Tidur di ruang ber-AC memang nyaman. Terutama kalau cuacanya sedang panas panasnya karena mau hujan. Dengan AC seseorang biasanya bisa tidur lebih nyenyak. Tapi tidak semua orang bisa bruntung memiliki kamar tidur yang ber-ac ini. entah karena alasan listrik enggak kuat atau memang kamarnya banyak bukaan sehingga di beri ac juga percuma karena dinginnya bocor kemana mana.

Tidur Dengan Kipas Angin Buruk Tidak Sih Efeknya Bagi Kesehatan Ini Dia Penjelasannya

Tidur Dengan Kipas Angin Buruk Tidak Sih Efeknya Bagi Kesehatan Ini Dia Penjelasannya Image [source]

Alternatif pertama ketika tidak ada ac di dalam kamar adalah menggunakan kipas angin. Namun banyak juga yang takut menggunakan kipas angin ketika tidur. Penyebabnya banyak rumor yang beredar jika tidur menggunakan kipas angin itu efeknya tidak bagus bagi kesehatan. Selain bisa terkena paru paru basah di percaya ada banyak gangguan kesehatan lain yang disebabkan ketika kita tidur memakai kipas angin. Benarkah kipas angin itu buruk bagi kesehatan ketika dinyalakan saat tidur? Ini dia penjelasannya.

1. Kipas Angin Bisa Menyebabkan Tubuh Kita Mengalami Dehidrasi.

Kipas Angin Bisa Menyebabkan Tubuh Kita Mengalami Dehidrasi.

Kipas Angin Bisa Menyebabkan Tubuh Kita Mengalami Dehidrasi. Image [source]

Ketika cuaca panas, sebenarnya tubuh kita punya mekanisme tersendiri lho untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. Salah satunya ya dengan berkeringat tadi. ketika keringat di keluarkan di permukaan kulit, maka keringat tersebut sedikit demi sedikit akan berubah menjadi uap dengan membawa serta sebagian panas di permukaan tubuh kita. karena sebagian panas ikut menguap, suhu tubuh kita pun ikut stabl. Namun jika ada kipas angin, uap air di sekitar tubuh langsung tertiup pergi. udara disekitar kita pun jadi kering lagi sehingga mempercepat laju penguapan cairan di permukaan tubuh kita. jika ini terjadi dalam jangka waktu yang lama maka kita pun akan mengalami dehidrasi.

2. Memicu Tenggorokan Dan Kerongkongan Kering.

Memicu Tenggorokan Dan Kerongkongan Kering

Memicu Tenggorokan Dan Kerongkongan Kering Image [source]

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, kipas angin meniup kandunga uap air di sekitar kita menjauh. Akibatnya udara jadi kering. Udara yang kering ini akan menghisap banyak air dari permukaan tubuh kita yang terhubung ke udara luar. Kerongkongan dan tenggorokan adalah salah satu bagian tubuh yang kena efeknya saat kita bernafas atau membuka mulut. Akibatnya, ketika bangun tenggorokan serta kerongkngan kita terasa kering. Resiko radang pun jadi semakin besar.

3. Kipas Angin Meningkatkan Resiko Sinusitis.

 Kipas Angin Meningkatkan Resiko Sinusitis.

Kipas Angin Meningkatkan Resiko Sinusitis. Image [source]

Sinus merupakan saluran di belakang wajah yang menghubungkan hidung dengan mulut dan dengan organ pernafasan lain. sinus ini biasanya terisi oleh udara. Karena kita menggunakan kipas, maka sinus ini permukaan kulitnya bisa kering sama seperti bagian tenggorokan. Untuk mengatasi kekeringan di permukaan sinus ini, akan di keluarkan banyak lendir. Efek selanjutnya, lendir yang di keluarkan banyak banyak justru akan membuat sinus buntu. Kita pun jadi merasa pusing hebat akibat mengalami sinusitas ini.

4. Leher Mengalami Ketegangan.

Leher Mengalami Ketegangan.

Leher Mengalami Ketegangan. Image [source]

Pernah enggak bangun bangu leher kamu terasa kaku dan sakit ketika di pakai untuk menoleh. Biang kerok otot leher tegang ini ternyata salah satunya adalah penggunaan kipas angin. Otot leher yang terpapar udara dingin akan cenderung jadi kaku. Kalau kondisi ini berjalan semalaman, bisa dibayangkan bagaimana nasib lehermu di pagi hari. aktivitas seharian jadi terganggu leher kaku ini.

5. Kipas Angin Memperparah Penderita Astma

Kipas Angin Memperparah Penderita Astma

Kipas Angin Memperparah Penderita Astma Image [source]

Sakit astma terjadi ketika saluran pernafasan seseorang terlalu sensitif dengan partikel debu yang masuk ke saluran pernafasan. Kipas angin meskipun sering di bersihkan pasti mengumpulkan debu debu dari udara di sekitarnya ketika beroperasi. Ketika pertama kali di nyalakan, pastikel debu tersebut akan tertiup dan menyebar di ruangan. Yang punya sakit astma tentu sama langsung bereaksi terhadap debu debu yang beterbangan masuk ke saluran pernafasannya ini. sakit astma nya pun tambah parah deh.

Itulah 5 alasan kenapa kipas angin tidak bagus di pakai saat kamu tidur. Oleh karena itu sebisa mungkin dihindari ya.

No more articles