Indonesia adalah negara yang dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa karena banyak mempunyai pulau yang indah. Salah satunya adalah pulau flores yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Terdapat banyak sekali keindahan di sana. Mulai dari untaian gunung, perbukitan dan hutan hijau lebat yang menjulang dan penghiasi pulau ini.

Sebuah potongan Indonesia bagian tenggara ini kamu akan menemukan ruang antara petualangan dengan ketenangan. Sekali kamu menginjakkan kaki di sana, dijamin akan diserang rindu bertubi-tubi untuk balik ke bagian tanah air yang satu ini. lnilah beberapa alasan mengapa kamu harus berkunjung ke Flores. Berikut ulasannya.

1. Perjalanan Yang Menakjubkan

Untuk bisa sampai ke Flores tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Kamu bisa menggunakan pesawat dan nyebrang menggunakan kapal. Jika menggunakan pesawat, kamu akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan dari atas udara.

Perjalanan yang menakjubkan [ Image Source ]

Perjalanan yang menakjubkan [ Image Source ]

Pulau-pulau kecil dikelilingi oleh lautan biru, hamparan pepohonan yang seperti permadani hijau. Dan jika kamu menggunakan kapal, kamu akan menemukan lautan yang terbentang luas yang akan mengelilingimu.

2. Sawah Spider Field

Ada satu kawasan di Pulau Flores yang begitu populer di kalangan wisatawan, yaitu Sawah Spider Field. Sawah yang berada di Cancar, Kabupaten Manggarai (sekitar 3 jam perjalanan dari Labuan Bajo) ini memiliki bentuk yang sangat unik, yaitu mirip jaring laba-laba. Sawah ini bukan sengaja dibentuk agar terlihat lucu, tetapi ini adalah sistem pembagian sawah yang dilakukan oleh ketua adat setempat.

Sawah spider field [ Image Source ]

Sawah spider field [ Image Source ]

Tradisi pembagian sawah ini telah dilakukan turun-temurun oleh masyarakat Manggarai. Sawah yang terbagi-bagi ini disebut Lingko. Pembagian tanah dilakukan dengan menentukan titik pusat dari tanah adat tersebut, kemudian ditanam kayu khusus di sana. Besar kecilnya tanah ditentukan oleh kedudukan seseorang dalam kampung dan jumlah keluarga. Semakin tinggi kedudukannya semakin besar tanah yang diperoleh.

3. Danau Kelimutu

Bagi kalian generasi 1990-an mungkin masih sempat mengalami peredaran uang kertas nominal Rp 5.000 dengan gambar danau yang memiliki tiga warna. Itulah Danau Kelimutu. Masyarakat lokal percaya bahwa arwah-arwah yang sudah meninggal akan dikumpulkan ke ketiga danau ini.

Kalimutu [ Image Source ]

Kalimutu [ Image Source ]

Konon, danau berwarna hijau gelap adalah tempat roh jahat berkumpul. Danau berwarna hijau toska adalah tempat bagi roh anak-anak dan orang muda. Sedangkan, danau kehitaman adalah tempat bagi roh orang-orang tua.

4. Kota Bajawa

Berdiri di atas ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut, kota kecil yang menawan ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah. Ada perbukitan, lembah-lembah, dan gunung api kerucut menyerupai piramida yakni Gunung Inerie.

Kota Bajawa [ Image Source ]

Kota Bajawa [ Image Source ]

Di sini kamu juga bisa menjelajah ke desa megalitikum. Salah satunya adalah Kampung Bena. Saking indahnya, desa ini pernah masuk dalam salah satu iklan rokok.

5. Cunca Wulang

Pernah mencoba cliff-diving? Bentuk Cunca Wulang seperti ngarai, dengan air sungai yang mengalir di antara tebing-tebing tinggi yang menjulang. Di sini kamu bisa terjun dari tebing langsung ke dalam sungai. Mandilah di air terjun atau sekadar berenang di sungai. Dijamin segala kepenatan akan hilang begitu nyebur di air yang sangat jernih dan segar ini.

Cuanca wulang [ Image Source ]

Cuanca wulang [ Image Source ]

6. Kampung Watublapi

Begitu masuk Kampung Watublapi, kamu akan langsung disambut oleh ibu-ibu yang menari dan bernyanyi dengan riang gembira. Ada pula yang menggerakkan jari-jari mereka dengan begitu lihainya untuk membuat kain tenun. Motifnya keren-keren. Berjalan di tengah kota dengan baju dari tenun ikat Flores dijamin bakal bikin semua orang berpaling ke arahmu. Bisa jadi ada juga yang akan penasaran sampai bertanya kamu beli di mana. Kalaupun kamu bukan tipe yang suka belanja, kamu bisa membeli dari ibu-ibu setempat ini demi melestarikan kekayaan budaya dan mendukung pariwisata lokal.

Kampung watublapi [ Image Source ]

Kampung watublapi [ Image Source ]

Selain fauna yang eksotis, pantai-pantai yang bisa kamu kunjungi tersebut juga seperti potongan surga turun ke bumi. Bahkan saking sempurna putihnya dan birunya, kamu akan tergoda untuk loncat dari kapal ke laut.

Itulah enam alasan kenapa kamu harus mengunjungi Flores. Lengkap dengan keindahan alam dari bentangan gunung, laut, sungai, perbukitan sampai adatnya yang menawan. Semoga kamu bisa beruntung untuk mengunjungi Flores ya.

No more articles