Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan paling istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Salah satu alasannya adalah karena di bulan Ramadhan adalah bulan yang disebut-sebut penuh dengan keberkahan. Bagaimana tidak menjadi penuh berkah jika hal kecil seperti aktivitas tidur di siang hari saja di hitung sebagai bentuk dari ibadah.

Agenda Memakmurkan Masjid

Agenda Memakmurkan Masjid [ image source ]

Jika tidur saja dianggap sebagai ibadah, maka tentu ada banyak sekali hal-hal kecil lainnya yang juga dianggap memiliki nilai-nilai ibadah di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah dengan ikut memakmurkan dan mensejahterakan masjid yang ada disekitarmu. Nah berikut ini adalah beberapa agenda kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memakmurkan masjid di bulan Suci Ramadhan tahun ini.

1. Memanggil Orang Untuk Sholat Juga Pahalanya Besar

Memanggil Orang Untuk Sholat Juga Pahalanya Besar

Memanggil Orang Untuk Sholat Juga Pahalanya Besar [ image source ]

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan untuk memakmurkan dan mensejahterakan masjid adalah dengan memanggil orang untuk menunaikan ibadah sholat. Nah yang dimaksud dalam hal ini adalah kamu bisa mencoba menjadi muadzin untuk mengumandangkan adzan jika sudah tiba waktunya melaksanakan sholat. Selain bisa mendapatkan pahala, menjadi muadzin juga bisa melatih mental dan rasa kepercayaan dirimu. Namun untuk menjadi muadzin syarat utamanya adalah berjenis kelamin laki-laki, dan untuk yang perempuan cukup menjawab seruan adzan lalu hadir ikut sholat berjamaah di masjid.

2. Rutinkan Untuk Selalu Sholat Berjamaah

Rutinkan Untuk Selalu Sholat Berjamaah

Rutinkan Untuk Selalu Sholat Berjamaah [ image source ]

Rasulullah SAW bersabda “ Shalat seorang laki-laki dalam jamaah melebihi shalatnya sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat pahala “. Artinya bagi seorang laki-laki, sholat berjamaah lebih besar pahalanya hingga dua puluh tujuh derajat pahala ketimbang sholat sendirian. Selain itu sholat berjamaah baik sholat wajib ataupun sunah juga merupakan salah satu tindakan dari wujud dalam memakmurkan dan mensejahterakan masjid. Buat kalian para muslimah, meski dianjurkan untuk sholat di rumah, namun jika ingin ikut sholat berjamaah juga tidak dilarang loh.

3. Ikut Berpartisipasi Dalam Kajian Rutin

Ikut Berpartisipasi Dalam Kajian Rutin

Ikut Berpartisipasi Dalam Kajian Rutin [ image source ]

Tidak hanya sholat berjamaah, rutin menghadiri kajian yang diadakan di masjid juga merupakan bentuk dari memaksimalkan dalam memakmurkan dan mensejahterakan masjid. Selain akan mendapatkan banyak ilmu dan wawasan tentang agama, menghadiri pengajian juga akan mendapatkan berkah yang berlimpah dari Allah SWT. Salah satunya adalah seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW “ Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan jalan untuknya menuju surga”.

4. Ikut Mengajar Pengajian Rutin Anak-anak

Ikut Mengajar Pengajian Rutin Anak-anak

Ikut Mengajar Pengajian Rutin Anak-anak [ image source ]

Tidak hanya menghadiri acara pengajian di masjid, ikut meramaikan dan mesukseskan program agenda TPA atau pengajian anak-anak juga merupakan bentuk dari wujud seorang muslim dalam mensejahterakan dan mensukseskan masjid. Kesempatan emas buat kamu untuk menambah bobot pahala di bulan Ramadhan, karena kegiatan seperti pengajian TPA atau pengajian anak-anak biasanya menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan setiap hari di masjid. Selain panen pahala yang banyak, ikegiatan seperti ini juga dapat melatih mental untuk lebih bisa percaya diri.

5. Ikut Menjaga Kebersihan Lingkungan Masjid

Ikut Menjaga Kebersihan Lingkungan Masjid

Ikut Menjaga Kebersihan Lingkungan Masjid [ image source ]

Nah buat kalian yang nggak memiliki kegiatan padat, jangan lupa untuk ikut serta dalam membersihkan masjid. Dalam Islam juga telah diajarkan bahwa, menjaga kebersihan adalah merupakan sebagian dari iman. Oleh karenanya, jangan hanya membersihkan tempat tinggalmu saja ya, menjaga kebersihan dengan turut serta ikut membersihkan masjid juga perlu kamu lakukan karena kegiatan ini juga merupakan bentuk dari wujud mensukseskan dan memakmurkan masjid. Jika masjid disekitarmu terjaga kebersihannya, tentu orang yang beribadah akan menjadi lebih khusyuk.

6. Berpartisipasi Dalam Kegiatan Buka Bersama

Berpartisipasi Dalam Kegiatan Buka Bersama

Berpartisipasi Dalam Kegiatan Buka Bersama [ image source ]

Bulan Ramadhan tentu adalah merupakan bulan dimana akan banyak orang melakukan agenda buka bersama. Nah buat kamu yang ingin memanen pahala dari orang-orang yang berpuasa, jangan sampai lewatkan kesempatan ikut berpartisipasi dalam kegiatan buka bersama di masjid meski hanya ikut menyumbang dengan air mineral saja. Jika kamu memang memiliki rejeki lebih, jangan sungkan untuk turut serta menyajikan makanan untuk berbuka puasa. Seperti halnya dengan janji Rasulullah SAW “ Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun”.

No more articles