Kehidupan anak zaman now memang tidak seperti halnya kehidupan yang dilalui oleh anak zaman old yang suka banget makan sayuran. Meski masih ada beberapa yang suka makan sayuran, namun sepertinya makanan cepat saji dan junkfood adalah salah satu trend makanan yang sepertinya susah untuk dijauhkan dari kehidupan anak zaman now. Selain karena cepat dan praktis dalam penyajiannya, makanan cepat saji rasanya lebih menggiurkan ketimbang dengan sayuran.

Sayuran Zaman Old

Sayuran Zaman Old [ image source ]

Membahas tentang makanan kegemaran antara anak zaman now dan old, junkfood atau makanan cepat saji mungkin sangat layak dikatakan merajai di zaman sekarang. Namun bagi anak zaman old, beberapa sayuran dibawah ini tetap menjadi makanan idola dimasanya. Meski sebagian besar masih mudah untuk dijumpai ditemui, namun sepertinya sayuran yang dulu sangat di idolakan oleh zaman old kini sudah sangat jarang disukai oleh anak zaman now.

1. Genjer

Genjer

Genjer [ image source ]

Genjer adalah salah satu jenis tumbuhan liar yang acap kali sering ditemukan di perairan dangkal atau persawahan. Bagi anak zaman now khususnya yang tinggal di daerah kota mungkin sangat asing dengan sayur yang satu ini. Namun yang jelas, saat genjer diolah dengan cara ditumis atau dibuat urap akan menjadi menu makanan terlezat bagi anak-anak zaman old.

2. Rebung

Rebung

Rebung [ image source ]

Rebung adalah tunas bambu yang usianya masih tergolong sangatlah muda. Oleh sebab itulah, rebung masih dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan sayuran. Namun yang jelas, meski jarang dijumpai oleh anak zaman now, rebung adalah salah satu jenis makanan paling disukai oleh anak zaman old pada masanya.

3. Jantung Pisang

Jantung Pisang

Jantung Pisang [ image source ]

Sebagian anak zaman now mungkin tidak percaya bahwa bakal bunga dari pohon pisang atau yang sering disebut jantung pisang ternyata bisa dimasak menjadi menu makanan yang sangat lezat. Meski dari segi rasanya olahan jantung pisang memiliki rasa yang agak sepat, namun sensasi tersebutlah yang menjadikan jantung pisang digemari oleh anak-anak zaman old.

4. Bunga Pepaya

Bunga Pepaya

Bunga Pepaya [ image source ]

Nah pasti anak zaman now pada nggak menyangka kalau bunga pepaya ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk dimasak menjadi sayur. Faktanya memang nggak hanya buahnya saja yang bisa dimasak, karena bunga pepaya juga dapat dimasak menjadi sayur. Bahkan khasiat dari bunga pepaya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

5. Kecipir

Kecipir

Kecipir [ image source ]

Nah bagi pecinta lotek dan gado-gado zaman old pasti sudah nggak asing lagi dengan kecipir yang sering dijadikan sayuran tambahan didalamnya. Zaman dulu kecipir banyak dicari karena memang rasanya yang unik dan lezat untuk dijadikan lalapan dan sayuran tambahan untuk beberapa menu makanan. Namun sayangnya kecipir sekarang sudah jarang ditemukan di kota-kota.

6. Oyong

Oyong

Oyong [ image source ]

Oyong atau yang sering juga disebut dengan gambas adalah salah satu jenis sayuran yang dulu hampir tidak pernah absen ada di sayur bening atau sop. Meski sekarang masih bisa ditemukan dipasar, namun oyong atau gambas sepertinya sudah tidak sepopuler dulu yang banyak di sukai oleh anak-anak pecinta sayur zaman old.

7. Umbut Kelapa

Umbut Kelapa

Umbut Kelapa [ image source ]

Umbut kelapa adalah berupakan bagian dari pucuk pohon kelapa atau bagian tunas yang masih sangat muda dan akan menjadi batang dan daun kelapa. Bagi anak zaman old, menemukan umbut kelapa adalah merupakan hal yang sitimewa karena rasanya gurih manis. Teksturnya yang lembut seperti rebung juga menjadikan umbut kelapa sering hadir menjadi menu sayur yang lezat.

No more articles