Ada banyak sekali tips-tips kesehatan yang beredar di masyarakat. Sebagian benar namun sebagian salah kaprah. Ada pula yang informasinya benar, tapi kita salah memahami sehingga apa yang kita yakini menjadi salah.

Tips Kesehatan Anti Mainstream

Tips Kesehatan Anti Mainstream. image [source]

Dibawah ini ada 7 tips kesehatan. Jika di baca sekilas, sepertinya bertentangan dengan logika yang selama ini kita yakini. Contohnya saja, dalam otak kita selama ini sudah tertanam keyakinan bahwa kopi itu membuat kita susah tidur. Bagaimana mungkin kopi justru bisa meningkatkan kualitas tidur? Kita juga dianjurkan untuk selalu menggosok gigi sehabis makan. Namun siapa yang tahu bahwa ternyata menggosok gigi cepat-cepat sehabis makan justru bisa merusak gigi kita. Penasaran bukan? Baca penjelasan 6 tips kesehatan anti mainstream di bawah ini.

1. Minum Kopi Membuat Tidurmu Lebih Berkualitas.

Jika ingin menghilangkan kantuk, maka minumlah kopi. Inilah tips yang banyak diyakini orang. Namun siapa sangka, ternyata meminum kopi justru meningkatkan kualitas tidur kita. Sebuah penelitian di jepang meminta orang untuk mengkonsumsi 200 miligram kafein dan setelah itu tidur selama 20 menit. Hasilnya orang yang meminum 200 miligram kafein mendapatkan hasil yang lebih bagus dalam serangkain tes serta lebih waspada terhadap lingkungan sekitar.

Kopi Meningkatkan Kualitas Tidur

Kopi Meningkatkan Kualitas Tidur. image [source]

Bagaimana bisa kopi malah membuat kualitas tidur kita menjadi lebih baik? Ternyata selama kita bangun dan melakukan aktivitas, di dalam otak dihasilkan molekul yang disebut adenosine. Molekul ini memberikan efek kelelahan pada otak kita. Kafein merupakan salah satu molekul yang bisa memblok efek capek dari adenosine tersebut. Jadi, kombinasi minum kafein 200 miligram dengan tidur 20 menit akan membersihkan molekul adenosine dari otak sehingga pikiran kita segar kembali.

2. Jangan Cepat Cepat Gosok Gigi Sehabis Makan.

Makanan serta minuman yang kita konsumsi megandung berbagai macam zat. Disarankan agar kita tidak langsung menggosok gigi segera setelah makan. Apalagi jika kita habis memakan makanan dan minuman yang bersifat asam. Makanan serta minuman yang bersifat asam misalnya jus jeruk, minuman bersoda, acar dan masih banyak lagi.

Gosok Gigi Sesudah Makan

Gosok Gigi Sesudah Makan. image [source]

Makanan serta minuman yang bersifat asam tersebut akan melunakkan lapisan enamel gigi. Jika enamel gigi kita sedang lunak lalu disikat maka lapisan paling luar gigi akan mudah mengalami erosi. Disarankan menggosok gigi paling tidak 30 menit sehabis makan. Sehingga efek asam yang terkandung dalam makanan sudah hilang.

3. Agar Pas Memakai Pakaian Ukuran Lebih Kecil, Naikkan Berat Badan.

Tips ini berguna terutama bagi cewek dan orang yang kegemukan. Ingin terlihat langsing sudah menjadi impian sebagian besar wanita. Meraka melakukan diet, mengurangi makanan untuk sekedar menurunkan berat badan. Sedikit saja baju mereka terasa sesak, mereka akan langsung frustasi dan stress. Mereka akan berusaha keras menurunkan berat badan agar pakaian mereka muat lagi.

Wanita Berolah Raga

Wanita Berolah Raga. image [source]

Sebenarnya untuk membuat pakaian kita muat lagi kita tak perlu susah-susah mengurangi berat badan. Sebaliknya kita perlu menaikkan berat badan dengan cara berolah raga. Yang membuat baju kita terasa sesak ketika di pakai adalah karena banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh. Dengan banyak banyak berolah raga lemak tersebut akan terbakar menjadi kalori dan kita menjadi lebih langsing. Lemak lemak tersebut kemudian akan diganti oleh otot yang semakin membesar. Tapi jangan berharap berat badanmu turun ya dengan berolah raga seperti itu. Sebagai informasi, otot mempunyai masa yang lebih besar di bandingkan lemak. Jadi meskipun kamu terlihat lebih langsing berat badanmu akan bertambah. Tidak apa-apa kan berat bertambah? Yang penting pakaian muat lagi.

