Bisnis kuliner mulai dilirik oleh banyak orang karena memang menjanjikan hasil keuntungan yang tidak pernah ada matinya. Pasalnya selama masih ada banyak orang yang butuh makanan, maka peluang untuk berbisnis kuliner semakin menjanjikan. Membahas tentang bisnis kuliner di Indonesia, mungkin ada banyak sekali pengusaha kuliner yang sukses mengembangkan bisnisnya di tanah air. Namun berbeda dengan beberapa orang berikut ini yang ternyata mereka justru sukses mengembangkan bisnis kuliner di luar negeri. Penasaran dengan siapa saja pebisnis kuliner yang sukses menjalani bisnisnya di luar negeri? Langsung saja yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Budi Santoso Dengan Warung Adji Amsterdam di Belanda

Budi Santoso Dengan Warung Adji Amsterdam

Budi Santoso Dengan Warung Adji Amsterdam [ image source ]

Sosok pertama yang sukses membuka bisnis kuliner di negara orang adalah Budi Santoso dengan warung kuliner ala warteg Indonesia dengan berbagai macam menu makanan khas Indonesia yang tidak dirubah sedikitpun dari cita rasanya. Nggak hanya disukai masyarakat Belanda saja loh, Warung Adji Amsterdam juga banyak dikunjungi oleh orang Turi dan Maroko yang ada di Belanda karena kelezatan dari masakannya.

2. Maria Utomo Dengan Warung Isakuiki di Belanda

Maria Utomo Dengan Warung Isakuiki di Belanda

Maria Utomo Dengan Warung Isakuiki di Belanda [ image source ]

Selain Budi Santoso dengan Warung Adji di Amsterdam, masih ada lagi loh orang yang juga mengepakkan sayapnya di bisnis kuliner di negara Belanda. Orang tersebut bernama Maria Utomo dengan warung kulinernya di wilayah Den Haag yang di beri nama Isakuiki. Maria mengaku bahwa ia memilih terjun ke bisnis kuliner adalah karena ingin mengenalkan kuliner Indonesia ke orang luar khususnya yang tinggal di Belanda.

3. Firdaus Bestaman Dengan Warung Padang di London

Firdaus Bestaman Dengan Warung Padang di London

Firdaus Bestaman Dengan Warung Padang di London [ image source ]

Jika di Belanda ada Budi dan Maria, maka di London juga ada seseorang yang sukses membuka bisnis kulinernya. Orang tersebut adalah Firdaus Bestaman yang membuka warung nasi Padang khas Sumatera Barat di Chinatown, Leicester Square, London. Uniknya Firdaus sendiri tidak menggunakan strategi marketing yang mahal untuk mengenalkan produknya, melainkan hanya lewat mulut kemulut dari para pelanggan setianya.

4. Martin Sonny Dengan Sate Food Truck di Washington D.C

Martin Sonny Dengan Sate Food Truck di Washington

Martin Sonny Dengan Sate Food Truck di Washington [ image source ]

Nggak mau kalah uniknya dengan Firdaus Bestaman yang mengenalkan produk kulinernya lewat mulut pelanggannya. Martin Sonny justru mencoba peruntungan dengan menjual sate menggunakan Food Truck. Hasilnya pun tidak kalah mengejutkan, sate yang dijualnya selalu banyak diburu oleh para bule di Washington D.C. nggak Cuma jualan sate, Matrin juga menjual masakan rendang yang kini namanya sudah dikenal dunia.

5. Edy Ongko Wijaya Dengan Dpenyetz di Singapura

Edy Ongko Wijaya Dengan Dpenyetz

Edy Ongko Wijaya Dengan Dpenyetz [ image source ]

Ditahun 2008 yang lalu, Edy Ongko Wijaya menamai warung kuliner yang ada di Singapura dengan nama dapur penyet. Namun semakin bertambahnya kemajuan dari bisnis kulinernya, Ongko akhirnya memutuskan untuk merubah namanya dengan Dpenyetz. Menurut Ongko, usahanya ini terinspirasi dari salah satu restoran ayam goreng Fast Food ternama. Selain di Singapura, outlet Dpenyet ternyata juga sudah tersebar di 5 negara lain.

6. Yannie Kim Dengan Warteg Gembul di Korea Selatan

Yannie Kim Dengan Warteg Gembul di Korea Selatan

Yannie Kim Dengan Warteg Gembul di Korea Selatan [ image source ]

Sejak awal sejatinya orang yang menamakan dirinya dengan Yannie Kim ini memang sudah memiliki niat untuk mengenalkan kuliner khas Indonesia ke seluruh masyarakat dunia khususnya masyarakat di wilayah Korea Selatan. Nama warung yang didirikannya di Korea Selatan pun cukup unik yaitu Warteg Gembul. Menu kuliner paling andalan yang laris dijual di warungnya adalah rendang dan nasi goreng khas Indonesia.

No more articles