Rasanya tidak mungkin dalam hidup ini tidak mengalami sesuatu yang baru. Mungkin saat ini kamu telah diterima di sebuah perusahaan dan kamu mulai masuk kantor baru. Beradaptasi di tempat kerja yang baru sangat diperlukan untuk menunjang tugas-tugas pekerjaan dari kantor. Merupakan hal yang wajar jika kamu sempat bertindak ragu-ragu, canggung, gugup dan merasa asing.

Sejatinya rasa-rasa itu datang karena kamu belum mengalami atau terjun langsung dalam lingkungan baru tersebut. Akan tetapi jangan khawatir karena rasa-rasa yang kamu alami itu hanya datang saat beradaptasi. Maka dari itu lakukan hal-hal berikut agar kamu cepat beradaptasi dan betah bekerja. Kita simak ulasannya.

1. Pelajari Etika dan Budaya Kerja Di Kantor Baru

Hal pertama dan penting yang harus kamu lakukan saat mau beradaptasi di kantor baru adalah mempelajari etika dan budaya kerja di sana. Setiap kantor memiliki etika dan budaya kerjanya masing-masing.

Etika dan budaya kerja [ Image Source ]

Etika dan budaya kerja [ Image Source ]

Ada beberapa hal khusus yang harus kamu ketahui sehingga kamu dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan semua karyawan di tempat kerja baru tersebut.

2. Tunjukkan Semangatmu Dalam Bekerja

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menunjukkan bahwa kamu memiliki semangat kerja yang tinggi. Jangan sampai kamu terlihat lesu, lelah dan tidak semangat bekerja. Seberat apapun pekerjaan yang kamu lakukan tidak boleh menyurutkan semangat kerjamu. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi mu di kantor baru tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.

Tunjukkan semangat dalam bekerja [ Image Source ]

Tunjukkan semangat dalam bekerja [ Image Source ]

3. Mau Belajar Hal-hal Baru

Mungkin saat kamu di terima kerja di bidang yang terlalu belum kamu kuasai. Pasti ada saja hal-hal yang baru untuk dipelajari di tempat kerja. Jangan malu untuk menanyakan hal-hal yang tidak kamu ketahui kepada seniormu di kantor atau orang yang sudah berpengalaman. Lebih baik bertanya daripada apa yang kamu lakukan salah atau keliru.

Mau belajar hal-hal baru [ Image Source ]

Mau belajar hal-hal baru [ Image Source ]

Jangan bersikap sok tahu akan suatu hal. Kamu juga mesti mahir dengan beragam perangkat teknologi di kantor baru. Belajarlah sedikit demi sedikit sesuai kemampuan mu atau sesuai dengan target perusahaan atas pekerjaanmu. Usahakanlah kamu selalu menguasai keterampilan baru sesuai harapan yang telah ditetapkan kantor kamu.

4. Inisiatif dan Kreatif

Setiap hari di tempat kerja kamu akan menemui masalah atau hal-hal yang bersifat besar atau kecil. Kamu sebaiknya mawas dalam diri dalam hal apapun. Selalu menunjukkan diri dengan sikap inisiatif dan ide-ide kreatif terkait masalah yang ada.

Inisiatif dan kreatif [ Image Source ]

Inisiatif dan kreatif [ Image Source ]

Dengan menunjukkan sikap kamu yang seperti itu, semua karyawan kantor akan mengenalimu. Dan jika sikap inisiatif dan ide-idemu benar-benar brilian, maka kamu akan mendapatkan penghargaan dari pimpinan dan karyawan di kantor baru.

5. Kenali Semua Orang di Kantor Baru

Semua orang yang berada di lingkungan kerja baru harus kamu kenalli. Dari pimpinan sampai karyawan terendah. Merupakan suatu hal yang konyol ketika kamu melintas dengan sikap cuek di depan pimpinan kantor tempat kamu bekerja. Sangat penting mengenali orang-orang yang berada di lingkungan kerjamu.

Kenali semua orang [ Image Source ]

Kenali semua orang [ Image Source ]

Selalulah bersikap professional dengan semua orang di kantor. Hubungan professional penting sekali diterapkan di tempat kerja agar fungsi manajemen di kantor berjalan dengan baik. Hubungan professional yang kamu bangun dengan semua orang akan membangun sebuah tim kerja yang solid untuk mencapai kesuksesan kantor.

Itu tadi lima tips yang bisa kamu terapkan dikantor baru. Semoga kamu beroleh kesuksesan dan dapat meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga bermanfaat.

No more articles