Satelit memagang peranan penting di jaman serba digital saat ini. tanpa keberadaan satelit, informasi tidak akan dapat di kirim kan ke perangkat yang ada di tempat lain atau bahkan di belahan dunia lain. pada tahun 2017 lalu sebuah satelit milik telkom mengalami kerusakan. Kerusakan ini jika tidak segera di benahi akan menganganggi operasional telekomunikasi di negara kita. oleh karena itu sebagai pengganti, telkom di tahun 2018 ini kembali meluncurkan sebuah satelit yang di berinama satelit merah putih.

Bikin Bangga, Ini 5 Fakta Terkait Satelit Merah Putih Yang Baru Baru Ini Di Luncurkan Oleh Telkom.

Bikin Bangga, Ini 5 Fakta Terkait Satelit Merah Putih Yang Baru Baru Ini Di Luncurkan Oleh Telkom. Image [source]

Satelit merah putih milik telkom ini ternyata bukan satelit biasa lho. ia merupakan satelit yang bisa di banggakan oleh masyarakat indonesia? apa saja kecanggihan pada satelit merah putih ini sehingga bisa bikin bangsa indonesia bangga? Ini 5 diantaranya.

1. Satelit Merah Putih Milik Telkom Di Luncurkan Dengan Roket Berteknologi Paling Canggih.

Satelit Merah Putih Milik Telkom Di Luncurkan Dengan Roket Berteknologi Paling Canggih.

Satelit Merah Putih Milik Telkom Di Luncurkan Dengan Roket Berteknologi Paling Canggih. Image [source]

Cukup mengejutkan, tapi perusahaan yang melayani jasa peluncuran pesawat ulang alik ke ruang angkasa paling canggih saat ini adalah space x, perusahaan milik elon musk. Satelit merah putih sendiri di luncurkan dengan rocket falcon 9 generasi terbaru. Rocket dari space x ini dipilih selain karena mampu mengangkut beban superberat, ia juga bisa bolak balik dan di pakai lagi hingga 10 kali. kalau dulu roket untuk meluncurkan satelit hanya sekali pakai, kini roket yang di pakai bisa bolak balik bum- ruang angkasa pulang pergi.

2. Satelit Merah Putih Merupalan Satelit Terberat Kedua Yang Di Luncurkan Oleh Space X

Satelit Merah Putih Merupalan Satelit Terberat Kedua Yang Di Luncurkan Oleh Space X

Satelit Merah Putih Merupalan Satelit Terberat Kedua Yang Di Luncurkan Oleh Space X image [source]

Sebagai roket generasi terbaru space X, falcon 9 sebenarnya mampu mengangkut satelit ke lintasa geostationer dengan yang berjarak 35000 kilometer dari bumi. Bobot maksimal yang bisa diangkut rocket falcon 9 ini adalah 8300 kilogram. Sebelum nya falcon 9 pernah mengangkut satelit berat dengan bobot mencapai 7080 kg. Satelit tersebut adalah satelit telstar. Sementara berat satelit merah putih ini mencapai 5800 kilogram. Ia jadi satelit terberat ke dua yang pernah diangkut rocket falcon 9.

3. Jangkauan Satelit Merah Putih Hingga Ke Mancanegara.

Jangkauan Satelit Merah Putih Hingga Ke Mancanegara.

Jangkauan Satelit Merah Putih Hingga Ke Mancanegara. Image [source]

Satelit merah putih ini di klaim mampu melayani kawasan seasia tenggara. Ini karena satelit merah putih di lengkapi dengan 12 transponder extended c-band yang misa mencakup seluruh kawasan asia tenggara. Selain itu ada juga 24 transponder c-band. Kawasan asia selatan juga di jangkau oleh 24 transponter extended c-band lainnya. jadi total, satelit merah putih membawa 60 transponder aktif.

4. Peluncuran Satelit Merah Putih Lebih Hemat Anggaran 60 Persen Dari Sebelumnya.

Peluncuran Satelit Merah Putih Lebih Hemat Anggaran 60 Persen Dari Sebelumnya.

Peluncuran Satelit Merah Putih Lebih Hemat Anggaran 60 Persen Dari Sebelumnya. Image [source]

Harga harga naik, tapi telkom justru bisa hemat 60 persen biaya peluncuran satelit di bandingkan dengan proses peluncuran sebelumnya, kok bisa ya? Ternyata jawabannya adalah karena, peluncuran kali ini menggunakan rocket yang bisa di pakai berkali kali. jadi setelah mengantarkan satelit ke orbit geostationer, falcon 9 akan kembali mendarat di titik pendaratan yang telah di tentukan yaitu di samudra pasifik. Kalau dulu dulu roket berbiaya mahal langsung terbuang begitu selesai di pakai, kali ini roketnya bisa di pakai lagi oleh spacex. Karena memakai roket yang bisa dipakai lagi ini, biaya peluncura satelit bisa di pangkas.

5. Satelit Merah Putih Meruopakan Satelit Ke 10 Yang Diluncurkan Telkom.

Satelit Merah Putih Meruopakan Satelit Ke 10 Yang Diluncurkan Telkom.

Satelit Merah Putih Meruopakan Satelit Ke 10 Yang Diluncurkan Telkom. Image [source]

Satelit merah putih ini ternyata adalah satelit kesepuluh lho yang pernah di miliki oleh telkom. Pada tahun 1976 untuk pertamakalinya telkom meluncurkan satelitnya sendiri yang dinamai dengan satelit palapa 1. Selanjutnya telkom juga meluncurkan 6 satelit palapa lagi dan 3 satelit temlkom. Satelit merah putih ini tadinya mau dinamai dengan satelit telkom 4, namun dari hasil sayembara karyawan telkom, namanya pun diubah menjadi satelit merah putih. Peluncurannya juga di bulan agustus dekat dengan hari proklamasi kemerdekaan RI ke 73.

Semoga saja dengan suksesnya peluncuran satelit merah putih ini komunikasi di indonesia kamin lancar ya. Internet ngebut dan jarang gangguan. Lebih bangga lagi kalau ternyata negara negara tetangga juga ikut memakai layanan satelit merah putih ini. pasti negara kita kelihatan unggulnya kan?

No more articles