Selain permen kopi yang disebut-sebut bisa digunakan sebagai penghilang kantuk, permen karet ternyata juga banyak disukai oleh banyak orang hampir disemua kalangan umur. Permen karet yang identik di cara mengkonsumsinya dengan sering kunyah ini ternyata dulu memiliki wujud yang berbeda seperti permen karet pada zaman sekarang. Pasalnya permen karet zaman dahulu masih dibuat menggunakan getah alami dari pohon mastic atau cemara yang diolah dengan panci dan diberi gula.

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Manfaat Mengunyah Permen Karet [ image source ]

Namun tahukah kamu, selain membawa citarasa manis dan dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung,. Permen karet ternyata memiliki beberapa manfaat mengejutkan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari aktivitas menguyah permen karet.

1. Menyehatkan Syaraf Otak

Mengunyah Permen Karet Menyahatkan Otak

Mengunyah Permen Karet Menyahatkan Otak [ image source ]

Dalam mengunyah permen karet, tentu seseorang membutuhkan rahang untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun tahukah kamu bahwa gerakan rahang dari aktivitas menguyah permen karet dapat membantu merangsang syaraf yang terhubung ke otak menjadi optimal. Jika sudah seperti ini, kemungkinan besar kesehatan serta kerja otak akan berjalan secara maksimal.

2. Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi [ image source ]

Meski terlihat seperti hal sepele, menguyah permen karet ternyata dapat memberikan efek bagi kesehatan otak. Selain dapat meningkatkan daya ingat seseorang, aktivitas mengunyah permen karet ternyata juga mampu meningkatkan konsentras seseorang. Nah buat kamu yang mulai jadi pelupa, coba deh atasi dengan rutin mengunyah permen karet agar kerja otakmu semakin meningkat.

3. Mengurangi Stres Dan Kecemasan

Mengurangi Stres Dan Kecemasan

Mengurangi Stres Dan Kecemasan [ image source ]

Setiap orang pasti pernah mengalami cemas atau stres karena didasari oleh berbagai macam faktor. Namun tahukah kamu bahwa aktivitas mengunyah permen karet ternyata dapat membantu seseorang dalam meredam kecemasan dan rasa stres yang sedang dialaminya. Pasalnya dalam penelitian diungkapkan bahwa aktivitas mengunyah permen karet bisa membantu menekan hormon kortisol yang dapat memicu terjadinya kecemasan dan stres.

4. Menyehatkan Gigi Dan Gusi

Menyehatkan Gigi Dan Gusi

Menyehatkan Gigi Dan Gusi [ image source ]

Untuk kasus mengunyah permen karet dapat menyehatkan gigi, tentu permen karet yang dikunyah haruslah permen karet yang rendah gula. Persatuan dokter gigi Amerika menyarankan kepada banyak orang untuk melakukan aktivitas mengunyah permen karet setidaknya 20 menit untuk menyehatkan gusi serta mengurangi plak dan karang yang ada pada gigi. Nah untuk permen karet yang dianjurkan sebaiknya yang mengandung xylitol yang dapat membunuh bakteri pada gigi dan gusi.

5. Meredam Kebiasaan Merokok

Meredam Kebiasaan Merokok

Meredam Kebiasaan Merokok [ image source ]

Kecanduan merokok biasanya adalah karena efek tubuh yang mengirim sinyal ke otak untuk segera mendapatkan zat nikotin dalam tubuh. Nah buat yang memiliki kebiasaan merokok tapi susah menghentikan kebiasaan tersebut, maka bisa dicoba menhentikannya dengan rutin mengunyah permen karet. Sadar nggak sadar, permenn karet ternyata juga mengandung sedikit nikotin dalam jumlah yang aman bagi tubuh.

6. Meredakan Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Meredakan Sakit Telinga Saat Naik Pesawat

Meredakan Sakit Telinga Saat Naik Pesawat [ image source ]

Berada di tempat yang memiliki tekanan udara yang berbeda memang kerap menjadikan telinga menjadi terasa aneh dengan rasa seperti tersumbat atau sakit. Hal itu juga kebanyakan akan dirasakan oleh seseorang ketikan sedang naik pesawat. Cara yang paling gampang untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan segera mengunyah permen karet. Mengunha permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang bisa menyeimbangkan tekanan pada telinga.

No more articles