4. Agar Total Kalori Yang Kita Makan Selih Sedikit, Makanlah Banyak.

Saking kepengennya memiliki berat badan yang ideal, kadang kita menghindari makan besar dan hanya memakan biskuit atau camilan. Hasil penelitian menunjukkan, makan camilan serta biskuit tersebut justru meningkatkan kadar gula darah dan membuat kita makin lapar. Tanpa kita sadari, tubuh kita menuntut untuk makan kaborhidrat lagi dan lagi. Memang kelihatannya cuma ngemil tanpa makan besar. Tapi jika dijumlahkan, total kalori yang kita konsumsi lebih banyak dari pada ketika kita makan besar.

Diet Protein untuk Mengurangi Kalori

Diet Protein untuk Mengurangi Kalori. image [source]

Untuk mengatasinya, agar kalori yang kita makan lebih sedikit, kita perlu makan besar yang banyak mengandung protein. Protein menghasilkan lebih banyak energi pergramnya. Protein juga memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Dengan banyak mengkonsumsi protein, dan mengurangi porsi karbohidrat, kita akan merasa kenyang lebih lama. Hasil akhirnya, kalori total yang kita makan menjadi lebih sedikit.

5. Hindari Mengkonsumsi Minuman Berenergi Ketika Capek.

Minuman berenergi mengandung kafein 3 kali lebih banyak dibandingkan kopi. Namun efek segar yang diterima tubuh hanya sementara. Selain itu efek samping dari minum minuman berenergi ini adalah meningkatnya detak jantung, nerves dan cenderung mudah marah. Di dalam minuman berenergi juga terdapat stimulan sistem saraf pusat-taurin yang terlalu berlebihan. Kandungan gula yang ada dalam minuman berenergi pun cukup banyak. Tidak kurang dari 13 sendok gula dimasukkan kedalam minuman berenergi tersebut.

Minuman Berenergi

Minuman Berenergi. image [source]

Tingginya gula dalam minuman berenergi tersebut akan menaikkan kadar gula darah secara drastis. Namun itu hanya sementara. Dalam waktu sebentar, kadar gula darah kita akan turun drastis lagi. Efeknya, kita menjadi merasa makin lelah dan kepala pening. Kemudian kita akan meminum sekaleng lagi dan siklus berulang. Jika dibiarkan berlanjut, tubuh kita akan rusak. Oleh karena itu, jika lelah sebaiknya istirahat.

6. Jika Kepanasan, Minumlah Minuman Panas.

Saat kita kepanasan, biasanya kita langsung menuju kulkas dan mengambil minuman dingin. Siapa sangka ternyata minuman panas jusru lebih efektif dalam menurunkan suhu tubuh kita ketika kepanasan. Mungkin inilah mengapa orang orang india lebih memilih minum minuman panas ketika cuacanya panas.

minuman panas membuat tubuh dingin

Minuman Panas Membuat Tubuh Dingin. image [source]

Ketika kita minum sesuatu yang panas, tubuh akan bereaksi untuk menurunkan suhu. Caranya adalah dengan mengeluarkan keringat. Ketika keringan yang keluar ini menguap, sensasi dingin akan terasa di seluruh permukaan tubuh. Kita tidak akan merasa kepanasan lagi.

7. Ketika Merasa Merasa Sering Lelah, Berolahragalah.

Ketika kita merasa sering capek, maka yang terlintas pertama kali di pikiran kita adalah memperbanyak tidur. Namun peneliti menyarankan agar ketika sering merasa capek, kita justru perlu sering berolah raga. Menurut penelitian , kelelahan, depresi dan badmood dapat dikurangi dengan berolah raga 30 menit.

Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah

Berolahraga Agar Tidak Mudah Lelah. image [source]

Dalam setiap aktivitas, kita membutuhkan energi. Energi dalam tubuh, kita peroleh dari pembakaran nutrisi dengan oksigen. Dengan banyak banyak berolah raga, sisem sirkulasi oksigen dalam tubuh kita akan semakin baik. Kemampuan paru paru dalam menangkap oksigen meningkat, demikian juga sel sel tubuh kita akan dapat memanfaatkan oksigen secara lebih efisien. Dengan begitu tubuh kita akan makin tahan melakukan aktivitas-aktivitas yang berat. Tubuh kita tidak lagi mudah lelah.

itulah 7 tips kesehatan anti mainstream dari iyakan.com yang dibahas kali ini. Coba praktekkan dan tubuhmu akan sehat secara alami.

No more articles