Melakukan rutinitas berolahraga sangatlah penting dilakukan untuk para penderita diabetes. Tidak hanya mampu menjaga kebugaran tubuh, tapi juga mampu membantu meningkatkan sensitivitas insulin serta menjaga kadar gula dalam darah menjadi lebih terkendali. Namun tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para penderita diabetes soal masalah berolahraga.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes [ image source ]

Meski semua jenis olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi penderita diabetes sangat direkomendasikan untuk memperbanyak melakukan jenis olahraga tertentu agar memiliki khasiat yang maksimal dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan oleh para penderita diabetes.

1. Jalan Cepat

Olahraga Jalan Cepat

Olahraga Jalan Cepat [ image source ]

Jalan cepat adalah salah satu jenis olahraga yang sangat mudah dilakukan oleh semua orang. namun bagi penderita diabetes sendiri, jenis olahraga seperti ini ternyata sangat baik dilakukan secara rutin oleh para penderita diabetes. Jalan cepat dapat dijadikan sebagai salahs atu bentuk lathan untuk membantu meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah akan menjadi lebih lancar.

2. Tai Chi

Olahraga Tai Chi

Olahraga Tai Chi [ image source ]

Meski dalam hal gerakan tai chi memiliki serangkaian gerakan yang serba lembut dan halus. Namun secara menyeluruh gerakan tai chi ternyata memiliki manfaat yang besar guna menenangkan tubuh dan pikiran para pelakunya. Tai chi dianggap sangat penting dilakukan oleh para penderita diabetes adalah karena selain mampu menjaga kesehatan mental, juga meminimalisir terjadinya kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes.

3. Yoga

Olahraga Yoga

Olahraga Yoga [ image source ]

Secara garis besar, gerakan-gerakan yang ada dalam yoga dimaksudkan untuk kembali memulihkan kelenturan anggota tubuh. Tidak berbeda jauh dengan tai chi, gerakan yoga juga memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga kesehatan mental para pelakunya. Oleh sebab itulah alasan kenpa yoga sangat penting untuk dilakukan para penderita diabetes adalah karena dapal setiap gerakannya mampu memperbaiki fungsi saraf dan melawan resistiensi insulin dalam tubuh.

4. Bersepeda

Olahraga Bersepeda

Olahraga Bersepeda [ image source ]

Aktivitas bersepeda ternyata nggak hanya dapat memperkuat bagian paha dan kaki, tapi juga mampu memperkuat kesehatan jantung dan paru-paru. Secara garis besar, aktivitas olahraga bersepeda dapat membantu para penderita diabetes dalam membakar kalori serta mengolah gula dalam darah menjadi energi secara maksimal.

5. Latihan Angkat Beban

Latihan Angkat Beban

Latihan Angkat Beban [ image source ]

Latihan angkat beban menjadi olahraga yang juga sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Salah satu alasannya adalah karena latihan angkat beban dapat bermanfaat untuk meningkatkan masa otot pada bagian tubuh. Jika masa otot meningkat, tubuh akan lebih mudah dalam mengontrol dan mengendalikan kandungan gula dalam darah.

6. Berenang

Olahraga Berenang

Olahraga Berenang [ image source ]

Olahraga berenang sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes karena tidak terlalu memberikan tekanan pada area persendian. Berenang juga disebut-sebut sebagai salah satu olahraga paling baik untuk para penderita diabetes karena itu aktivitas berenang juga dapat membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol secara maksimal.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa ulasan mengenai jenis olahraga yang sangat baik dilakukan untuk para penderita diabetes. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, jangan lupa ya menghindari makanan manis serta rutin selalu mengecek kandungan gula darah.

No more articles