Siapa sih yang tidak suka kopi? Rata rata orang dewasa saat ini suka kopi baik kopi pahit maupun kopi yang telah di campur dengan susu maupun creamer. Kopi di percaya mampu menghilangkan kantuk, meningkatkan stamina dan teman terbaik ketika seseorang mau begadang. Celakanya kebiasaan minum kopi pada orang dewasa ini kadang membuat anak anak ikut ikutan. Berawal dari menseruput sedikit kopi dari gelas orang tuanya, mereka pun jadi ikut ketagihan minum kopi.

Bagus Untuk Orang Dewasa, Ternyata Kopi Bahaya Lho Bagi Anak Anak

Bagus Untuk Orang Dewasa, Ternyata Kopi Bahaya Lho Bagi Anak Anak Image [source]

Menurut para ahli kesehatan, ternyata kebiasaan minum kopi pada anak anak itu tidak baik. berikut ini beberapa efek negatif yang disebabkan karena kebiasaan minum kopi pada anak dan cara pencegahannya.

1. Penyebab Banyak Anak Anak Minum Kopi.

Penyebab Banyak Anak Anak Minum Kopi.

Penyebab Banyak Anak Anak Minum Kopi. Image [source]

Penyebab kenapa anak anak sekarang banyak yang kecanduan kopi di usianya yang masih dini tentu saja karena kebiasaan orang tuanya. anak anak sering melihat orang tua mereka minum kopi. Ketika mereka mencicipi, rasanya cukup enak sehingga mereka jadi ketagihan. Anak anak dari keluarga kaya ternyata lebih besar peluangnya mengalami kecanduan kopi.

2. Kopi Beresiko Menganggu Pertumbuhan Anak.

Kopi Beresiko Menganggu Pertumbuhan Anak.

Kopi Beresiko Menganggu Pertumbuhan Anak. Image [source]

Seperti kita kerahui bersama, anak anak sedang ada pada masa pertumbuhan. Agar pertumbuhan bisa optimal mereka perlu tidur hingga 12 jam sehari. Karena kebiasaan minum kopi, mereka bisa mengalami insomnia. Karena susah tidur pertumbuhan mereka pun bisa terhambat. Oleh karena itu sebaiknya tidak sering sering mengijinkan anak minum kopi.

3. Kafein Membuat Anak Anak Jadi Hiperaktif Dan Susah Konsentrasi.

Kafein Membuat Anak Anak Jadi Hiperaktif Dan Susah Konsentrasi.

Kafein Membuat Anak Anak Jadi Hiperaktif Dan Susah Konsentrasi. Image [source]

Dalam kopi ada kafein. Salah satu efek dari kafein ini adalah memperbanyak hormon andrenalin yang berakibat jantung memompa darah lebih cepat. Metabolisme tubuh pun jadi cepat sehingga anak jadi lebih berenergi. Karena ecergi berlimpah limpah, anak pun jadi hiperaktif. Kefein juga punya efek membuat anak jadi gelisah dan sukar konsentrasi. Positif bagi orang dewasa, ternyata kafein cukup bahaya bagi anak anak.

4. Penyerapan Nutrisi Jadi Kurang Optimal Dengan Keberadaan Kafein.

Penyerapan Nutrisi Jadi Kurang Optimal Dengan Keberadaan Kafein.

Penyerapan Nutrisi Jadi Kurang Optimal Dengan Keberadaan Kafein. Image [source]

Kafeiin ini lebih mudah terikat dengan darah dibandingkan dengan kemampuan darah mengikat nutrisi. Kafein juga berpengaruh terhadap penyerapan kalsium. Kafein ini bagi tubuh merupakan sesuatu yang harus di buang. Untuk membuangnya, ginjal mengelontorkan banyak air. Tak heran ketika minum kopi seseorang biasanya jadi beser, sering sering buang air kecil. karena banyak cairan tubuh yang di gelontorkan untuk membuang kafein dalam ginjal ini, ada beberapa bagian kalsium yang belum sempat terserap. Rugi dong makan makanan berkalsium tinggi tapi gagal diserao karena ulah kafein yang berlebihan.

5. Kebiasaan Minum Kopi Mengurangi Nafsu Makan.

Kebiasaan Minum Kopi Mengurangi Nafsu Makan.

Kebiasaan Minum Kopi Mengurangi Nafsu Makan. Image [source]

Bagi orang dewasa, kopi bagus untuk diet karena bisa menurunkan selera makan, tapi bagi anak anak, menurunnya selera makan akibat kopi ini cukup mengkhawatirkan, sebabnya, anak anak perlu banyak nutrisi. Mereka perlu banyak makan. Kalau karena minum kopi mereka jadi susah makan, bisa bisa mereka tidak mendapatkan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan bisa optimal.

Agar anak anak tidak ikut kecanduan kopi di usianya yang masih muda, sebaiknya orang tua mulai memberitahu bahaya kopi bagi anak anak. Jelaskan dan anak anak pun akan mengerti. Ketika anggota keluarga lain minum kopi, sediakan minuman alternatif pada anak anak yang lebih sehat dan mereka sukai. Jus buah sepertinya cukup bagus untuk menggantikan kopi bagi anak anak.anak anak sebaiknya jangan minum kopi dulu sebelum umur mereka 12 tahun

No more articles