Sayur dan buah-buahan dipercaya sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh. Cara mengkonsumsinya pun terbilang sangat mudah yaitu bisa dimakan langsung dikupas, atau dimasak terlebih dahulu. Nah dalam hal cara mengkonsumsi buah dan sayur, mungkin masih ada banyak orang yang belum paham bahwa pada beberapa bagian yang mungkin sering kita abaikan atau dibuang saat mengkonsumsi buah dan sayur ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti halnya dengan beberapa bagian buah dan sayur berikut ini yang paling sering diabaikan karena dianggap tidak memiliki manfaat bagi tubuh. Yuk langsung saja simak bagian buah dan sayur yang sering dibuang tapi justru memiliki manyak manfaat bagi tubuh.

1. Kulit Semangka

Kulit Semangka

Kulit Semangka [ image source ]

Kulit semangka adalah salah satu bagian yang paling sering dibuang dan diabaikan oleh setiap orang karena tidak memiliki rasa seperti pada buahnya. Namun tahu nggak bahwa kulit semangka ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan sangat cepat. Kandungan kalium dan curculin yang ada di kulit semangka ternyata dapat membantu memperlancar peredahan darah serta menjaga kesehatan jantung.

2. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk [ image source ]

Tidak hanya dapat menimbulkan bau khas jeruk yang menyegarkan, kulit jeruk ternyata juga memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membantu memutihkan kulit secara alami. Bahkan kandungan flavonoid dan vitamin c kulit jeruk juga dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker yang berada di dalam tubuh manusia. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, yaitu bisa diseduh atau di konsumsi langsung secara rutin.

3. Daun Wortel

Daun Wortel

Daun Wortel [ image source ]

Secara garis besar, wortel yang dijual dipasaran mungkin sudah sekaligus dibersihkan dari daunnya. Namun bagi kamu yang masih menemukan daun ortel yang masih menempel sebaiknya jangan buang daun wortel tersebut. Sama halnya dengan umbi wortel, daun wortel ternyata juga tinggi akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Nah buat yang sering nyeri sendi, daun wortel juga baik untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Tongkol Jagung

Tongkol Jagung

Tongkol Jagung [ image source ]

Bagaimanapun cara memasak dan mengkonsumsinya, tongkol jagung adalah salah satu bagian dari jagung yang paling sering dibuang. Namun kali ini mungkin perlu kamu pertimbangkan lagi karena tongkol jagung ternyata dapat digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol. Kandungan senyawa flavonoid, senyawa fenol, yang terdiri dari 15 atom karbon atau yang juga disebut dengan senyawa antioksigen tersebut dapat mencegahterjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

5. Daun Lobak

Daun Lobak

Daun Lobak [ image source ]

Sama halnya dengan daun wortel, keberadaan daun lobak juga sering sekali diabaikan oleh para penikmat lobak. Padahal daun lobak ternyata memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Jika dikonsumsi secara rutin, daun lobak ternyata nggak hanya mampu membuat kulit terlihat awet muda, tapi juga sekaligus membantu tubuh dalam mempercepat pemulihan sel kulit yang rusak.

6. Kulit Apel

Kulit Apel

Kulit Apel [ image source ]

Tidak hanya daging buahnya saja yang ternyata baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes. kulit dari buah apel yang sering kali dibuang begitu saja ternyata juga sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah dari para penderita diabetes. Antioksidan yang terkandung dalam kulit apel ternyata dapat membantu mengurangi aktivitas enzim yang memecah zat tepung menjadi gula. Nah untuk menghindari terkena masalah diabetes, mulai kini makan apel sekaligus kulitnya ya?

7. Batang Dan Daun Brokoli

Batang Dan Daun Brokoli

Batang Dan Daun Brokoli [ image source ]

Hingga saat ini kebiasaan banyak orang dalam mengolah brokoli adalah hanya dengan mengambil kuntum bunga brokolinya saja. Padahal, batang brokoli serta daunnya ternyata juga bisa diolah untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. daun brokoli ternyata memiliki kandungan tinggi vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan pada batang brokoli mengandung sulforaphane untuk mencegah bahaya dari terpapar sinar ultraviolet.

No more articles