Ponorogo bisa dibilang merupakan sebuah kabupaten di provinsi jawa timur, ponorogo ini letaknya ada di bagian paling barat dari propinsi jawa timur berbatasan langsung dengan provinsi jawa tengah. Terkenal dengan reog ponorogonya, sebetulnya kota kecil ini memiliki pesona pemandangan alam yang memukau lho yang layak untuk di kunjungi. Salah satunya adalah tempat wisata air terjun.

Sudah Tahu Belum?Ini 5 Air Terjun Dengan Pemandangan Paling Indah Di Ponorogo.

Sudah Tahu Belum?Ini 5 Air Terjun Dengan Pemandangan Paling Indah Di Ponorogo. Image [source]

Sudah pernah menjelajah air terjun demi air terjun yang ada di ponorogo belum? Jika kamu tertarik, berikut ini 5 air terjun dengan pemandangan paling indah yang ada di kabupaten ponorogo.

1. Air Terjun Jurang Gandul Ponorogo.

Air Terjun Jurang Gandul Ponorogo.

Air Terjun Jurang Gandul Ponorogo. Image [source]

Air terjun ini ada di desa ngrayun, jame dukuh, ngembel, baosan lor, ponorogo. Perlu masuk sejauh 1 km dari jalan Mrayan-baosan, kita bisa menitipkan kendaraan ke rumah rumah warga diatas air terjun. Tak Cuma air terjun yang bikin seger saja lho. disini kita akan di suguhi dengan pemandangan perbukitan yang ada di bawah air terjun. Kebetulan di bawah air terjun ini ada jurang yang berujung pada pemandangan perbukitan hijau nan memukau. Air di ar terjun jurang gandul ini sangat jernih dan banyak batuan batuan besarnya. Pantangan yang ada di jurang ini, kalau melihat ikan sidat jangan di foto, di pancing apalagi diambil ya.

2. Air Terjun Mlaten, Ponorogo.

Air Terjun Mlaten, Ponorogo.

Air Terjun Mlaten, Ponorogo. Image [source]

Sesuai namanya, air terjun ini ada di perdukuhan mlaten, desa temon kecamatan sawoo. Di kenal juga sebagai air terjun kali kokok karena air terjun ini ada pada aliran sungai kali kokok. Salah satu keunggulan dari air terjun mlaten ini adalah kondisinya yang masih alami, belum di kelola pemerintah dan hanya masyarakat sekitarlah yang mengelolanya. Kalau mau menikmati keundahannya, sebaiknya kamu datang di musim penghujan ya karena debit air terjun ini tergantung curah hukan. Ketika datang di musim hujan, pemandangannya bakalan indah maksimal.

3. Air Terjun Kalimalang Ponorogo.

Air Terjun Kalimalang Ponorogo.

Air Terjun Kalimalang Ponorogo. Image [source]

Air terjun yang satu ini masih ada di kecamatan sawoo. Yang unik dari air terjun kalimalang ini adalah bentuk bebatuannya yang bersar besar dan beraneka warna. Selain sebagai tempat wisata, aliran kalimalang juga di manfaatkan warga untuk irigasi dan keperluan lain lho. tak heran banyak pipa pipa yang terpasang mengarah ke pemukiman warga. Di sepanjang aliran sungai banyak titik titik air terjun dan kubangan yang kedalamannya mencapai 7 meteran. Anak anak pun banyak sering bermain di area aliran sungai kalimalang ini. bebatuannya bakal bikin nuansa unik deh.

4. Air Terjun Widodaren Ponorogo.

Air Terjun Widodaren Ponorogo.

Air Terjun Widodaren Ponorogo. Image [source]

Air terjun ini ada di wilayah barat ponorogo. Meskipun air terjunnya terbilang kecil, tapi pemandangan indah siap disuguhkan ketika kamu berkunjung kesini. Salah satu faktor keindahan air terjun Widodaren adalah kondisinya yang masih alamai. Di sekeleling air terjun ada tumbuhan tumbuhan hijau yang makin subur ketika musim hujan datang. Selain itu formasi batuan yang ada di sekelilingnya juga cukup memukau. Sebaiknya berkunjung kesini ketika musim penghujan saja ya pas debit airnya lagi besar.

5. Air Terjun Pletuk Ponorogo.

Air Terjun Pletuk Ponorogo.

Air Terjun Pletuk Ponorogo. Image [source]

Air terjun ini ada di dusun dukuh krangan desa jurug, kecamasan sooko ponorogo. Air terjunnya ada di tengah tengah pemandangan alam pepohonan hijau asri. Berada pada keringgan 450 Mdpi, suhu udara di sekitar air terjun pletuk sudah pasti sejuk banget. Fasilitas wisata di sekitar air terjun pletuk cukup lengkap. Ada mushola, tempat parkir, warung makan dan masih banyak lagi. kalau tak punya kendaraan sendiri ada juga kok angkutan umum angkudes yang siap membawamu kesana. Selain air terjun, kamu juga bisa menikmati wahana permainan flying fox dan jembatan gantung.

Itu dia 5 tempat wisata air terjun di kota ponorogo. Kamu lebih tertarik untuk mengunjungi yang mana.

No more articles