Salah satu mengapa bulan Ramadhan itu menjadi bulan yang di rindukan oleh seluruh umat muslim di dunia adalah karena di bulan Ramadhan ada banyak sekali berkah pahala yang bisa diraih. Selain ada banyaknya perluang mendapatkan banyak pahala, bulan Ramadhan juga menjadi salah satu bulan yang disebut sebagai bulan yang menyehatkan tubuh. Membahas tentang menjalankan ibadah puasa, tahu nggak sih kalau ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari rutin melaksanakan ibadah puasa. Nah apa saja keuntungan yang akan di dapat dari menjalankan ibadah puasa, yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

1. Lebih Peduli Dengan Kesehatan

Lebih Peduli Dengan Kesehatan

Lebih Peduli Dengan Kesehatan [ image source ]

Lebih memilih menghabiskan waktu untuk memperbanyak ibadah di dalam bulan Ramadhan adalah merupakan kasus yang wajar terjadi. Oleh sebab itulah dibulan Ramadhan akan lebih banyak orang yang memilih untuk menjaga kondisi tubuhnya dengan tidur. Konteks yang dimaksud lebih memilih tidur adalah karena tidurnya orang yang sedang berpuasa adalah bentuk dari wujud ibadah.

2. Dapat Mengontrol Pengeluaran

Dapat Mengontrol Pengeluaran

Dapat Mengontrol Pengeluaran [ image source ]

Untuk masalah mengatur pengeluaran tentu orang yang berpuasa akan menjadi terkontrol dalam pengeluarannya. Nah jika di hari selain bulan Ramadhan orang akan banyak mengeluarkan biaya untuk kepuasan pribadinya seperti makan sepuasnya. Bulan Ramadhan akan menjadi bulan yang berbeda dengan bulan lainnya karena di bulan ini orang yang tidak bisa lagi jajan sembarangan.

3. Pandai Mengatur Waktu Istirahat

Pandai Mengatur Waktu Istirahat

Pandai Mengatur Waktu Istirahat [ image source ]

Pada poin pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa tidur adalah merupakan salah satu bentuk ibadahnya orang yang sedang berpuasa. Oleh sebab itulah sebagian besar orang di bulan Ramadhan justru akan menjadi lebih pandai dalam mengatur waktu untuk beristirahat supaya nantinya dalam menjalankan ibadah puasa tidak mendapatkan banyak kendala.

4. Membuat Lebih Tekun Beribadah

Membuat Lebih Tekun Beribadah

Membuat Lebih Tekun Beribadah [ image source ]

Rasulullah SAW bersabda “ Terdapat tiga kaum yang doanya tidak akan ditolak, yaitu orang yang berpuasa sampai dia berbuka, doanya pemimpin yang adil dan orang yang teraniyaya (Hadis Riwayat Abu Hurairah ra ). Apakah dengan demikian kamu melewatkan kesempatan emas untuk berhenti beribadah dan berdoa?

5. Membuat Otak Kembali Sehat

Membuat Otak Kembali Sehat

Membuat Otak Kembali Sehat [ image source ]

Kaitannya puasa dengan kesehatan otak adalah karena dalam berpuasa seluruh organ tubuh akan mengalami regenerasi sel baru. Pola keteraturan hidup dalam berpuasa juga akan mempengaruhi kesehatan dari organ jantung, pembuluh darah, dan memperbaharui kembali jaringan otak yang telah rusak.

No more articles