Bicara mengenai keberadaan dari sosok hantu atau makhluk astral, setiap daerah di seluruh penjuru dunia pasti memiliki kisah mistisnya masing-masing. Seperti halnya dengan di Indonesia yang dikenal memiliki banyak sekali sosok hantu menyeramkan yang ditakuti oleh banyak orang. beberapa hantu tersebut adalah pocong, kuntilanak, genderuwo, wewe gombel dan yang lainnya. Namun dari sekian banyak hantu yang ada, sosok hantu yang berwujud wanita tua atau nenek-nenek adalah yang paling umum ada dijumpai di hampir seluruh penjuru dunia. Berikut ini adalah 9 sosok hantu nenek yang dianggap paling menyeramkan dari berbagai wilayah di Dunia.

1. Onibaba

Onibaba

Onibaba [ image source ]

Onibaba adalah merupakan wujud dari hantu wanita tua dalam cerita rakyat Jepang. Onibaba diyakini sebagai jelmaan wanita yang meniggal dengan penuh rasa dendam atas karma karena perbuatan buruk yang pernah dilakukannya. Karakter onibaba kerap muncul dalam cerita legenda seperti kisah Momiji Densetsu dar Togakhusi dan Suzuka Gozen.

2. Baba Yaga

Baba Yaga

Baba Yaga [ image source ]

Sosok Baba Yaga adalah merupakan sosok hantu menyeramkan yang kerap diceritakan dalam cerita rakyat Rusia. Baba Yaga dipercaya hidup dan tinggal di dalam rumah di hutan yang gelap dan misterius. Baba Yaga juga diyakini sebagai nenek tua jahat yang suka sekali mengganggu manusia, seperti membuat manusia yang masuk kedalam hutan tidak dapat kembali lagi.

3. Nenek Kebayan

Nenek Kebayan

Nenek Kebayan [ image source ]

Nenek Kebayan adalah merupakan sosok dari kisah hantu wanita tua dari Malaysia. Sosoknya sering digambarkan sebagai hantu nenek tua renta berambut putih, kusut dengan pakaian yang sangat lusuh. Versi yang beredar, Nenek Kebayan sering menggangu manusia khususnya anak-anak, namun ada juga kabar bahwa Nenek Kabayan suka mendatangi orang untuk memberikan pusaka.

4. Nenek Ostankino

Nenek Ostakino

Nenek Ostakino [ image source ]

Dinamai dengan nenek Ostankindo adalah karena sosok hantu ini kerap menampakkan diri di distrik Ostankino, Moskow, Rusia. Berbeda dengan hantu yang sebelumnya, meski menyeramkan Nenek Ostankino dianggap sebagai sosok hantu yang bijaksana. Kemunculannya sering diartikan sebagai sebuah pertanda atau peringatan akan terjadinya bahaya atau bencana.

5. Nenek Gayung

Nenek Gayung

Nenek Gayung [ image source ]

Nenek Gayung oleh khususnya masyarakat Jakarta sering digambarkan sebagai sosok nenek tua renta yang sering berdiri di pinggir jalan sambil membawa segulung tikar dan sebuah gayung. Kabarnya, tikar dan gayung yang dibawa akan digunakan untuk memandikan orang-orang yang telah dipilih untuk menjadi korban atau tumbalnya.

6. Gui Po

Gui Po

Gui Po [ image source ]

Meski sering dianggap sebagai hantu wanita tua yang suka usil kepada manusia, namun dari beberapa versi Guipo dipercaya sebagai sosok hantu jelmaan dari para arwah asisten rumah tangga di China yang kembali sengaja kembali kerumah untuk membantu pemilik rumah. Kabarnya Gui Po tidak segan untuk menjaga rumah hingga menjaga bayi dari gangguan orang jahat.

7. Jenny Greenteeth

Jenny Greenteeth

Jenny Greenteeth [ image source ]

Jenny Greenteeth adalah merupakan sosok mistis dari cerita rakyat Inggris. Jenny juga memiliki banyak nama populer lainnya seperti Ginny, Jinny, Jeannie, atau Wicked Jenny. Konon kabarnya ia adalah sosok perempuan gila yang suka banget membunuh orang demi kesenangannya. Dalam beberapa kisah legenda, sosoknya suka melahap anak-anak hingga orang tua.

8. Pisadeira

Pisadeira

Pisadeira [ image source ]

Pisadeira adalah merupakan sosok makhluk mitologi dari kisah legenda yang ada di wilayah Brazil. Arti dari Pisadeira adalah dia yang melangkah yang sosoknya digambarkan sebagai wanita tua renta bertubuh jangkung, berkuku panjang, rambut putih, berhidung panjang, serta bermata merah. Kabarnya kebiasaan Poisadeira adalah menginjak dada manusia saat sedang tertidur.

9. Muma Paduri

Muma Paduri

Muma Paduri [ image source ]

Dalam cerita rakyat Rumania, Muma Paduri adalah merupakan jelmaan dari hantu wanita tua berwajah buruk yang tinggalnya di hutan. Selain berwajah menyeramkan, Muma Paduri dipercaya adalah makhluk jahat yang suka menyerang dan menculik anak-anak untuk dijadikan budaknya. Salah satu kisah paling populer darinya adalah ketika ia merebus anak perempuan hidup2 untuk dijadikan sup.

No more articles