Siapa yang tidak senang ketika menerima gaji dari hasil keringat sendiri. Rasanya pasti bangga melihat hasil kerja sendiri yang dihargai. Tapi kamu harus berhati-hati dengan kesenangan yang kamu rasakan. Jangan gegabah mengeluarkan uang secepat kilat demi sesuatu yang kamu sukai. Memang wajar jika setelah mendapatkan gaji kamu ingin membelikan barang yang kamu idamkan karena harus memberikan yang terbaik untuk dirimu.

Bersenang-senang denganuang hasil keringat sendiri tentu sah-sah saja. Kamu pasti ingin beli baju yang terbaru, makan di tempat yang enak, traveling ke tempat yang kamu inginkan bersama teman-temanmu. Jika kamu melakukan itu namun dalam batas yang tidak wajar, maka kamu salah dalam mengatur gajimu. Beberapa hal ini adalah cara bijak agar gajimu tidak cepat ludes. Seperti apa, mari kita simak..

1. Kontrol Keinginanmu

kontrol keinginanmu [image source]

kontrol keinginanmu [image source]

Ini hal tersulit yang akan kamu lakukan. Menahan keinginanmu untuk membeli suatu yang kamu inginkan. Jangan pernah merasa kaya setiap kamu gajian. Gaji hanyalah bersifat sementara dan masih banyak kebutuhan lain yang harus kamu bayar. Pikirkan tentang utang, cicilan atau tabungan serta kebutuhan lainnya yang harus kamu penuhi. Tanamkan pola pikir bahwa gaji yang kamu terima harus kamu gunakan untuk kebutuhan mendesak. Begitu kamu mendapatkan gaji, sebaiknya langsung buat data keuanganmu untuk membayar kos, tagihan listrik, belanja kebutuhan sampai uang makan atau uang bensin. Hal ini pasti bisa meredam keinginan untuk langsung menghabiskan gaji dalam sekejap.

2. Anggarkan Kebutuhanmu

anggarkan kebutuhan [image source]

anggarkan kebutuhan [image source]

Anggarkan kebutuhan untuk menabung di awal bulan. Jangan lupa juga untuk mencatat pengeluaran setiap ada kebutuhan. Anggaran ini bisa menjadi pengendali kebutuhanmu. Selain menetapkan anggaran, kamu juga perlu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan uang yang ada.

3. Kenali Kebutuhanmu

kenali kebutuhan [image source]

kenali kebutuhan [image source]

Kamu harus membatasi kebutuhanmu dengan mana kebutuhan primer dan mana kebutuhan sekunder serta tersier. Seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal merupakan kebutuhan primer yang wajib kamu utamakan. Kebutuhan lain yang sifatnya mewah, seringkali akan membuatmu berkeinginan untuk memilikinya. Dan inilah salah satu penyebab dari gajimu yang cepat ludes.

4. Membuat Rekening Khusus Tabungan

membuat rekening khusus tabungan [image source]

membuat rekening khusus tabungan [image source]

Pilihlah bank dengan potongan biaya yang rendah. Atau pilihlah bank syariah yang tidak terpotong biaya sama sekali. Kamu tentu bisa membuat dua rekening sekaligus untuk mengelola uang bulananmu. Membuat rekening tanpa potongan tidak akan mencekik uangmu. Ini juga akan membantumu untuk tidak sewaktu-waktu manarik uang bulananmu.

5. Jauhkan Kartu Kredit

jauhkan kartu kredit [image source]

jauhkan kartu kredit [image source]

Alih-alih menghemat pengeluaran dengan cara menyicil, tapi cicilan akan menunggak dan akhirnya kamu harus membayar bunga lebih tinggi. Pikirkan matang-matang kegunaan dari produk yang kamu inginkan. Menggunakan kartu kredit memang terasa ringan di awal, tapi cicilan akan terasa berat di akhir. Jika kamu memang ingin benar-benar ingin menggunakan kartu kredit, kamu harus cerman dan tahan godaan. Kamu bisa mengambil cicilan dari barang yang paling kamu butuhkan, sesuai dengan anggaran dan bunga yang terendah.

6. Sisihkan Uang Gajimu Untuk Sedekah

sisihkan uang gaji untuk sedekah [image source]

sisihkan uang gaji untuk sedekah [image source]

Setiap agama pasti menganjurkan untuk bersedekah. Semakin banyak kamu bersedekah, semakin banyak juga rejeki secara tidak langsung yang kamu terima. Kamu harus bisa menanamkan di alam bawah sadarmu untuk menyisihkan gajimu 10% untuk bersedekah.

Kamu harus pintar memilih agar tidak lebih besar pasak dari pada tiang. Kamu harus membuat hidupmu mampu untuk berhemat. Masih banyak kebutuhan lain yang harus kamu perhatikan. Jangan lupa untuk menyisihkan gajimu untuk kebutuhan kedua orang tuamu.

Well guys, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar gajimu tidak cepat ludes sekalian kamu bisa berhemat. Mulai sekarang kamu bisa melakukannya. Dan kamu juga bisa hidup hemat serta bijak dalam mengelola keuanganmu sendiri. Semoga bermanfaat..

No more articles