Sahur adalah salah satu aktivitas makan di pagi buta bagi orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa. Meski dalam anjurannya orang yang akan berpuasa diperintahkan untuk melakukan sahur, namun tetap saja sebagian orang masih ada yang menyepelekannya hanya karena alasan ketiduran atau malas untuk beranjak dari tempat tidurnya.

Keutamaan Sahur

Keutamaan Sahur [ image source ]

Membahas tentang sahur, aktivitas makan dipagi buta ini ternyata tidak hanya sebatas mengisi perut untuk sumber energi tubuh di waktu berpuasa. Pasalnya selain hal itu ternyata ada banyak sekali keberkahan yang akan diperoleh oleh orang yang melakukan sahur. Nah berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai keutamaan sahur yang harus kamu ketahui.

1. Sahur Adalah Wujud Taat Kita Kepada Allah SWT

Sahur Adalah Wujud Ketaatan Kepada Allah SWT

Sahur Adalah Wujud Ketaatan Kepada Allah SWT [ image source ]

Salah satu alasan mengapa orang yang akan menjalankan ibadah puasa di perintahkan untuk sahur terlebih dahulu adalah karena menurut Rasululloh SAW sahur sendiri adalah bentuk dari wujud ketaatan kita kepada Allah SWT. Hal tersebut dipertegas dalam surat Al-Baqarah ayat 187 yang artinya “Makan dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar”. Sekarang sudah paham kan mengapa sahur itu diperintahkan untuk orang-orang muslim yang akan menjalani ibadah puasa baik yang puasa sunah maupun ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan.

2. Sahur Itu Menyehatkan Tubuh dan Organ Pencernaan

Sahur Itu Menyehatkan Tubuh dan Organ Pencernaan

Sahur Itu Menyehatkan Tubuh dan Organ Pencernaan [ image source ]

Mungkin dari sekian banyak keutamaan sahur, poin yang satu ini adalah alasan yang paling banyak diketahui oleh hampir seluruh orang tentang manfaat sahur yang dapat menjadi sumber energi saat berpuasa. Namun perlu digaris bawahi juga loh, menjalankan sahur dengan rutin itu sama saja halnya dengan memulihkan dan menjaga kesehatan organ pencernaan yang bermasalah. Meski ada sebagian orang yang kuat berpuasa tanpa sahur, tetap saja orang yang berpuasa dengan diawali sahur lebih terjaga kesehatan organ pencernaannya. Disamping itu energi yang didapat juga dapat menambah tingkat kekhsyukan salam menjalankan ibadah puasa.

3. Pembeda Dengan Umat Lain Yang Juga Mengamalkan Puasa

Pembeda Dengan Umat Lain Yang Juga Mengamalkan Puasa

Pembeda Dengan Umat Lain Yang Juga Mengamalkan Puasa [ image source ]

Jika kamu beranggapan bahwa puasa hanya dijalankan oleh umat muslim saja maka anggapanmu tidaklah benar. Pasalnya selain umat muslim, ada banyak sekali umat lain diluar sana yang juga menjalankan ritual puasan. Nah untuk itulah keutamaan menjalankan sahur berikutnya adalah sebagai pembeda anatara puasanya umat muslim dengan umat yang lain. Rasululloh bersabda, “Pembeda antara puasa kita (orang muslim) dengan puasanya orang ahli kitab (umat agama lain) ialah makan sahur” (HR Muslim). Semakin jelaskan bahwa sahur tidak hanya sebatas makan dan minum, tapi juga sebagai pembeda ibadah milik umat muslim dengan umat yang lain.

4. Melatih Kita Untuk Terbiasa Sholat Sunah Tahajud dan Lainnya

Melatih Kita Untuk Terbiasa Sholat Sunah Tahajud dan Lainnya

Melatih Kita Untuk Terbiasa Sholat Sunah Tahajud dan Lainnya [ image source ]

Sahur adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan sebelum terbitnya waktu subuh. Dengan begitu sahur adalah termasuk salah satu aktivitas yang dapat melatih seseorang untuk bisa bangun lebih pagi dari biasanya. Umumnya waktu ideal untuk melakukan sahur adalah dimulai dari 1/3 malam. Selain digunakan untuk melakukan sahur, 1/3 malam juga sangat baik digunakan untuk melakukan sholat sunah tahajud atau yang lainnya. Jika sudah terbiasa bangun di sepertiga malam saat sahur, tidak mustahil jika nanti kamu kedepannya akan lebih mudah untuk bangun menunaikan sholat sunah tahajud setelah bulan ramadhan berlalu.

5. Melatih Kita Untuk Tertib Sholat Subuh Berjamaah

Melatih Kita Untuk Tertib Sholat Subuh Berjamaah

Melatih Kita Untuk Tertib Sholat Subuh Berjamaah [ image source ]

Tidak hanya akan membiasakan seseorang untuk bangun lebih pagi agar bisa menunaikan sholat sunah tahajud dan sholat sunah yang lainnya. Aktivitas sahur juga dapat melatih seseorang untuk bisa lebih tertib menunaikan sholat subuh berjamaah di masjid. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa sholat yang paling malas dikerjakan oleh sebagian muslim adalah sholat subuh. Masalahnya waktu subuh adalah waktu yang dianggap paling susah untuk membangunkan diri. Namun dengan terbiasanya bangun untuk melakukan sahur, seorang muslim tentu bisa turut serta ikut menunaikan sholat subuh berjamaah di masjid tanpa kendala.

No more articles