Kue donat adalah salah satu kue kudapan yang di sukai oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang nikmat, bentuknya yang unik dengan adanya lubang ditengahnya membuat kue ini nampak menarilk untuk di nikmati. Namun tahukah kamu bahwa selain donat yang tengahnya bolong, ternyata ada loh beberapa jenis donat yang bentuknya tidak seperti yang lazimnya donat yang kamu makan atau kamu jumpai di toko kue. Nah supaya kamu nggak tambah penasaran tentang kue donat yang nggak bolong, berikut ini adalah beberapa jenis donat yang harus kamu ketahui dari belahan penjuru dunia.

1. Berliner

Berliner

Berliner [ image source ]

Berliner adalah merupakan salah satu donat yang menjadi kebanggaan dari masyarakat Jerman. Berliner sendiri adalah donat bulat yang di dalamnya terdapat isian dari berbagai macam jenis selai. Meski secara garis besar tidak menyerupai donat pada umumnya, taburan gula halus yang sering disertakan diatas Berliner tetap tidak membuat citarasa donat khas Jerman ini berbeda dengan donat pada umumnya.

2. Kkwabaegi

Kkwabaegi

Kkwabaegi [ image source ]

Donat selanjutnya adalah Kkwabaegi yang secara garis besar bentuknya sangat jauh berbeda dengan donat pada umumnya. Kkkwabaegi memiliki bentuk kue unik seperti rantai yang keberadaannya sangat banyak dan mudah sekali dijumpai di kedai-kedai pinggir jalan yang ada di Korea. Tekstur luarnya yang crunchy serta lembut dibagian dalamnya menjadikan Kkwagaegi banyak disukai oleh orang Korea.

3. Paczki

Paczki

Paczki [ image source ]

Bentuk Pazcki memang hampir tidak berbeda jauh dengan Berliner kue donat khas Jerman yang bentuknya bulat. Bahkan untuk topingnya pun Pazcki juga tidak berbeda jauh dengan donat berliner Jerman. Nah yang membedakannya hanyalah sensasi dari cita rasanya yang mengandung mentega dan susunya yang sangat terasa.

4. Pa Thong Ko

Pa Thong Ko

Pa Thong Ko [ image source ]

Nggak kalah uniknya dengan Kkwabaegi, bentuk Pa Thong Ko juga sangat unik dan anti mainstream banget. Namun meskipun begitu unik menyerupai bentuk seperti huruf X ternyata sangat laris dijual di Thailand. Menurut kisah, bentuk dari Pa Thong Ko adalah merupakan bentuk lambang dari dua orang yang saling mencintai dan nggak bisa dipisahkan.

5. Castagnole

Castagnole

Castagnole [ image source ]

Memiliki bentuk bulat seperti bola, namun dari segi ukurannya Castagnole lebih kecil dari donat lain yang bentuknya bulat. Yang membedakannya lagi adalah donat ini tidak ada isian didalamnya. Castagnole juga menjadi salah satu kue yang harus selalu ada di setiap perayaan karnaval, atau perayaan sebelum datangnya hari Paskah.

6. Crullers

Crullers

Crullers [ image source ]

Keunikan dari Crullers donat khas Prancis ini adalah bentuknya yang dibuat menyerupai bunga matahari yang sedang mekar. Selain bentuknya yang unik, toping yang sering ditaruh diatas Crulles juga sangat menarik untuk dicicipi. Pokoknya buat kamu yang nggak tahu pasti nggak menyangka jika Crullers termasuk kedalam jenis kue donat.

7. Malasada

Malasada

Malasada [ image source ]

Donat terakhir yang bentuknya tidak ada lubangnya ditengah adalah Malasada. Donat khas Portugis ini memiliki warna khas kecoklatan dengan adanya taburan gula halus diatasnya. Selain adanya taburan gula, didalam Malasada juga terdapat isian yang berupa aneka ragam krim, selai dan podeng yang menjadikan cita rasanya semakin menarik.

No more articles