhannya. Program digitalisasi seperti ini sudah berlangsung sejak tahun 2010 yang lalu.

5. Memiliki Bandara Terbaik Ketiga di Eropa

Memiliki Bandara Terbaik Ketiga di Eropa

Memiliki Bandara Terbaik Ketiga di Eropa [ image source ]

Meski terbilang sebagai negara yang luas nggak sebesar negara Eropa lainnya, perlu diketahui bahwa negara Estonia ternyata di tahun 2016 dinobatkan sebagai negara yang memiliki bandara terbaik ke tiga di Eropa dan kesembilan di dunia. Penilaian tersebut berdasarkan atas hasil survey yang dilakukan oleh para wisatawan terkait segala pelayanan, kelengkapan fasilitas, keamanan, kebersihannya.

6. Penduduknya Lebih Banyak Wanitanya

Penduduknya Lebih Banyak Wanitanya

Penduduknya Lebih Banyak Wanitanya [ image source ]

Poin terakhir terkait 6 fakta unik negara Estonia adalah negara ini ternyata memiliki populasi kaum wanita yang lebih banyak ketimbang dari kaum laki-lakinya. Menurut survey, Estonia adalah termasuk sebagai negara yang sedang mengalami krisis laki-laki dengan perbandingan diantara 100 jumlah wanita hanya terdapat setidaknya 84 orang berjenis kelamin laki-laki.

No more articles