Percaya atau tidak percaya, barang yang kita anggap murah di Indonesia ternyata menjadi mahal saat barang tersebut berada di luar negeri. Banyak orang yang kadang menginginkan hidup di luar negeri. Padahal jika dilihat dari biaya hidup, Indonesia termasuk negara biaya hidup termurah.

Bahkan barang-barang yang kamu anggap sepele dan mudah ditemui di Indonesia akan sangat susah kamu temui di luar negeri. Kalaupun ada, jumlah tak banyak dan harganya bisa mencapai berkali-kali lipat. Berikut ini ada beberapa barang yang murah di Indonesia tetapi bisa menajadi sangat mahal bila mendapatkannya di luar negeri.

1. Pisang Goreng

Kamu mungkin sering menyepelekan yang namanya pisang goreng. Pisang goreng adalah buah pisang yang dilepas dari kulitnya dan diberi adonan tepung kemudian di goreng hingga warnanya menjadi kuning keemasan. Sering disepelekan oleh orang Indonesia karena rasanya yang enak tetapi memiliki harga yang murah.

Pisang goreng [ Image Source ]

Pisang goreng [ Image Source ]

Jika di Indonesia harga pisang goreng hanya sekitar Rp 1.500 – Rp 2.000 tapi jika kamu membelinya di Belanda, kamu akan terkejut karena harga pisang goreng ini bisa mencapai RP 62.000. Gimana? Sungguh mahal bukan?

2. Mie Instan

Jika di tanya apakah pernah makan mie instan, mungkin orang Indonesia tidak ada yang belum mencicipinya. Apalagi saat menjadi mahasiswa dan mejadi anak rantauan yang menempati kos-kosan. Mie instan bagi mereka merupakan teman sejati dan tidak akan bisa lepas dari makanan tersebut. Hanya orang-orang yang tahan godaan saja yang bisa menahan untuk tidak memakan makanan lezat nan murah itu.

Mie instan [ Image Source ]

Mie instan [ Image Source ]

Harga mie instan di Indonesia hanya Rp 2.500 sampai Rp 5.000, namun jika kamu adalah seorang mahasiswa Jepang, mungkin harga segitu hanya bisa membeli bungkus mie instannya saja. Karena harga mie instan di sana mencapai Rp 10.000. Lumayan juga kan?

3. Bahan Bakar Minyak

Mungkin kita sering mengeluh karena harga BBM di Indonesia yang tidak stabil. Bisa naik turun kapan saja. Padahal sejatinya, BBM di Indonesia termasuk murah untuk ukuran BBM. Jika dibandingkan dengan BBM di negara lainnya. Misal di Belanda, BBM bisa mencapai Rp 19.000 atau di Turki bisa mencapai Rp 22.000.

BBM [ Image Source ]

BBM [ Image Source ]

4. Tempe

Makanan ringan yang terbuat dari biji kedelai ini sangat laris manis d Eropa. Jika di Indonesia harga satu tempe belum mateng saja Rp 2.000, maka kamu akan kaget jik mengetahui harga tempe di Eropa.

Tempe [ Image Source ]

Tempe [ Image Source ]

Harga tempe di sana bisa berkisar Rp 25.000 per potong kecil. Ingat ya, itu masih tempe yang mentah. Bisa kamu bayangkan jika tempe tersebut sudah matang, maka harganya akan melonjak lagi.

5. Sandal Jepit

Orang Indonesia menggunakan sandal jepit hanya untuk ke toilet, atau mungkin ke pasar dan juga berwudhu. Tapi bagaimana jika sandal jepit menjadi mahal karena pernah di pakai oleh artis luar negeri. Beberapa waktu yang lalu salah seorang anggota boy band pernah memakai sandal jepit setelah pulang dari Indonesia. Itu menimbulkan dampak yang sangat dahsyat. Setelah melihat itu, para fans heboh mencari sandal jepit yang sama. Akhirnya oleh orang Indonesia yang tergolong kreatif ini menjualnya secara online di Ebay dengan harga yang mencapai Rp 250.000. padahal jika kita telusuri sebelumnya, harga sandal jepit biasa hanya berkisar Rp 8.000 sampai Rp 10.000.

Sandal jepit [ Image Source ]

Sandal jepit [ Image Source ]

Lihat kan bagaimana barang yang kadang kita sepelekan di dalam negeri ternyata bisa menjadi barang yang harganya melonjak di luar negeri. Kita sebagai orang Indonesia harus banyak-banyak bersyukur karena kita bisa memiliki banyak yang kita mau. Karena sejatinya Indonesia memang sangat banyak menyediakan sumber-sumber yang kita butuhkan.

Well guys, itu tadi beberapa barang yang murah di Indonesia tapi begitu mahal di luar negeri. Bagaimana? Apakah kita masih pantas untuk mengeluh dan tidak bersyukur? Semoga bermanfaat ya..

No more articles