Sewajarnya manusia biasa, semua orang pasti bisa mengalami luka pada bagian tubuhnya. Entah itu kategori luka ringan hingga luka berat, yang jelas tidak ada manusia normal yang tidak dapat terluka kecuali dia adalah merupakan orang yang sakti mandraguna. Nah bicara tentang luka, tahukah kamu bahwa mempercepat kesembuhan luka ternyata tidak hanya dapat dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan kimia. Melainkan juga dapat ditunjang dengan beberapa jenis makanan yang mudah ditemukan disekitar lingkungan kita.

Menyembuhkan Luka

Menyembuhkan Luka [ image source ]

Seperti halnya dengan beberapa jenis makanan dibawah ini yang sebaiknya rajin dikonsumsi jika ingin mempercepat kesembuhan luka yang sedang dialami. Apa saja makanan tersebut? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

1. Kedelai

Kedelai

Kedelai [ image source ]

Kedelai ternyata menyimpan banyak sekali vitamin yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Beberapa diantaranya adalah vitamin A, C, D, E dan K yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Namun yang jelas, kandungan protein nabatinya memiliki peran yang sangat besar dalam proses pembentukan jaringan baru dari organ tubuh yang sedang mengalami kerusakan.

2. Dark Chocolate

Dark Chocolate

Dark Chocolate [ image source ]

Sesuai dengan hasil beberapa peneliti, dark chocolate atau yang sering disebut juga dengan coklat hitam ternyata dapat membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Jika tekanan darah berjalan stabil, maka distribusi oksigen, vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh menjadi lancar dan tercukupi. Termasuk dengan distribusi kebutuhan nutrisi ke bagian organ tubuh yang sedang mengalami luka.

3. Brokoli

Brokoli

Brokoli [ image source ]

Brokoli adalah merupakan jenis sayuran tinggi akan kandungan zat fitronutrien yang memiliki peran besar dalam proses penyembuhan luka. Selain itu brokoli ternyata juga sangat tinggi kandungan vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan dalam tubuh. Kedua zat penting tersebut dip[ercaya sangat cepat dalam penyembuhan luka, penyembuhan infeksi serta membantu mempercepat pembentukan jaringan baru dalam organ yang rusak.

4. Biji-bijian & Kacang-kacangan

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan Kacang-kacangan [ image source ]

Makanan selanjutnya yang juga harus rajin dikonsumsi untuk membantu penyembuhan luka adalah dari jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Biji-bijian seperti gandum, atau kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kadang hijau atau kadang kedelai tinggi akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat pemulihan luka. Nggak hanya membantu mempercepat kesembuhan luka, tapi juga membantu memulihkan kembali bekas-bekas luka.

5. Putih Telur

Putih Telur

Putih Telur [ image source ]

Putih telur adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan asam aminonya. Nggak hanya bagus untuk membantu pertumbuhan otot saja, tapi senyawa yang terkandung pada asam amino ternyata juga mampu membantu tubuh dalam emmperbaikidan membentuk jaringan yang rusak akibat luka. Selain itu, asam amino juga berperan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan infeksi yang terjadi pada tubuh.

6. Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Makanan Yang Mengandung Zat Besi [ image source ]

Salah satu kendala terjadinya infeksi adalah karena faktor kurang lancarnya suplai oksigen dalam tubuh. Oleh sebab mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi seperti daging merah dan yang lainnya sangat penting untuk membantu proses penyembuhan. Pasalnya banyaknya zat besi dalam tubuh akan membantu mendistribusikan oksigen dalam tubuh guna membantu mempercepat proses penyembuhan pada sebuah luka.

7. Makanan Tinggi Vitamin C

Makanan Tinggi Vitamin C

Makanan Tinggi Vitamin C [ image source ]

Mengkonsumsi banyak vitamin C pada saat mengalami luka adalah merupakan langkah terbaik dalam membantu proses pemulihan. Selain kaya akan anti oksidan, vitamin C ternyata juga mengandung jaringan ikat dan mendukung produksi kolagen dalam tubuh. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk penyembuhan luka adalah seperti buah tomat, jeruk, strobery dan masih banyak lagi yang lainnya.

No more articles