Seni beladiri sejatinya adalah merupakan bentuk dari metode sistem pertahanan yang digunakan seseorang untuk melindungi diri dari ancaman serangan musuh. Jika dihitung secara pasti, jumlah cabang dari seni beladiri di dunia ini mungkin ada banyak sekali jumlahnya. Namun meskipun begitu, setiap cabang seni beladiri ternyata memiliki teknik dan gerakan khusus yang telah menjadi ciri khasnya masing-masing. Nah diantara sekian banyak cabang seni beladiri yang ada di dunia, berikut ini adalah beberapa cabang seni beladiri terbaik yang harus kamu ketahui.

1. Karate

Karate

Karate [ image source ]

Di Indonesia, karate adalah merupakan salah satu jenis cabang seni beladiri yang telah populer. Dalam bahasa Jepang, karate memiliki arti sebagai tangan kosong. Seni bela diri ini berasal dari pulau Okinawa Jepang dan didirikan oleh Shoshin Nagamine yang didasarkan pada ajaran Yatsusune Anko Itosu.

2. Taekwondo

Taekwondo

Taekwondo [ image source ]

Seni beladiri taekwondo pertama kali didirikan oleh seorang jenderal tentara Korea Selatan yang bernama Choi Hong Hi. Jika diterjemahkan taekwondo berarti adalah “dengan cara kaki dan tangan”. Namun sejatinya seni beladiri ini lebih sering mengutamakan gerakan kekuatan kaki ketimbang gerakan kekuatan tangan.

3. Judo

Judo

Judo [ image source ]

Judo adalah merupakan jenis seni bela diri asli dari negara Jepang yang didirikan oleh Kano Jigoro. Judo adalah merupakan seni beladiri pertama di Jepang yang memperoleh pengakuan International serta menjadi salah satu cabang beladiri Jepang pertama yang masuk cabang olahraga resmi Olimpiade.

4. Kungfu

Kungfu

Kungfu [ image source ]

Kungfu atau yang kini lebih dikenal dengan nama modern Wushu adalah merupakan ilmu seni beladiri yang berasal dari Tiongkok. Secara arti luas, kungfu memiliki makna yakni sesuatu yang diperoleh dalam jangka waktu lama yang disertai dengan ketekunan yang tinggi. Beberapa jenis kungfu yang masih ada hingga kini adalah kungfu Shaolin, Wing Chun dan Tai Chi.

5. Capoeira

Capoeira

Capoeira [ image source ]

Sebagian jenis seni beladiri yang terkenal memang berasal dari negara Asia. Namun di negara Brazil juga memiliki seni beladiri terkenal yaitu capoeira yang diciptakan oleh budak Afrika pada tahun 1500-an.. Seni beladiri ini memanipulasi gerakan tarian akrobatik yang disertai dengan gerakan menendang untuk menyerang lawan.

6. Kali

Kali

Kali [ image source ]

Seni beladiri yang dinamai dengan kali adalah berasal dari negara Filipina yang lebih mengutamakan menggunakan senjata seperti rotan, kayu, pisau hingga pedang. Menurut informasi sejarah, kali sejatinya adalah merupakan kemampuan seni beladiri yang dimiliki oleh para pasukan elit Majapahit dari negara Nusantara di masa lampau.

7. Muay Thai

Muay Thai

Muay Thai [ image source ]

Muay Thai adalah merupakan seni beladiri yang berasal dari negeri Gajah Putih Thailand. Muay Thai juga disebut sebagai salah satu jenis golongan seni beladiri yang ganas. Alasannya adalah karena dalam beladiri ini menggunakan metode gabungan dari gerakan tangan, kaki, tulang kering, lutut dansiku untuk menyerang lawan.

8. Pencak Silat

Pencak Silat

Pencak Silat [ image source ]

Hingga kini asal-usul tentang siapa pencipta dan pendiri seni beladiri pendak silat masih belum diketahui. Namun yang jelas banyak yang mempercayai bahwa seni beladiri pencak silat berasal dari negara Indonesia yang seni beladiri tersebut juga dianut oleh bangsa lainnya, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand dan Filipina.

No more articles