Kabupaten banyuwangi ada di bagian paling timur dari pulau jawa. Memiliki ibukota dengan nama sama, banyuwangi menawarkan spot wisata menarik. Dari pantai sampai wisata alamnya cukup memukau dan membuat kangen orang yang pernah mengunjunginya. selain ada banyak pantai, banyu wangi juga punya taman nasional alas purwo dan taman nasional meru betiri. Yang tak kalah menarik dari betawi ini adalah wisata kulinernya.

5kuliner banyuwangi yang wajib di coba

Jika kamu sedang berniat untuk mengunjungi banyuwangi, berikut ini 5 kuliner khas banyuwangi yang wajib untuk kamu coba.

1. Kuliner Banyuwangi Nasi Tempong

Kuliner Banyuwangi Nasi Tempong

Kuliner Banyuwangi Nasi Tempong Image [source]

Nasi tempong merupakan kuliner khas banyuwangi yang kaya akan rasa. Rasa manis, asam asin serta pedas bisa kita temui semua di kuliner yang satu ini. nasi tempong sendiri merupakan nasi dengan sambal pedas menggigit. Disajikan hangat, nasi tempong biasanya di temani dengan telur dadar, cumi asin, ayam goreng, ikan laut, hingga rempeyek. Ada juga sayur rebus yang berupa labu siyam, genjer, daun bayam, terong, kemangi dan aneka variasi sayuran lain. pokoknya enggak lengkap kalau ke banyuwangi tanpa mancicipi kuliner ini.

2. Kuliner Banyuwangi Pindang Koyong.

Kuliner Banyuwangi Pindang Koyong.

Kuliner Banyuwangi Pindang Koyong. Image [source]

http://3.bp.blogspot.com/-Evjp3AJ7wUA/VlxFD1yESuI/AAAAAAAABzU/U280mNCF_L4/s1600/Pelatihan%2BKuliner%2BKOPIWANGII%2B%25282%2529.jpg

Pindang koyong ini merupakan kuliner khas banyuwangi berbahan dasar ikan tongkol atau ikan tenggiri. Bentuknya mirip soto ikan. Bumbu pindang koyong sendiri merupakan bumbu masakan khas jawa yang biasanya terdiri atas garam dapur, gula pasir, merica, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, jahe, kunyit, kemiri, daun jeruk dan belimbing wuluh. Di pakai sebagai lauk nasi dan disajikan pada hari yang panas, pasti pindang koyong ini bikin kita jadi lebih bertenaga.

3. Kuliner Banyuwangi Nasi Cawuk

Kuliner Banyuwangi Nasi Cawuk

Kuliner Banyuwangi Nasi Cawuk Image [source]

Nasi cawuk ini merupakan kuliner yang banyak diminati juga di banyuwangi. Rasa yang dominan pada nasi cawuk ini adalah rasa manis dan gurih. Nasi cawuk di buat dari bahan nasi putih dan di siram dengan parutan kelapa gurih serta di beri jagung bakar. Selain itu, nasi cawuk juga di lengkapi dengan sambal serai dan semangi kukus. Jika pengen tambah nikmat, makan nasi cawok ini bisa memakai lauk berupa pepes ikan, kikil, dan telur. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler kan?

4. Kuliner Banyuwangi Rujak Soto.

Kuliner Banyuwangi Rujak Soto.

Kuliner Banyuwangi Rujak Soto. Image [source]

Masakan yang dinamai rujak soto ini merupakan perpaduan antara rujak sayur dengan soto. Pilihannya ada dua macam. Bisa soto babat atau soto daging. ada juga yang memadukan rujak soto ini dengan soto ayam serta soto ceker. Cara penyajiannya, rujak sayur di sajikan terlebih dahulu kemudian di siram dengan kuah soto beserta dagingnya. Mau mantap lagi, kuiner rujak soto ini di nikmati dengan es temulawak. Coba sendiri ya sensasinya

5. Kuliner Banyuwangi Pecel Pitik.

Kuliner Banyuwangi Pecel Pitik.

Kuliner Banyuwangi Pecel Pitik. Image [source]

Pecel pitik ini diolah dari bahan dasar daging ayam bakar. Kemudian di parut dan di beri beberapa bumbu khas seperti kemiri, cabai, udang rebon dan daun jeruk. Selain itu, kekhasan pecel pitik ini juga tambahan parutan kelapa serta siraman air kelapa. Dengan kombinasi berbagai bahan serta bumbu tersebut, di jamin, pecel pitik ini rasanya unik banget.

Dari Kelima kuliner khas banyuwangi tersebut, mana yang paling enak menurutmu?

No more articles