Pulau jawa terbentang luas dari banten di ujung barat sampai banyuwangi di ujung timur. Tapi anehnya yang diberi julukan orang jawa biasanya hanyalah mereka mereka yang berasal dari solo atau jogja. Orang orang dari ke dua kota ini pun ke tika pergi merantau di kota lain seperti jakarta atau bandung sering di tak bisa lepas dari anggapan anggapan umum orang orang disekitarnya. Orang orang seringkali memberi stereotip pada orang orang jawa.

Kamu Orang Jawa 5 Stereotip Salah Tentang Orang Jawa Yang Di Gambarkan Di Film Film Ini Pasti Bikin Kamu Kesel

Kamu Orang Jawa 5 Stereotip Salah Tentang Orang Jawa Yang Di Gambarkan Di Film Film Ini Pasti Bikin Kamu Kesel Image [source]

Di berbagai film, stereotip orang jawa ini seringkali di gambarkan secara jelas. Apa saja sih stereotip orang jawa yang sering di tampilkan dalam film film tersebut? ini dia 5 diantaranya. Yang nomor 4 pasti bikin kamu kesel kalau kebetulan kamu adalah orang jawa.

1. Orang Jawa Itu Kalau Ngomong Lambat Dan Penuh Basa Basi.

Orang Jawa Itu Kalau Ngomong Lambat Dan Penuh Basa Basi.

Orang Jawa Itu Kalau Ngomong Lambat Dan Penuh Basa Basi. Image [source]

Beda dengan gaya ngomong orang batak, yang cenderung keras dan cepat. Orang orang jawa umumnya kalau ngomong itu temponya lambat dan penuh basa basi. Itu karena watak orang jawa itu cenderung lembut. Mereka hati hati dalam berbicara karena takut menyinggung dan melukai perasaan orang. bagus sih, tapi kadang basa basinya sering membuat miskomunikasi.

2. Orang Orang Jawa Identik Dengan Cara Bicaranya Yang Medhok.

Orang Orang Jawa Identik Dengan Cara Bicaranya Yang Medhok.

Orang Orang Jawa Identik Dengan Cara Bicaranya Yang Medhok. Image [source]

Di dalam film film orang jawa sering di gambarkan dengan gaya bicara yang medhok. Beberapa kata sering di tambahi huruf m di depanya. Misalnya bantul diucapkan jadi mbantul, bangun rumah jadi mbangun rumah. Keunikan gaya bicara yang medhok dari orang jawa ini sayangnya sering jadi bahan olok olok dan dianggap kampungan. Padahal tiap wilayah kan punya ciri khas masing masing yang punya kelebihan dan kekurangan.

3. Di Film Film Orang Jawa Di Gambarkan Dengan Ciri Khas Pakai Sorjan Atau Pakai Blangkon.

Di Film Film Orang Jawa Di Gambarkan Dengan Ciri Khas Pakai Sorjan Atau Pakai Blangkon

Di Film Film Orang Jawa Di Gambarkan Dengan Ciri Khas Pakai Sorjan Atau Pakai Blangkon Image [source]

Sorjan dan blankon merupakan pakaian khas orang jawa yang di pakai di acara acara tertentu. Anehnya, dalam film film orang jawa selalu di gamparkan pakai surjan dan blangkon sepanjang waktu. Penggambaran yang kurang tepat sebenarnya, karena aslinya orang jawa dalam keseharian juga tak jarang pake kaos dan kemeja biasa.

4. Dalam Film Film Orang Jawa Sering Di Gambarkan Bekerja Sebagai Pembantu.

Dalam Film Film Orang Jawa Sering Di Gambarkan Bekerja Sebagai Pembantu.

Dalam Film Film Orang Jawa Sering Di Gambarkan Bekerja Sebagai Pembantu. Image [source]

Dalam banyak film, peran pembantu sering kali di panggil dengan julukan simbok. Celakanya kebanyakan yang di panggil simbok dalam film film itu merupakan orang jawa. Selain simbok simbok sosok pembantu cowok dalam film film juga sering di gambarkan sebagai sosok orang jawa. Stereotip yang bikin kesel ya. Memang sih banyak orang jawa yang merantau ke kota besar untuk jadi aistem rumah tangga. Tapi orang jawa yang sukses kan juga banyak.

5. Orang Jawa Sering Di Gambarkan Dengan Perilakunya Yang Ndeso.

Orang Jawa Sering Di Gambarkan Dengan Perilakunya Yang Ndeso.

Orang Jawa Sering Di Gambarkan Dengan Perilakunya Yang Ndeso. Image [source]

Kata kata ndeso bisa jadi di populerkan oleh tukul arwana lewat acaranya yang berjudul 4 mata. Ndeso sendiri bisa diartikan sebagai perilaku yang tidak sejalan dengan perkembangan teknologi. Ketika orang orang binggung dan tidak bisa menggunakan teknologi teknologi baru mereka dianggap ndeso. Salah satu contohnya misalnya, selalu lepas alas kaki ketika masuk gedung tertentu. Atau mengetuk ngetuk pintu padahal ada bel nya. anggapan bahwa orang jawa itu ndeso tentu saja anggapan yang salah. buktinya banyak juga kok orang orang jawa yang pintar pintar, tidak gaptek dan berpendidikan tinggi.

Dari ke lima anggapan umum tentang orang jawa tersebut, mana yang sering bikin kamu kesel?

No more articles