Selain soto dan mie ayam, bakso juga menjadi salah satu makanan favorit yang paling sering diburu oleh banyak orang dari seluruh lapisan golongan masyarakat. Bahkan fenomena kecintaan terhadap bakso membuat beberapa orang memilih untuk serius menekuni bisnis bakso sebagai mata pencahariannya. Uniknya beberapa orang yang berkesempatan ikut terjun ke bisnis bakso nekat membuat inovasi unik dari produk bakso yang mereka jual dengan tujuan agar lebih dapat menarik perhatian para konsumennya. Nah dari sekian banyak bakso unik yang ada, berikut ini adalah 7 bakso paling unik di Indonesia yang selalu diburu oleh banyak orang.

1. Bakso Beranak

Bakso Beranak

Bakso Beranak [ image source ]

Bakso beranak adalah merupakan menu bakso yang lagi ngehits dikalangan para pecinta kuliner bakso. Selain baksonya yang ukurannya lumayan besar, jika dibelah didalamnya akan ditemukan beberapa bakso yang ukurannya lebih kecil. Beberapa tempat kuliner bakso beranak paling ngehits diantaranya adalah Bakso Beranak Mas Jun Palembang, Big Bakso Family di Bogor, Bakso Cank Nur di Surabaya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Bakso Penyet

Bakso Penyet

Bakso Penyet [ image source ]

Nah jika kamu sudah terlalu mainstream makan bakso yang ada kuahnya, sesekali kamu harus cari bakso unik seperti yang satu ini yaitu bakso penyet. Sesuai dengan namanya, bakso penyet disajikan layaknya menu hidangan seperti tempe, ayam, atau lele penyet dengan sambal yang begitu pedas. Salah satu penjual bakso penyet yang paling diburu adalah bakso penyet yang dijual di Miss Judes di Depok.

3. Bakso Mercon

Bakso Mercon

Bakso Mercon [ image source ]

Nah buat kamu para pecinta pedas sekaligus pecinta kuliner bakso rasanya belum afdol jika kamu belum mencicipi bakso mercon. Dinamakan dengan bakso mercon adalah karena baksonya di isi dengan daging cincang yang sudah dicampur dengan potongan cabe rawit yang sangat banyak. Sensasi pedasnya dijamin bakal bisa bikin keringetan dan mulut dower. Salah satu kedai bakso Mercon adalah kedai bakso mercon Pakde Roso.

4. Bakso Klenger

Bakso Klenger

Bakso Klenger [ image source ]

Sesuai dengan namanya, makan bakso klenger dijamin bakal bikin penikmatnya menjadi klenger karena memang bakso ini memiliki ukuran yang sangat besar dimulai dari bakso yang beratnya 250 gram, 2kg, 3kg, hingga sampai 20kg. Untuk mencicipi bakso klenger ini kamu bisa langsung menuju ke Bakso Klenger Ratu Sari yang ada di Jl. Wahid Hasyim, No. 296, Nologaten, Sleman, yogyakarta. Pokoknya ajak temenmu ya biar kamu nggak benar-benar klenger.

5. Bakso Kelapa Muda

Bakso Kelapa Muda

Bakso Kelapa Muda [ image source ]

Menikmati bakso yang disajikan di atas mangkok mungkin sudah sangat biasa dijumpai. Namun bagi kamu yang ingin menikmati sensasi berbeda dari bakso yang disajikan di dalam kelapa muda, kamu bisa langsung di Kawasan Pasar 8, Tangerang atau juga dioutlet bakso lainnya yang menjual menu bakso seperti ini. Nggak hanya unik karena menggunakan kelapa muda sebagai mangkoknya, tapi air kelapanya juga turut dijadikan sebagai campuran kuahnya.

6. Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan [ image source ]

Meski namanya bakso Boedjangan, tapi yang sudah nggak bujang alias sudah laku boleh kok makan di bakso boedjangan. Di bakso Boedjangan ada banyak sekali menu unik seperti bakso isi keju, cabe rawit, atau bakso isi telur utuh. Bakso Boedjangan asalnya dari kota Bandung, dan sekarang sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di berberapa kota besar di Indonesia. nah kalau di kotamu ada, jangan lupa mampir mencicipi bakso Boedjangan ya?

7. Bakso Comberan

Bakso Comberan

Bakso Comberan [ image source ]

Meksi namanya bakso comberan, namun untuk rasanya nggak sejijik dan secomber seperti namanya. Diberi naman bakso comberan adalah karena kuahnya berbeda dari bakso umumnya yang bening melainkan berwarna hitam pekat layaknya air comberan. Warna hitam pada kuah bakso ini ternyata berasal dai kluwak yang biasa dipakai untuk memasak rawon. Bakso Comberan atau juga disebut dengan bakso Pak Bewok ini berada di Jl. Walet, Beji, depok, Jawa Barat.

Sahabat iyakan.com, itulah beberapa bakso unik di Indonesia yang sepertinya wajib kamu cobain jika kamu pecinta bakso. Nah buat kalian yang punya referensi bakso unik yang belum masuk kedalam daftar diatas, jangan lupa ya tulis dikolom komentar ya?



No more articles