Bulan Ramadhan adalah merupakan bulan suci bagi seluruh umat Islam yang ada di dunia. Oleh sebab itulah bulan Ramadhan dianggap sebagai salah satu bulan paling istimewa jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Salah satu alasannya tentu adalah karena di bulan Ramadhan disebut-sebut sebagai salah satu bulan yang penuh dengan hikmah serta keberkahan bagi seluruh umat manusia.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan [ image source ]

Membahas mengenai bulan Ramadhan, sebagian orang mungkin hanya menganggap bulan Ramadhan hanyalah bulan yang diwajibkan untuk tidak minum dan makan dari menjelang pagi hingga sore hari. Namun tahukah kamu bahwa bulan Ramadhan ternyata lebih dari hal semacam menahan haus dan lapar loh. Nah berikut ini adalah beberapa hal lain yang harus kamu ketahui tentang bulan Ramadhan agar puasamu tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja.

1. Wajib Menahan Emosi

Wajib Menahan Emosi

Wajib Menahan Emosi [ image source ]

Keajiban untuk menahan haus dan lapar disaat bulan Ramadhan tiba tentu akan menjadikan seorang muslim jadi lebih sensitif. Oleh sebab itulah, bulan Ramadhan sangat diwajibkan sekali untuk kaum muslim dapat menahan emosi saat sedang berpuasa. Intinya marah ataupun emosi hanya akan menjadikan pahala Ramadhanmu menjadi berkurang bahkan hilang secara sia-sia. Kalau sudah begitu, puasamu di bulan Ramadhan tentu hanyalah sebatas menahan lapar dan dahaga saja.

2. Dilarang Ghibah

Dilarang Ghibah

Dilarang Ghibah [ image source ]

Selain menahan emosi, seorang muslim juga dianjurkan untuk menahan diri dari perkara ghibah atau membicaraan orang lain alias gosipin orang lain. Anjuran ini ternyata juga diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW lewat sabdanya yang berbunyi “ hindarilah kalian dari perbuatan ghibah, karena ghiba dosanya lebih besar daripada zina. Seseorang terkadang bezina lalu bertaubat kepara Allah SWT dan di terima. Sedangkan orang yang mengghibah tidak akan diampuni sampai orang yang dia ghibah memaafkannya.

3. Perbanyak Ibadah

Perbanyak Ibadah

Perbanyak Ibadah [ image source ]

Disebut sebagai bulan penuh hikmah adalah karena setiap bentuk ibadah sekecil apapun yang dilakukan di bulan Ramadhan akan dibalas dengan pahala yang berlimpah ruah. Bahkan menjalankan puasa dengan kekhusyukan dapat menjadikan dosa-dosa yang telah lalu terhapuskan. Namun meski tidur juga disebut ibadah di bulan Ramadhan, bukan berarti kamu boleh tidur seharian meski hal tersebut tidakpula dilarang. Yang jelas aktivitas tidur berlebih dapat membuat kehilangan kesempatan untuk memperbanyak ibadah.

4. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar [ image source ]

Sebagai umat muslim, mungkin sudah tidak asing lagi dengan malam Lailatul Qadar atau yang disebut sebagai malamnya seribu bulan yang keberadaannya selalu dinanti oleh seluruh umat muslim saat di bulan Ramadhan. Nah, keutamaan dari malam seribu bulan ini adalah para malaikat termasuk malaikan Jibril turun untuk mengatur segala urusan manusia atas izin Allah SWT. Intinya malam Lailatul Qadar adalah malam yang benar-benar diberkahi dan penuh dengan kesejahteraan untuk seluruh umat muslim yang mendapatkan malam tersebut.

5. Bulan Istimewa Untuk Orang Yang Suka Beramal

Bulan Istimewa Untuk Orang Yang Suka Beramal

Bulan Istimewa Untuk Orang Yang Suka Beramal [ image source ]

Pada pembahasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa setiap jenis ibadah sekecil apapun yang dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapatkan balasan pahala yang berlimpah ruah. Oleh sebab itulah bagi orang yang suka berbuat amal, bulan Ramadhan disebut juga sebagai bulan yang paling istimewa untuk melakukan segalam macam bentuk amal sholeh. Bagaimana tidak istimewa jika hanya dengan memberikan minuman untuk membatalkan puasa pada waktunya saja dapat ikut memetik pahala yang sama atas pahala yang diperoleh orang yang sedang berpuasa tersebut.

6. Bulan Yang Penuh Kesehatan

Bulan Yang Penuh Kesehatan

Bulan Yang Penuh Kesehatan [ image source ]

Sebagian orang menyebutkan bahwa berpuasa akan membuat seseorang menjadi gampang sakit. Padalah dalam sejumlah jurnal kesehatan, berpuasa adalah cara paling efektif yang bisa dilakukan seseorang untuk mengeluarkan seluruh racun yang ada di dalam tubuh termasuk detoksifikasi pada organ pencernaan. Selain detoksifikasi, melakukan puasa dengan cara yang benar ternyata dapat membantu tubuh melepaskan zat endorfin yang juga baik untuk menjaga kesehatan otak. Oleh sebab itulah, para ahli medis menyatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

No more articles